Cryptocurrency

Memahami Cara Bisnis NFT: Membuat dan Menjualnya

Ajaib.co.id – Sebelum mengetahui cara bisnis NFT dan menjualnya di marketplace, kamu perlu menentukan konsep seperti apa yang akan diusung. Konsep ini penting agar karya seni milikmu memiliki ciri khas yang unik dan dapat dilirik investor.

Sebagai contoh, Syahrini menjual NFT dengan konsep aset digital karakter dirinya yang merupakan wanita cantik berhijab. Sedangkan Ghozali memiliki konsep unik dengan menjual foto dirinya yang diambil setiap hari dalam kurun waktu 5 tahun.

Beberapa artist sukses menjual NFT dengan ciri khas khusus, misalnya lukisan dengan tema budaya lokal, hewan peliharaan, dan lain-lain. Beberapa klip video unik juga laris diborong investor di marketplace NFT.

Membuat Karya Seni 

Untuk seorang seniman atau artist, membuat NFT sendiri dan menjualnya di marketplace dapat menjadi pilihan. Terdapat beragam media yang dapat dijual dalam bentuk NFT, antara lain klip video, musik, dan gambar bernilai seni.

Kamu dapat membuat hasil karya dalam bentuk file seperti JPEG, PNG, GIF, MPV, dan lain-lain. Nantinya karya tersebut dapat diunggah di marketplace yang dipilih untuk dijadikan NFT dan dipasarkan kepada kolektor maupun investor.

Membuat Dompet Digital MetaMask

Cara menjual NFT di marketplace seperti OpenSea membutuhkan dompet digital sebagai sarana pembayaran. Jadi sebaiknya kamu sudah memiliki dompet digital dengan mata uang kripto sebelum membuat akun di OpenSea.

MetaMask merupakan salah satu dompet digital yang populer digunakan untuk transaksi di OpenSea. Kamu dapat mengunduh aplikasi MetaMask dan memasangnya di smartphone. Kemudian klik “buat dompet baru” dan ikuti instruksi yang diminta sampai dompet digital siap digunakan.

Daftar Akun di OpenSea

OpenSea merupakan salah satu marketplace terbesar di dunia untuk menjual dan membeli NFT. Pastikan kamu telah memiliki dompet digital seperti MetaMask yang dapat dihubungkan ke OpenSea.

Setelah dompet digital MetaMask terhubung ke OpenSea, pilih opsi “Account” kemudian “Profile”. Isilah data diri kamu dengan lengkap dan benar. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi alamat email. Tidak butuh waktu lama, akun OpenSea sudah dapat digunakan.

Membuat NFT di OpenSea

Cara bisnis NFT sudah siap diterapkan setelah kamu memiliki konsep, karya seni, akun MetaMask, dan akun OpenSea. Selanjutnya kamu dapat membuat NFT di OpenSea dengan menggunakan karya seni yang telah disiapkan.

Cara membuat NFT di OpenSea tidak sulit. Buka halaman utama di OpenSea, kemudian klik opsi “Create”. Unggah file karya seni yang akan dijadikan NFT. Selanjutnya sesuaikan pengaturan yang tersedia, seperti memberikan judul dan keterangan karya seni, pengaturan konten dan blockchain yang dapat digunakan. Karya seni NFT kamu siap dijual.

Menjual NFT di OpenSea

Cara menjual NFT di OpenSea berbeda dengan cara menjual produk di marketplace lokal di Indonesia. Selain mata uang yang digunakan adalah mata uang kripto, kamu juga perlu memiliki saldo minimal di MetaMask sebesar 0,05 Etherium. Nantinya setiap transaksi juga akan dibebankan biaya sebesar 2,5 persen dari penjualan. 

Cara menjual NFT di OpenSea yaitu dengan membuka opsi “My Collcetion” dan memilih NFT yang ingin dijual. Kemudian klik “Sell” dan pilih skema penjualan yang diinginkan. Tentukan harga NFT dalam nilai uang kripto Etherium di kolom “Price”. Selanjutnya konfirmasi pendaftaran penjualan NFT di MetaMask. 

Membeli NFT di OpenSea

Selain membuat dan menjual NFT karya sendiri, kamu juga bisa bisnis NFT dengan cara membeli dan menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harganya. Beli NFT yang berpotensi mengalami kenaikan harga, simpan dalam beberapa waktu, kemudian jual NFT tersebut ketika harganya naik. 

Cara membeli NFT adalah dengan klik NFT yang diinginkan kemudian pilih opsi “Buy Now”. Pastikan kamu memiliki saldo yang cukup di dompet digital untuk membeli NFT tersebut. Selanjutnya klik “Check out” dan lakukan pembayaran.

Setelah mengetahui apa itu NFT dan bagaimana memulai bisnis NFT, kamu bisa menerapkan cara bisnis NFT yang sesuai dengan kompetensimu. NFT dapat menjadi pilihan investasi yang menguntungkan. Namun jangan lupa bahwa semua investasi pasti memiliki risiko yang perlu dipertimbangkan.

Saat ini NFT sedang booming dan banyak orang mencari tahu bagaimana cara menjual NFT agar laris. Strategi yang jitu, konsistensi, dan jeli melihat peluang dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis NFT.

Artikel Terkait