Milenial

Referensi Coffee Shop Terdekat di Wilayah Jakarta, Ada Favoritmu?

Coffee Shop

Coffee shop terdekat saat ini sudah banyak ditemui di berbagai wilayah, salah satunya adalah Jakarta. Seperti yang diketahui, Jakarta merupakan kota yang besar sehingga tidak heran jika bisnis terkait kuliner akan laku keras. Apalagi keberadaan coffee shop seolah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. 

Hal ini karena setiap ada waktu luang, kebanyakan orang akan me time atau menghabiskan waktunya di kafe. Kopi pun selalu menjadi pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lelah atau ingin membuat hidup lebih bersemangat. Selain itu, menyeruput kopi bagi sebagian orang menjadi aktivitas menyenangkan. 

Pilihan Coffee Shop di Jakarta

Ada banyak pilihan coffee shop di Jakarta yang cozy dan cocok buat nongkrong. Tak perlu khawatir, harga minuman dan makanannya pun bisa didapatkan dengan terjangkau. Nah, berikut ini beberapa referensi tempat ngopi yang estetik dan terbaik di wilayah Jakarta. 

1. Six Ounces Coffee

Salah satu referensi untuk kamu yang sedang mencari tempat ngopi di daerah Kelapa Gading, maka Six Ounces Coffee jadi solusi tepat. Tak hanya bisa menikmati secangkir kopi saja, tapi tersedia berbagai macam menu makanan khas western

Dilihat dari suasananya, Six Ounces Coffee sangat pas untuk tempat nongkrong dan hangout anak muda. Apalagi di tempat tersebut didukung WiFi gratis sehingga cocok untuk yang ingin Work From Cafe

2. Watt Coffee

Watt Coffee bisa menjadi salah satu pilihan coffee shop Jakarta instagramable. Meski tempatnya terlihat agak tidak seperti biasa, tapi rasa kopinya mampu membuat banyak penikmat kecanduan. 

Tempat ini sudah banyak menyediakan menu kopi kekinian, seperti Winter Lotus dan Caramel Latte topping regal. Kamu juga bisa menikmati pie, croissant, hingga piza. 

3. REN Coffee & Eatery

REN merupakan salah satu coffee shop terdekat yang paling enak di Jakarta. Hal yang membuatnya ramai dikunjungi karena suasananya terbilang unik. Meski minimalis, ambience tampan keren banget dengan nuansa Jepang. 

Ditambah lagi sajian kopinya kekinian karena ditemani oleh blackforest yang manis. Selain itu, kamu bisa memesan varian kopi menarik lainnya, seperti Kopi Pandan, Kopi Pisang Coklat, dan Kopi Hazelnut. 

4. Kopi Nalar

Jika kamu sedang mencari tempat ngopi di wilayah Jakarta Selatan, Kopi Nalar wajib dikunjungi. Tempat ini cocok untuk yang ingin suasana nyaman dan ketenangan, terlebih saat sedang lelah atau ingin sendirian. 

Bagian outdoor coffee shop terdekat ini mengusung konsep glass house. Alhasil, akan terlihat cantik, apalagi saat golden hour. Tidak heran banyak yang sudah mengambil foto atau selfie di sini. 

5. Dancing Goat Coffee Co. 

Bagi yang berada di wilayah Jakarta Barat, pastinya sudah tidak asing dengan tempat satu ini, bukan? Coffee shop ini dikenal dengan kopinya yang enak. Salah satu menu andalannya adalah Iced Pandan Latte. 

Meski menyediakan aneka macam menu makanan ala Barat atau lokal, harganya terbilang terjangkau. Cocok untuk kamu yang suka mencari coffee shop Jakarta murah. 

Tips Membangun Coffee shop Bagi Pemula

Melihat banyaknya peminat coffee shop, tidak ada salahnya jika ingin mencoba membuka usaha tersebut. Namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan ketika ingin sukses membangun coffee shop. Berikut beberapa tipsnya.

1. Menentukan Konsep Coffee Shop

Meski sama-sama menyajikan minuman kopi, tapi tidak semua coffee shop mempunyai konsep yang sama. Ada yang menggunakan konsep minimalis, ada yang menggunakan konsep seperti cafe, dan lain sebagainya. Jika kamu bingung, bisa dengan mengunjungi beberapa coffee shop terkenal dan lihat konsepnya. 

Selain itu, ada baiknya untuk memilih konsep yang unik dan jarang digunakan agar bisa menarik perhatian. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan konsep coffee shop terdekat sesuai budget, ya. Pastikan pula untuk tidak plagiat konsep dengan cara memodifikasinya. 

2. Mempunyai Wawasan yang Luas Tentang Kopi

Berbicara tentang kopi, ada banyak sekali jenis kopi yang mungkin masih jarang diketahui. Bagi masyarakat awam, semua kopi mungkin rasanya sama saja. Akan tetapi, bagi pecinta kopi, mereka bisa tahu mana rasa kopi yang berkualitas dan mana yang tidak. 

Oleh karena itu, penting untuk mempunyai wawasan yang luas terkait kopi. Kenali lebih banyak tentang varian apa saja yang populer di masyarakat. Caranya dengan mengunjungi beberapa coffee shop yang serupa dengan apa yang kamu rencanakan. 

3. Mencari Supplier Biji Kopi

Tips lainnya yang harus kamu perhatikan saat ingin membangun coffee shop terdekat adalah mencari supplier biji kopi. Setiap supplier pastinya mempunyai aroma kopi yang berbeda. Oleh karena itu, carilah aroma kopi yang kamu suka sehingga kemungkinan besar konsumenmu pun akan suka. 

Mencari supplier biji kopi harus mempunyai banyak waktu luang dan tidak boleh sembarangan. Jika sudah cocok dengan rasa dan harganya, barulah kamu bisa membahas kerja sama lebih lanjut. 

4. Menentukan Lokasi Usaha

Hal yang tidak kalah pentingnya saat akan membangun usaha adalah menentukan lokasi usaha. Lokasi yang kurang tepat menyebabkan penjualan tidak sesuai ekspektasi. Oleh karena itu, carilah tempat yang strategis dan ramai dilalui oleh banyak orang. 

5. Mencari Barista Berkualitas

Tips selanjutnya untuk membangun coffee shop terdekat adalah mencari barista berkualitas. Kamu bisa merekrut barista biasa yang mempunyai pengalaman dan jam terbang tinggi. 

Bisa juga dengan melatih mereka tentang cara membuat kopi berkualitas tinggi. Hal yang paling penting, tingkatkan kualitas kinerja karyawan sesuai manajemen kompetensi, ya. Dibandingkan poin-poin di atas, poin yang harus kamu siapkan paling pertama adalah modal. Pastinya modal yang dibutuhkan terbilang besar. Nah, kamu bisa melakukan investasi agar uangnya nanti digunakan untuk membangun coffee shop terdekat.

Artikel Terkait