Bisnis & Kerja Sampingan

Kode Referral Adalah: Pengertian, Manfaat, hingga Cara Kerja

kode-referral-adalah

Untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa dari bisnis yang sedang kamu jalani, kamu bisa memberikan promo ataupun diskon kepada calon pelanggan baru, salah satunya melalui kode referral yang dibagikan.

Strategi pemasaran satu ini bukanlah hal yang asing bagi kamu yang suka berburu promo, diskon, hingga cashback.

Kode referral adalah kode unik yang diberikan oleh penjual kepada pelanggan yang terdiri dari berapa digit angka hingga alfamunerik (gabungan angka dan karakter alfabet).

Walaupun strategi pemasaran melalui kode referral ini terlihat sederhana, di mana pengguna hanya perlu memasukan kode referral yang didapatkan dan langsung bisa digunakan untuk membeli produk atau jasa.

Namun cara kerja kode referral sebenarnya tidaklah sesederhana seperti kamu bayangkan, karena strategi pemasaran melalui kode referral ini dibagi menjadi beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan keuntungan yang nanti bisa diperoleh oleh pengguna.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak apa itu kode referral dan apa saja jenis-jenisnya. Kamu bisa membaca artikel Ajaib berikut ini hingga selesai.

Kode Referral Adalah

Dalam upaya meningkatkan akuisisi pelanggan baru, banyak bisnis menggunakan kode referral sebagai strategi pemasaran yang efektif karena bisa dengan cepat meningkatkan penjualan pada bisnis.

Kode referral adalah sebuah bentuk pemasaran yang dilakukan oleh bisnis dengan memberikan kode kepada pengguna untuk mengajak pengguna lainnya untuk membeli produk atau jasa yang sedang dipromosikan.

Bisa dikatakan kode referral adalah word of mouth marketing. Namun yang membedakannya adalah word of mouth marketing melakukan proses pemasaran dari mulut ke mulut secara lisan, sedangkan strategi kode referral yang diberikan kepada pengguna dibagikan melalui internet, bahkan bisa langsung dibagikan kepada pengguna terpilih dari penjual ataupun dari penjual ke pengguna dan diteruskan ke pengguna lainnya.

Bagaimana Cara Kerja Kode Referral?

Ada beberapa pertimbangan mengapa bisnis memberikan kode referral kepada pengguna. Salah satu alasannya adalah kode referral bisa digunakan untuk meningkatkan loyalitas pengguna terhadap suatu bisnis.

Misalnya kode referral bisa diberikan kepada pengguna, jika pengguna sudah melakukan pembelian produk atau jasa sebesar Rp1 juta. Agar pengguna produk atau jasa tersebut kembali membeli produk dari bisnis kamu, pemberian kode referral adalah cara terbaik untuk mengajak pengguna tersebut untuk membeli kembali produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Selain itu, cara kerja kode referral juga bisa dibagikan kepada pengguna dan diteruskan kembali kepada pengguna  lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengakuisisi pelanggan baru dan tidak hanya berhenti di satu pelanggan saja.

Jenis-Jenis Kode Referral

Dalam penerapannya pada strategi pemasaran, pemberian kode referral bisa dibagi menjadi beberapa jenis. Ini dia penjelasan selengkapnya.

1. One Way Incentives Referrer

Jenis kode referral satu ini adalah kode referral yang hanya memberikan keuntungan bagi pemilik kode referral saja yang membagikannya kepada orang lain untuk mengajak pengguna lain menggunakan suatu produk atau jasa.

Bagi kamu yang menggunakan kode referral yang dibagikan tersebut, kamu tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa.

2. One Way Incentives Referral

Kode referral jenis ini adalah menawarkan keuntungan bagi kamu yang menerima dan menggunakan kode referral yang dibagikan oleh pemilik kode referral. Namun hanya penerima dan pengguna kode referral saja yang mendapatkan keuntungan, tetapi tidak dengan kamu yang membagikannya.

3. Two Way Incentives Referral

Jika kamu membagikan jenis kode referral satu ini kepada pengguna lain, kemudian pengguna yang dibagikan menggunakan kode referral yang kamu berikan. Pemberi dan penerima kode referral sama-sama akan mendapatkan keuntungan.

