Bisnis & Kerja Sampingan

Daftar Makanan Oriental Terlezat yang Mengunggah Selera

makanan oriental

Ajaib.co.id – Arti oriental menjadi salah satu istilah karakteristik suatu daerah yang sering disebutkan warga belahan dunia untuk masyarakat yang tinggal di benua bagian timur, khususnya Asia. Seperti penduduk China (chinese), Japan (Japanese), hingga Korea (Koreans). Tidak hanya tradisi saja, tetapi budaya, penduduk, hingga makanan dari dunia timur sering dirangkum dalam satu istilah oriental. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai makanan oriental.

Makanan oriental adalah jenis makanan yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Timur. Umumnya, masakan oriental terdiri dari beberapa jenis hidangan seperti lauk, bahan pokok dan sayuran. Biasanya makanan oriental yang disajikan lebih banyak mengandung karbohidrat dibanding protein dari nabati dan hewani. Untuk membahas lebih jauh mengenai kuliner oriental ini, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Salah satu contoh sederhana dari masakan oriental seperti Nasi Hainan dan Singapore Chicken, yang mana menu-menu makanan oriental tersebut bisa kamu temukan di berbagai restoran yang menyajikan makanan-makanan dari masakan oriental di Indonesia. Hal yang paling identik dari penyajian masakan oriental adalah pemberian bumbu-bumbu utama seperti bawang putih, kecap ikan, kecap asin, saos tomat, saos tiram, minyak wijen, dan angciu (arak masak).

Nah bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu mengenai makanan oriental itu seperti apa jenisnya, kamu bisa lihat contoh makanan oriental beserta asal negaranya melalui artikel menarik di bawah ini:

Bebek Peking

Bebek peking adalah daging bebek pilihan yang direndam terlebih dahulu pada cairan bumbu cabai yang disebut gochujang. Di mana, proses perendaman daging bebek ini selama 24 jam. Kemudian, bebek ditiriskan dan dikeringkan dengan cara digantung di suhu ruangan selama 6 jam, lalu dipanggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 45 menit.

Menu makanan bebek peking berasal dari negara Tiongkok, yang disajikan dalam irisan potongan daging bebek dengan saus tiram.

Hokkien Prawn Mee

Makanan oriental ini merupakan menu favorit dari masyarakat Singapura, yang berupa mie kuning dan bihun yang digoreng. Dengan tambahan bahan-bahan seperti bawang putih, telur, udang, cumi, taoge, dan kecap asin.

Sebelum digoreng, mie kuning terlebih dahulu dicelupkan ke dalam kaldu, kemudian direbus bersama seafood, dan digoreng agak kering dengan sedikit kuah. Walaupun, makanan ini menjadi salah satu makanan oriental favorit di negara Singapura, ternyata Hokkien Prawn Mee berasal dari negara Tiongkok.

Nasi Ayam Hainan

Mungkin kalau masakan oriental ini pasti pernah kamu cicipi. Sebab, nasi ayam Hainan merupakan menu makanan yang banyak sekali kita jumpai di restoran-restoran yang menyajikan masakan oriental. Cara penyajian nasi ayam Hainan terdiri nasi wangi yang dimasak dengan kaldu ayam dan potongan daging ayam.

Biasanya nasi ayam Hainan dihidangkan dengan taburan bawang putih dan jahe di atasnya, dan juga saus kecap asin. Selain itu, nasi ayam Hainan juga seringkali ditambahkan sayuran rebus seperti pakcoy. Makanan asal Tiongkok ini sudah menyebar luas hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Beef Bulgogi Bowl

Beef Bulgogi adalah jenis makanan oriental dari Korea Selatan, yang terdiri daging sapi sirloin atau bagian daging sapi pilihan. Umumnya, menu makanan ini seringkali kamu temukan jika kamu menikmati makanan di restoran berkonsep all you can eat (masakan Korea). Di mana, menu Beef Bulgogi sudah pasti selalu laris manis dicicipi atau dimakan oleh pengunjung restoran tersebut.

Beef Bulgogi Bowl disajikan dengan nasi, daging sapi, telur, dan sayuran, dengan tambahan bumbu khas asal Korea Selatan yang akan semakin mengunggah selera makanmu.

Pad Thai

Dilihat dari nama makanannya saja, pasti kamu sudah bisa menebak dari mana asal makanan oriental ini. Yappt benar sekali, Pad Thai berasal dari Thailand, yang memang dikenal memiliki kemiripan kuliner atau makanan dengan Indonesia.

Jika di Indonesia, Pad Thai layaknya seperti kwetiaw, namun Pad Thai berasal dari campuran mie, telur, tahu, dan sayur-sayuran yang dicampur dengan saus ikan.

Bahkan tidak jarang juga ditemukan bahwa Pad Thai disajikan dengan tambahan topping seperti daging dan juga seafood (cumi atau udang).

Roti Canai

Roti canai sangat populer di negara Malaysia dan menjadi makanan oriental di sana, roti canai merupakan roti yang memiliki tekstur tipis dan hanya dihidangkan untuk sarapan pagi dan dimakan pada sore hari. Cara memakan roti canai bisa dioleskan selai kelapa, dan dengan isian telur.

Bahkan tidak jarang juga di India, roti canai disajikan dengan variasi saus kari, yang tentu saja akan mengunggah selera makan siapapun yang mencicipinya.

Capcay

Capcay di Tiongkok, dikenal sebagai makanan oriental murahan namun hal tersebut berbeda di Indonesia. Di mana, hampir semua restoran Chinese food di Indonesia, pasti akan menyajikan menu makanan ini.

Capcay sendiri begitu populer di Indonesia, makanan ini terdiri dari 10 sayuran di antaranya sawi putih, kol putih, wortel, brokoli, jagung, dan lain sebagainya. Yang mana, sayuran-sayuran tersebut ditumis dengan bawang putih, dan bumbu-bumbu lainnya, dengan ditambahkan bakso ikan, udang, cumi, dll.

Kelezatan capcay bisa kamu rasakan, jika kamu segera memakannya setelah makanan oriental ini jadi atau selagi masih hangat-hangatnya.

Fu Yung Hai

Jenis makanan ini berbahan seperti telur, sayuran, udang ataupun ayam, dan dicampuri tepung, lalu diaduk-aduk hingga merata dengan air. Sehingga menjadi sebuah adonan layaknya bakwan jagung atau bakwan sayur. Setelahnya, kamu bisa menggorengnya dan disajikan dengan saus tomat yang bisa ditambahkan kacang polong.

Gyoza

Gyoza adalah dumpling atau pangsit khas Jepang, versi aslinya gyoza ini diisi oleh daging babi giling yang dapat diganti dengan daging ayam giling atau udang. Ciri khas gyoza adalah penggunaan kulit pembungkus tipis dengan isian sawi putih, selain daging giling. Gyoza paling lezat ketika disajikan dengan bawang putih cincang dan sambal saus asam manis atau kecap asin.

Nasi Briyani

Nasi Briyani adalah salah satu makanan khas Timur Tengah dan salah satu menjadi makanan khas india ini sangat disukai banyak orang. Nasi briyani cocok disantap bersama keluarga dalam porsi besar. Sajian khas yang menyertainya seperti ayam atau daging kambing. Nasi briyani tidak hanya terdiri dari satu jenis. Ada berbagai macam resep dan olahan yang bisa kamu coba, seperti nari briyani asli Timur Tengah dan nasi briyani rice cooker.

Ramen

Ramen adalah makanan khas jepang dengan bahan utaman mie. Ramen tidak hanya popular di Jepang, makanan ini juga menjadi favorit banyak orang di Indonesia. Cita rasa makanan satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. Mie yang dicampur dengan kuah yang pedas dan diberi potongan toping yang tentunya sangat enak. Makanan satu ini paling nikmat ketika disajikan di saat hujan dan ditambah potingan cabai rawit.

Kimchi

Kimchi adalah makanan salah satu masakan jenis acar yang terdiri dari berbagai bahan sayuran. Makanan ini berasal dari Korea dan populer juga di Indonesia. Untuk warna yang biasa dimiliki dari makanan kimchi tersebut yaitu merah. Warna merah yang dihasilkan dari masakan kimchi itu sendiri yaitu karena dicampurnya bahan pasta cabai. Di Korea, pembuatan Kimchi pun tidak sembarangan, untuk mendapatkan rasa yang maksimal, Kimchi difermentasi hingga beberapa bulan.

Laksa

Laksa juga masuk kedalam daftar makanan oriental terenak. Makanan ini merupakan makanan khas negara tetangga kita yaitu Malaysia. Apakah anda sudah pernah merasakan laksa makanan khas malaysia yang satu ini?

Tom Yam

Tom Yam merupakan makanan khas Thailand yang disukai hampir oleh semua orang di seluruh Asia. Tom Yam juga identik dengan cita rasa kuah asam pedas dilengkapi dengan isian seafood. Misalnya cumi, udang, sayuran, jamur kuping dan jamur enoki.

Kebab

Kebab merupakan makanan khas turki yang mudah dibuat. Di mana, kebab ini biasanya berisi berbagai macam isian seperti daging dan berbagai macam sayuran. Cara membuatnya pun bisa ditambahkan dengan topping sepeti keju, saus pedas dan tomat, mayonaisee, bahkan saat ini banyak kebab yang ditambahkan makaroni yang sudah direbus.

Itulah daftar makanan oriental terlezat dari berbagai negara yang bisa redaksi Ajaib sampaikan, di mana menu makanan oriental di atas terkadang memiliki perbedaan dari cara penyajiannya di setiap negara. Hal ini bisa disebabkan oleh kultur dan kebudayaan yang berkembang di negara-negara tersebut.

Namun, jika kamu ingin mencicipi makanan oriental lezat di atas, kamu tidak perlu repot-repot harus keluar negeri karena saat ini sudah banyak restoran-restoran yang telah menyajikan masakan oriental di Indonesia.

Dari deretan menu makanan oriental di atas, mana makanan oriental yang paling mengunggah selera makanmu? Jangan lupa, daftar makanan oriental ini juga bisa dijadikan peluang bisnis lho. Jika kamu tertarik dengan informasi bisnis lainnya, bisa baca di artikel-artikel Ajaib lainnya.

Artikel Terkait