Berita

Terus Ekspansi, United Tractors (UNTR) Masuki Bisnis Tambang Nikel

UNTR

PT United Tractors Tbk (UNTR) resmi memulai penambangan nikel. Melalui perusahaan induknya PT Danusa Tambang Nusantara (DTN), UNTR mengakuisisi dua perusahaan nikel, yakni PT Stargate Pacific Resources dan PT Stargate Mineral Asia.

Dikutip dari laman Bursa Efek Indonesia, Sara K. Loebis, Sekretaris Perusahaan PT United Tractors Tbk, Selasa (12/6) mengatakan, Danusa Tambang Nusantara telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat (Conditional Share Purchase Agreement/CSPA) dengan PT Anugerah Surya. Pacific Resources dan PT Anugerah Surya Investama membeli saham.

Pembelian tersebut melibatkan 89,99% seluruh saham Stargate Pacific Resources yang dimiliki oleh PT Anugerah Surya Pacific Resources dan 0,0009% seluruh saham Stargate Pacific Resources yang dimiliki oleh Anugerah Surya Investama. 

Kemudian dilakukan conditional share purchase agreement (CSPA) dengan PT Anugerah Surya Pacific Resources dan Stargate Pacific Resources untuk rencana pembelian saham setara dengan 89% dari total saham ditempatkan dan disetor Stargate Mineral Asia milik Anugerah Surya Pacific. 

Dan 1% dari semua saham yang ditempatkan dan disetor di Stargate Mineral Asia dimiliki oleh Stargate Pacific Resources.

Nilai total kesepakatan adalah $271,82 juta atau Rp4,27 triliun. Nilai total perjanjian dapat berubah pada akhir perjanjian karena beberapa faktor seperti penyesuaian utang bersih dan pos-pos terkait utang, tingkat penyesuaian modal kerja dan tingkat perubahan modal asing nilai tukar.

Sara menambahkan, tujuan transaksi adalah untuk mendiversifikasi bisnis United Tractors melalui perusahaan pengendali Danusa Tambang melalui pengembangan bisnis mineral nike. 

Setelah pelaksanaan Contingent Share Purchase and Sale Agreement (CSPA), baik Danusa Tambang, Anugerah Surya Pacific Resources dan Stargate Pacific Resources akan memenuhi preseden kontinjensi pada tanggal penyelesaian akhir, yaitu empat bulan setelah pelaksanaan CSPA. atau pada waktu lain yang disepakati oleh para pihak.

Sumber: United Tractors (UNTR) Merambah Bisnis Tambang Nikel, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait