Berita

Pendapatan Tumbuh, Mitra Adiperkasa (MAPI) Catat Rp7,4 T di Kuartal I-2023

MITRA ADI PERKASA

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mencatatkan peningkatan pendapatan pada kuartal I-2023. Tercatat pendapatan naik 32,5% menjadi Rp7,4 triliun dari sebelumnya hanya Rp5,6 triliun pada tahun sebelumnya. Margin laba kotor juga meningkat menjadi 44,3%.

MAPI juga mencatatkan peningkatan pada laba usaha sebesar 36% menjadi Rp664 miliar, dan EBITDA naik 24,8% menjadi Rp1,3 triliun. Laba inti MAPI yang mewakili kinerja operasional perusahaan juga melonjak 46,7% menjadi Rp496 miliar, angka ini tercatat setelah mengeluarkan satu kali keuntungan dari divestasi Burger King senilai Rp309 miliar.

Meskipun laba bersih MAPI pada kuartal I-2023 turun 30,63%, dari sebelumnya sebesar Rp583,1 miliar menjadi hanya Rp404,5 miliar, pertumbuhan solid tetap terjadi.

Ratih D. Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group, mengatakan bahwa pencapaian kuartal pertama menunjukkan sinergi sukses antara berkembangnya jangkauan kami terhadap pelanggan, efisiensi yang didukung oleh data, ekspansi berkelanjutan, dan keunggulan operasional di seluruh grup perusahaan.

Momentum penjualan terus menguat karena meningkatnya kepercayaan dan mobilitas masyarakat, dan efek low base dari kuartal I-2022 yang masih berada pada tahap awal pemulihan.

Selain itu, tren belanja mulai kembali seperti periode pra-pandemi, dengan lebih banyak pelanggan berbelanja secara offline. Kanal digital MAPI tetap mendukung penjualan dengan kontribusi sebesar 8,1% dari total penjualan pada kuartal I-2023.

MAPI memiliki lebih dari 150 brand kelas dunia dari department stores, sports, fashion, kids, food and beverage hingga lifestyle, dan mengoperasikan lebih dari 2.700 gerai ritel di lebih dari 80 kota di Indonesia.

Platform omni-channel MAPI terintegrasi dengan seluruh jalur distribusi, baik mall, kanal digital, dan juga mitra marketplace, dan terus mengadopsi teknologi dan inovasi baru untuk lebih memahami pelanggan dan memaksimalkan potensi serta menciptakan nilai untuk jangka panjang.

MAPI siap memimpin dengan nilai-nilai yang diyakini dalam segala hal yang dilakukan dan tetap fokus pada jangka panjang.

Sumber: Pendapatan Mitra Adiperkasa (MAPI) Melonjak 32,5% di Kuartal I-2023, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait