Cryptocurrency

Apa Itu Airdrop dan Sistem Kerjanya Pada Aset Kripto

Apa itu airdrop
Apa itu airdrop

Ajaib.co.id – Investasi yang mengandalkan aset kripto atau mata uang digital saat ini semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Kamu mungkin salah satunya dan ingin mengenal lebih dekat dunia kripto itu sendiri. Banyak istilah yang berkaitan dengannya, salah satunya adalah airdrop. Apa itu airdrop akan kita bahas sampai tuntas di sini.

Apa itu airdrop dalam mata uang kripto?

Untuk mengenal lebih banyak tentang mata yang kripto kamu memang perlu mengandalkan internet. Saat ini ada banyak konten tentang kripto yang disajikan oleh berbagai macam perusahaan yang bergerak di bidang investasi. Hal itu karena kripto sudah dianggap sebagai salah satu aset investasi yang menjanjikan dan diandalkan oleh banyak orang.

Jika kamu ingin lebih lancar berinvestasi di kripto, kamu perlu tahu lebih tentang istilah di investasi kripto ini. Yang dibahas di sini adalah airdrop. Jika dikaitkan dengan kripto, airdrop adalah proses bagi-bagi aset kripto yang terjadi pada seseorang atau terjadi untuk sebuah komunitas. Kamu sendiri pasti senang mendapatkan kripto gratis dari seseorang. Dengan begitu kamu akan menjaga aset tersebut sebaik-baiknya.

Sejarah Mengapa Ada Airdrop

Agar bisa menghasilkan, kamu pun akan belajar lebih banyak tentang aset kripto. Airdrop ini sangat mungkin untuk dilakukan, jadi bukan hal terlarang. Jika sebuah platform aset kripto yang melakukannya, jatuhnya adalah sebagai proses promosi, yaitu untuk menarik banyak pengguna di platform-nya.

 Perlu kamu ketahui, untuk membuat mata uang digital yang baru itu sangat mudah. Namun, karena jenis mata uang digital ini sangat banyak, pembuat mata uang digital baru tersebut akan melakukan berbagai macam promosi untuk membuat orang mau berinvestasi dengan mata uang digital yang dibuatnya. Salah satunya adalah dengan melakukan airdrop atau memberikan aset kripto pada orang-orang yang berminat terhadapnya.

 Hal ini memang benar-benar pernah terjadi di tahun 2014, pada aset kripto bernama Auroracoin atau AUR yang memberikan koinnya secara cuma-cuma pada warna negara Islandia sebagai tanda terima kasih pada penduduknya yang sudah berpartisipasi dalam pembaruan data kependudukan.

Alasannya juga karena investasi kripto yang masih baru, sehingga mata uang digital perlu diperkenalkan dengan cara yang unik dan tentunya menggiurkan, seperti mendapatkan aset kripto secara gratis. Apalagi orang Indonesia memang pada dasarnya sangat menyukai yang gratisan selama ada manfaat untuknya.

Berbagai Macam Tipe Airdrop

 Ternyata dilihat dari prosesnya, apa itu airdrop dibagi menjadi beberapa jenis. Hal ini sudah lama dipraktikkan di luar Indonesia, tapi di Indonesia baru sering digunakan baru-baru ini. Kamu jadi bisa mempersiapkan diri. Seperti inilah berbagai macam tipe airdrop itu.

1. Standard Airdrop

Apa itu airdrop dilakukan dengan cara yang bermacam-macam. Yang paling mudah dilakukan adalah dengan membagikan newsletter atau update notifikasi yang dilakukan oleh penyelenggara. Biasanya hal ini bisa ditujukan pada pengguna platform bersangkutan yang masih baru atau dalam bentuk email promosi yang tiba-tiba saja muncul di emailmu.

Kamu pasti akan senang apabila mendapatkan notifikasi yang seperti itu. Namun, ada baiknya kamu memeriksanya kembali apakah itu benar-benar promosi atau malah penipuan.

2. Bounty airdrop

Ada juga jenis airdrop yang mengharuskan melakukan sesuatu dulu. Baru setelah melakukan hal itu, kamu akan diberikan aset kripto secara gratis. Misalnya, kamu membantu promosi dengan merekomendasikan suatu platform kepada temanmu. Atau, kamu melakukan promosi dengan menyebarkan tautan di media sosialmu dalam kurun waktu tertentu.

Setelah misi selesai, apa itu airdrop pun telah selesai kamu lakukan. Pihak penyelenggara akan membagikan aset kriptonya padamu.

3. Holder airdrop

Walaupun tadi disebutkan bahwa yang biasanya mendapatkan airdrop adalah calon investor dalam aset kripto, tapi kamu yang sudah menambah aset kripto dalam waktu tertentu pun bisa saja mendapatkan aset kripto secara cuma-cuma dari penyelenggaranya.

Misalnya, kamu memiliki Bitcoin dalam waktu tertentu, platform yang telah bekerja sama lama denganmu pun memberikan Bitcoin tambahan sebagai tanda terima kasih karena kamu sudah setia menggunakan jasa mereka.

Hal itu sangat mungkin terjadi, walaupun masih terbilang jarang dibandingkan kedua cara kerja airdrop yang sudah ada sebelumnya.

4. Exclusive airdrop

Bagi-bagi aset kripto dengan cara ini hanya bisa dilakukan oleh kamu yang sudah menjadi anggota komunitas tertentu atau platform tertentu. Oleh karena itu, namanya eksklusif. Kamu pun bisa berpartisipasi untuk mendapatkan koin gratis itu. Yang penting, jangan lupa untuk memperhatikan syarat-syarat yang diberikan agar kamu bisa mendapatkan hadiah yang sudah dijanjikan itu.

Airdrop juga bisa merugikan

Ternyata tidak hanya menguntungkan, airdrop juga bisa merugikan jika kamu termakan oleh iming-iming yang dilakukan oleh penipu. Di sinilah kamu harus jeli menilai apakah airdrop yang kamu temukan itu benar-benar diselenggarakan secara resmi atau hanya akal bulus penipu saja.

Tidak dapat dipungkiri teknologi digital yang semakin maju, membuat orang-orang memanfaatkannya untuk menipu. Kasus yang terjadi di airdrop ini biasanya berkaitan dengan pencurian data.

Ada juga yang berhasil mencuri kata kunci dari wallet milikmu yang menjadi tempat kamu menyimpan aset kripto, sehingga mereka bisa membuka wallet itu dan mencuri semuanya.

Ini tentu sangat berbahaya karena kamu bisa mengalami kerugian. Sayang sekali apabila yang sudah kamu perjuangkan sejak lama hilang begitu saja.

Oleh karena itu, kamu jangan sampai tergiur dengan hadiah gratis yang ditawarkan dalam proses airdrop ini. Kamu perlu melakukan pengecekan secara mendetail sebelum benar-benar yakin bahwa airdrop itu tidak terindikasi penipuan.

Artikel Terkait