4. No Incentives

Selain jenis kode referral yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada pula kode referral yang tidak memberikan keuntungan sama sekali bagi pengirim dan penerima kode referral atau biasanya disebut kode referral berjenis no incentives.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan insentif dari kode referral yang dibagikan kepada pengguna lain, kamu bisa menjadi investor Ajaib dan bagikan kode referral yang dimiliki kepada teman atau orang lain dengan mengajak mereka bergabung menjadi investor Ajaib.

Baca penjelasan lengkap tentang Cara Menggunakan Kode Ajaib Dengan Benar Agar Investasi Aman

Manfaat Kode Referral

Menjalankan strategi pemasaran melalui kode referral sama-sama bisa memberikan keuntungan bagi bisnis dan juga konsumen. Keuntungannya sebagai berikut.

1. Manfaat Kode Referral bagi Bisnis

  • Meningkatkan loyalitas pelanggan.
  • Meningkatkan brand awareness.
  • Memperluas pasar dengan menjangkau konsumen lebih banyak.
  • Meningkatkan penjualan produk atau jasa.

2. Manfaat Kode Referral bagi Konsumen

  • Mendapatkan insentif jika berhasil mengajak pengguna baru untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Mendapatkan potongan harga dan diskon bagi keluarga maupun teman terdekat.
  • Semakin banyak mengundang pengguna lain menggunakan atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan, kamu akan mendapatkan lebih banyak insentif.

Cara Menjalankan Promo Kode Referral

Agar penerapan strategi pemasaran melalui kode referral bisa mendatangkan hasil maksimal bagi bisnis, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menjalankan strategi pemasaran satu ini.

1. Insentif Apa yang Akan Diberikan

Pemberian insentif ataupun hadiah kepada pengguna adalah daya tarik tersendiri bagi konsumen saat membagikan dan menggunakan kode referral. Misalnya kamu bisa memberikan insentif kepada konsumen berupa voucher belanja hingga bonus poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai produk atau jasa.

2. Melakukan Publikasi Program Referral

Setelah kamu sudah menyiapkan insentif ataupun hadiah akan diberikan kepada pengguna. Kamu perlu mempublikasikan program referral tersebut kepada masyarakat.

Dalam hal ini, kamu bisa mempublikasikan program referral di media sosial, website, ataupun email kepada pengguna lama untuk berpartisipasi dalam program referral tersebut, serta jangan lupa untuk membagikan informasi terkait cara kerja program referral tersebut kepada pengguna.

3. Pastikan Sistem dan Layanan Bisnis dalam Keadaan Baik

Setelah program referral resmi diluncurkan, ada hal yang perlu kamu pastikan yakni kesiapan sumber daya yang ada. Misalnya memelihara situs bisnis agar tidak mudah down karena pasti akan ada banyak transaksi yang dilakukan dengan menggunakan kode referral.

Jadi, jika situs bisnis milikmu tidak mampu memproses transaksi dalam jumlah besar. Pelanggan yang ingin membeli produk atau jasa dari bisnismu melalui program referral pasti akan kecewa dan tidak mau lagi merekomendasikan bisnismu ke orang lain.

Demikianlah apa itu kode referral dan bagaimana cara menerapkannya pada bisnis. Kode referral adalah salah satu strategi pemasaran yang terbukti ampuh dalam meningkatkan penjualan.

Asalkan, kamu bisa mengeksekusi program referral dengan sebaik mungkin mulai dari pemilihan insentif hingga penyederhanaan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Cara Menggunakan Kode Ajaib Dengan Benar Agar Investasi Aman

Mulai Investasi di Ajaib Sekuritas Sekarang!

Masa depan kamu tentu akan menjadi lebih terjamin dan aman secara finansial bila kamu berinvestasi bukan? Ajaib Sekuritas hadir untuk memberikan pengalaman investasi yang lebih aman dan tepercaya. Mulai perjalanan investasimu bersama Ajaib Sekuritas sekarang, karena proses pendaftarannya yang mudah dan 100% online, tanpa memerlukan modal yang besar.

Berbagai layanan dan indeks saham juga tersedia dalam rangka mendukung investasimu agar semakin maksimal! Mulai dari saham, reksa dana, margin trading, day trading, dan layanan bagi nasabah premium, Ajaib Prime, bisa kamu temukan di aplikasi Ajaib Sekuritas.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download aplikasi Ajaib Sekuritas sekarang!

Artikel Terkait