Banking

Halo BCA, Satu Nomor untuk Atasi Berbagai Masalah Perbankan

halo bca

Menghadapi masalah perbankan sangat melelahkan. Apalagi jika berhadapan dengan birokrasi bertele-tele. Namun bagi nasabah BCA, apapun masalah yang dimiliki bisa mengakses Halo BCA.

Halo BCA merupakan layanan call center dari Bank Central Asia (BCA). Layanan tersebut untuk mempermudah nasabah yang membutuhkan informasi darurat atau mendesak. Nasabah dapat menghubungi Halo BCA pada nomor 1500888 dan berbicara kepada customer service.

Nomor tersebut terbuka selama 24 jam. Sehingga nasabah dapat menghubungi layanan kapan saja dan di mana saja. Nasabah bisa menelpon dari jaringan telepon tetap (PSTN) dan ponsel tanpa menggunakan kode wilayah. Untuk nasabah yang berada di luar negeri juga bisa mengaksesnya. Nasabah hanya membubuhkan kode wilayah +62 21 sebelum nomor 1500888.

Namun sebelum menghubungi, ada baiknya kamu menyiapkan dokumen penting. Seperti kartu debit atau kredit, buku tabungan, KTP, dan dokumen lainnya. Pasalnya, data di dokumen tersebut akan ditanyakan oleh customer service kepada nasabah.

Layanan Halo BCA

1500888 adalah satu nomor untuk mengatasi berbagai masalah perbankan khusus bagi nasabah BCA. Masalah apa saja yang bisa kamu bawa ke Halo BCA?

Kehilangan kartu. Jika kamu kehilangan kartu kredit maupun kartu debit, segera telepon Halo BCA dan bicara ke customer service. Setelah menjelaskan kartu hilang dan prosedur lainnya, kartu akan segera diblokir saat itu juga.

Masalah transaksi. Kamu punya masalah transaksi dengan kartu debit, kartu kredit, internet banking, mobile banking, KlikBCA, atau apapun masalah transaksi di ATM.

Informasi produk BCA. Selain masalah di atas, layanan ini juga memiliki semua informasi mengenai produk BCA. mulai dari produk tabungan (Tahapan Xpresi, Tahapan, Tapres, Tahapan Berjangka, dan lainnya), kartu kredit (BCA Card, BCA Visa, dan BCA MasterCard), pinjaman (Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Pemilikan Rumah, Kredit Pemilikan Apartemen, hingga Kredit Tanpa Agunan), asuransi dan bancassurance (Asuransi Kendaraan Bermotor, Asuransi Kebakaran, Provisa Max Assurance, dan lain-lain), serta BCA Syariah (Tahapan iB, Deposito iB, Pembiayaan UMKM Bina Usaha Rakyat, KPR iB, emas iB, dan lainnya).

Halo BCA di WhatsApp

Perubahan gaya berkomunikasi membuat BCA menambah fitur dalam layanannya. Kali ini, Halo BCA dapat pula diakses melalui WhatsApp. Layanan tersebut berguna bagi nasabah yang tidak sempat menelepon, serta memfasilitasi mereka yang tech-savvy.

Di Halo BCA WhatsApp, kamu dapat bertanya mengenai hal-hal di atas kapan saja dan tim customer service akan menjawabnya. Karena layanan ini buka 24 jam non-stop. Meski demikian layanan tidak menerima pesan suara dan video call. Layanan hanya menerima pesan tulisan dan gambar berformat jpg, jpeg, atau png.

Cara mengakses Halo BCA di WhatsApp adalah:

  1. Catat nomor WhatsApp Halo BCA: 08111500998 dan simpan ke daftar kontak telepon dengan nama Bank BCA. Tujuannya supaya muncul ikon verified BCA.
  2. Untuk menghubunginya, buka kontak Halo BCA di WhatsApp dan tulis #HaloBCA. Tunggu beberapa menit, tim akan membalas.
  3. Kamu sudah bisa menanyakan sesuatu. Contohnya, “Tim Halo BCA, bolehkah saya diinformasikan tentang prosedur aplikasi KPR?”. Nantinya tim akan memberikan jawaban tentang KPR.
  4. Ketika berbicara dengan Halo BCA, ada baiknya kamu tidak mengabaikan layar chat selama dua menit. Jika kamu mengabaikannya, tim akan mengakhiri percakapan. Kalau kamu masih punya pertanyaan, ulangi dari awal.

Selain di WhatsApp, Halo BCA bisa diakses melalui Twitter pada akun @HaloBCA, web chat pada laman www.bca.co.id, dan email dengan alamat [email protected] Ajukan pertanyaan ke tim dan tunggu beberapa saat balasan dari tim.

Dengan layanan 24 jam tersebut, bank yang berdiri sejak 21 Februari 1957 berhasil menyabet 26 penghargaan dalam Top Ranking Performance Award Contact Center World 2019. Ini adalah kompetisi tahunan mengenai layanan contact center terbaik dari berbagai perusahaan di 50 negara. Seperti negara-negara di Asia Pasifik, Amerika, Eropa, serta Timur Tengah.

BCA menggondol penghargaan 17 medali emas, delapan medali perak, plus satu medali perunggu untuk kategori individu dan korporasi. Penghargaan yang dibawa pulang oleh BCA antara lain Best in Mega Contact Center, Best Use of Social Media, dan Best Recruitment Campaign untuk medali emas kategori korporasi. Medali emas kategori individu antara lain Best Analyst, Quality Auditor, HR, dan IT Support.

Medali perak kategori korporasi adalah Best Self Service Technology, Technology Innovation, dan Sales Campaign. Sedangkan medali perak kategori individu antara lain Best Executive Director, Sales Manager, dan WFM.

Hati-hati Penyalahgunaan

Meski kamu telah mengetahui nomor telepon akun Halo BCA, tetapi harus waspada dengan layanan perbankan berkedok penipuan. Seperti yang terjadi belum lama ini.

Hera F Haryn, Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, mengimbau nasabah untuk berhati-hati dengan akun yang menyerupai Halo BCA. Karena di salah satu media sosial muncul layanan customer service dengan nama @HaloBCA18563560 dan memakai logo sama persis seperti BCA. Akun tersebut dinyatakan bukan milik BCA, dilansir Kompas.com (18/02/2020).

Halo BCA dapat diakses melalui:

Telepon          : 1500888

Twitter           : @HaloBCA

Situs               : www.bca.co.id

Email              : [email protected]

Penyalahgunaan maupun penipuan tak hanya ada pada produk perbankan. Produk investasi pun demikian. Belum lama ini, ada kasus investasi bodong yang melibatkan figur publik. Bahkan investasi tersebut mampu mengumpulkan dana Rp750 miliar.

Padahal jika dilihat lagi, investasi tersebut mengharuskan nasabahnya top up Rp300,000 dengan iming-iming keuntungan yang didapat “setinggi langit”. Jelas hal itu tidak mungkin. Karena semakin tinggi imbal hasil, risikonya pun semakin besar.

Jangan percaya iming-iming seperti itu. Jangan terjebak dengan investasi bodong. Berinvestasilah dengan cara yang benar, sesuai ketentuan pemerintah, dan perbanyaklah informasi tentang seluk beluk investasi di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait