Berita

Kencana Energi (KEEN): Siapkan Capex US$30 Juta untuk Ekspansi EBT

Kencana Energi (KEEN)

Ajaib.co.id – PT Kencana Energy Lestari Tbk (KEEN) siapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) maksimal sebesar US$30 juta untuk melanjutkan ekspansi bisnis energi baru terbarukan (EBT).

Dian Rachmadani, Corporate Secretary Kencana Energy Lestari, mengungkapkan bahwa sejumlah proyek yang digarap tahun ini mencakup proyek pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTM) dengan kapasitas 10 MW, akuisisi proyek biomassa 5 MW, dan konstruksi proyek solar PV 1,3 MW. 

Selain itu, KEEN juga memiliki sejumlah  proyek dalam perencanaan yang disiapkan untuk mengejar target tambahan kapasitas 200 MW. 

“Kebutuhan biaya proyek-proyek ini sebesar US$25 juta sampai dengan US$30 juta,” ungkap Dian pada Sabtu (17/9). 

Dian juga menjelaskan, 30% pendanaan proyek tersebut berasal dari kas internal, sementara sisanya 70% berasal dari fasilitas pinjaman bank. 

Sementara itu, beberapa proyek pengembangan EBT yang telah dijalankan Kencana Energi di antaranya adalah proses konstruksi PLTM Ordi Hulu berkapasitas 10 MW yang telah diakuisisi. Selain itu, terdapat juga akuisisi PLTBm Tempilang berkapasitas 5 MW dan proses konstruksi PLTS Tempilang 1.3 MWp.

KEEN kini telah memiliki sebanyak 6 pembangkit listrik berbasis EBT yang mana 4 pembangkit di antaranya telah beroperasi dan 2 lainnya dalam tahap konstruksi. Adapun total daya listrik yang dihasilkan sebesar 65 MW, di mana produksi daya listrik KEEN diserap PLN sesuai dengan kontrak kerja selama 20 tahun.

Tidak hanya itu saja, emiten EBT ini juga telah menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk membangun proyek  EBT senilai US$100 juta di Filipina pada 5 September 2022. Manajemen Kencana Energi mengungkapkan bahwa kerja sama ini bisa menjadi jalan bagi perseroan untuk mencari peluang pengembangan EBT dan ekspansi di Indonesia maupun luar negeri. 

Sebagai informasi, hingga semester I-2022, Kencana Energi mencatatkan kenaikan laba bersih sebesar 72,8% menjadi US$8,87 juta dari US$5,13 juta pada periode sama tahun sebelumnya. Kenaikan laba tersebut selaras dengan peningkatan pendapatan operasional perseroan. 

Selain itu, KEEN juga membukukan pendapatan sebesar US$20,36 juta, atau naik 11,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar US$18,2 juta.

Sumber: Siapkan Capex US$30 Juta, Kencana Energi (KEEN) Ekspansi EBT, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait