Rumah Tangga Masa Kini

Tips Desain Ruang Keluarga yang Bikin Betah di Rumah

Tips Desain Ruang Keluarga yang Bikin Betah di Rumah

Ajaib.co.id – Bagi sebagian orang, desain ruang keluarga merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan karena termasuk salah satu ruangan utama yang bersifat pribadi. Tidak hanya sekedar untuk berkumpul bersama keluarga, ruang ini juga berguna untuk ruang makan. Maka dari itu, penting untuk memiliki desain ruang keluarga yang nyaman di rumah impian.

Desain Interior Ruang Keluarga

Untuk memudahkan kamu dalam menentukan interior ruang keluarga, di bawah ini Ajaib akan memberikan kamu beberapa inspirasi desain interior yang bisa kamu pilih.

#1. Interior bergaya modern

Interior ruang keluarga bergaya modern
sumber: dekoruma.com

Ruang keluarga ini didominasi warna netral seperti putih dan abu-abu. Bagian lantainya menggunakan lapisan kayu dan karpet agar terasa nyaman dan hangat. Kamu juga bisa menggunakan TV LED yang digantung pada dinding dan jadikan meja TV sebagai tempat dekorasi untuk diletakkan beberapa tanaman hias daun di sudut ruangan.

#2. Interior di loteng

Interior ruang keluarga di loteng
sumber: idealhome.com

Loteng sering disepelekan dan berakhir menjadi lokasi penyimpanan barang bekas saja. Padahal, dibiarkan tanpa perawatan yang jelas, area ini bisa menjadi sarang tikus, lembap, kemudian menciptakan lingkungan yang tidak sehat untuk anggota keluarga.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan area loteng menjadi ruangan untuk keluargamu. Kamu hanya perlu letakkan sofa nyaman, berikan penerangan yang cukup, dan dekorasi seperti bingkai foto atau hiasan lainnya. Dengan begitu, kamu bisa jadikan loteng ini sebagai tempat santai untuk mengobrol atau sekedar membaca buku di tempat ini.

#3. Interior ruang keluarga dengan garis vertikal

Interior ruang keluarga dengan garis vertikal
sumber: pinterest.com

Garis vertikal memberikan ilusi mata yang kuat di dalam interior ruang keluarga, terutama yang memiliki langit-langit rendah. Garis-garis vertikal ini dipercaya bisa membuat ruangan mungil terlihat lebih tinggi dari aslinya. Cobalah pilih wallpaper dengan garis-garis vertikal. Agar hasilnya lebih maksimal, pilihlah garis-garis dengan warna cerah seperti kuning, hijau, putih, dan biru. Jangan lupa serasikan warna dengan bantal-bantal sofa.

#4. Interior nuansa abu-abu

Interior ruang keluarga dengan nuansa abu-abu
sumber: pinterest.com

Warna abu-abu dipercaya bisa menciptakan suasana yang sejuk dan cocok untuk ruang keluarga mungil yang terasa pengap. Agar suasananya tidak suram, gunakan warna abu-abu pada satu sisi dinding saja dan pada sofa. Selebihnya, aplikasikan perpaduan warna terang seperti kuning dan putih.

Tips Mendesain Ruang Keluarga dengan Budget Minimal

Mewujudkan desain ruang keluarga minimalis yang baik dan bagus untuk rumah tak selalu memerlukan biaya yang mahal. Dengan pemilihan perabot dan gaya desain yang tepat serta penataan yang baik, kamu bisa mendapatkan ruang yang nyaman dari estetika dan juga fungsi tanpa memerlukan biaya yang mahal alias low-budget.

Jika kamu memiliki low-budget dan merasa mendesain ruang ini sulit, kamu bisa mengintip dan mencontek berbagai inspirasi desain ruang keluarga dengan biaya minimalis berikut dan wujudkan rumah impianmu tanpa perlu menguras dompet!

#1. Pencahayaan alami

Pada beberasa situsasi, nilai estetika dalam sebuah ruangan bisa lahir dari kesederhaan. Maka dari itu, saat sedang berkreasi dengan desain ruang minim budget, selalu utamakan kesederhanaan dalam desain ruang keluarga. Tidak hanya untuk menghemat biaya yang diperlukan, tetapi juga untuk memastikan desain ruang yang ada di rumahmu tetap terasa nyaman untuk kumpul bersana keluarga.

Untuk menjadikan desain ruang tampak lebih sempurna, maksimalkan dengan tata pencahayaan yang alami, serta pemilihan perpaduan warna interior yang senada. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir bahwa ruang keluarga kamu terasa membosankan dan kurang menarik.

#2. Simpel monokrom

Banyak yang khawatir dengan memilih furniture set ruang keluarga yang murah atau minim budget juga akan membuat desain ruang keluarga terlihat murahan dan kurang menarik. Padahal hal ini tak sepenuhnya benar.

Untuk memberikan kesan yang lebih berkelas dan mewah, kamu bisa menyiasati desain ruang keluarga milikmu dengan penggunaan furniture set ruang keluarga sederhana yang berwarna hitam. Setelah itu, kamu bisa menggunakan warna putih atau warna terang lainnya pada keseluruhan desain ruang keluarga  .

Desain ruang keluarga dengan model monokrom tidak hanya mudah dan sederhana, tapi juga akan memberikan kesan yang lebih berkelas, khususnya desain ruang keluarga bergaya modern minimalis.

#3. Natural

Alternatif lain dalam memotong biaya dari desain ruang adalah dengan mengadaptasi konsep natural dengan menggunakan unsur dan bahan kayu alami apa adanya. Tidak hanya mengurangi biaya finishing, tapi juga memberikan kesan natural yang hangat pada desain yang kamu miliki.

Yang perlu kamu perhatikan dalam penggunaan ide dan konsep desain ruang seperti ini adalah perawatan dari perabot, seperti kursi atau meja kayu. Pastikan kamu tetap memberikan lapisan anti rayap secara berkala agar perabotan pada ruang keluarga   menjadi lebih awet dan tahan lama.

#4. Pilih ukuran karpet yang sesuai

Pemilihan karpet yang tepat dapat dengan sepenuhnya mengubah kesan ruangan. Namun, hal tersebut dapat terjadi apabila kita memilih ukuran yang tepat dan sesuai tanpa berlebihan. Di mana banyak ruang tamu yang dipadukan dengan permadani berukuran terlalu kecil membuat seluruh ruangan terasa mengambang di tengah ruangan. Oleh karena itu, cobalah untuk mendapatkan karpet yang menyelimuti seluruh ruangan sehingga semua kaki sofa berada pas atau setidaknya dua kaki depan sofa di dalamnya.

#5. Gantung karya seni berukuran besar

Hanya karena ruangan berukuran kecil tidak berarti kamu harus memilih dekorasi yang berskala kecil. Karya seni berukuran lebih kecil dapat menonjolkan kekurangan pada sesuatu ruangan. Oleh karena itu, jika ruanganmu memiliki ruang dinding terbuka di atas sofa. Menjadi tempat yang paling tepat untuk menggantung karya seni berukuran besar. namun, selalu pastikan untuk menempatkan karya seni dengan tepat dan seragam tanpa berlebihan karena itu akan membuat ruanganmu terlihat sesak dan penuh.

#6. Perhatikan perlengkapan lampu

Memilih perlengkapan lampu menjadi bagian praktis dari proses desain ruangan. Namun, aspek ini sering diabaikan saat mendekorasi ruang tamu. Ruangan yang tidak memiliki pencahayaan yang bagus akan terlihat dalam kegelapan yang menyedihkan. Oleh karena itu, lampu dinding yang minimalis dapat menjadi pilihan yang baik untuk menambah cahaya pada ruangan yang kecil. Atau kamu dapat pertimbangkan penggunaan lampu meja kecil jika ruanganmu memiliki meja samping. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruang keluargamu menjadi lebih nyaman. Namun, perlu diketahui bahwa dalam membuat ruang keluarga yang nyaman dibutuhkan dana yang cukup besar. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ruang keluarga ini adalah dengan memulai investasi reksa dana.

Dengan investasi reksa dana inilah kamu bisa mempersiapkan dana renovasi atau menghias rumah. Ajaib merupakan salah satu platform yang dapat membantu kamu memulai investasi reksa dana kapan dan di mana saja. Investasi sekarang juga di Ajaib

Artikel Terkait