Banking

5 Istilah Suku Bunga yang Harus Kamu Tahu Bedanya

Usaha untuk melakukan perencanaan keuangan seringkali membuatmu berakhir dengan membaca pamflet dari lembaga perbankan. Sayangnya, hasilnya lebih sering membuat keningmu berkenyit karena banyak istilah yang tidak dipahami.

Beberapa istilah yang paling sering dipakai yakni terkait suku bunga, dan ini seringkali menjadi primadona utama bank untuk menggaet nasabah.

Apa Itu Suku Bunga?

Suku bunga adalah nominal yang menentukan jumlah keuntungan yang diberikan investor atas dana yang diberikan dalam periode waktu tertentu. Pengertian secara sederhana, merupakan patokan biaya yang dikenakan atas layanan dari satu pihak ke pihak lainnya. Bunga ini biasanya ditetapkan oleh pemerintah untuk mengontrol kegiatan ekonomi.

Indonesia melalui Bank Indonesia menetapkan batasan suku bunga untuk berbagai produk keuangan secara berkala. Suku bunga menjadi salah satu poin penting yang menjadi pertimbangan investor dan masyarakat untuk memanfaatkan produk keuangan termasuk pinjaman dan investasi.

Ajaib akan menerangkan lima istilah rasio bunga ini yang paling sering digunakan dan harus kamu pahami. Dengan mengetahuinya, kamu akan bisa memutuskan produk keuangan mana yang paling menguntungkan buatmu termasuk juga investasi.

Kamu yang ingin berinvestasi juga bisa melakukannya dengan aplikasi Ajaib yang menyediakan para ahli untuk memberi saran keuangan terbaik.

Berikut adalah istilah yang paling kerap dipakai:

1.     Fixed

Suku bunga fixed biasanya menjadi iming-iming program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank. Maksudnya adalah bunga yang diterapkan tidak akan naik atau turun dan tetap sesuai dengan yang ditentukan di awal.

Efeknya adalah jumlah angsuran tiap bulan yang harus dibayarkan akan selalu sama. Biasanya bunga jenis ini diberikan pada beberapa tahun pertama masa KPR. Beberapa bank bahkan memberikan promosi fixed hingga 5 tahun lamanya.

2.     Float

Suku bunga ini bergerak dinamis sesuai dengan kondisi ekonomi dan ditetapkan Bank Indonesia. Perubahan bunga sendiri berkisar 12% sampai 14% per tahun sesuai dengan perkembangan pasar. Jenis bunga ini sering diterapkan pada KPR, biasanya setelah periode promo usai.

3.     Efektif

Suku bunga efektif ialah bunga yang diterapkan berdasarkan jumlah pokok utang tersisa. Karena itu, jumlah bunga yang ditanggung peminjam akan berbeda setiap bulannya sesuai dengan besar pokok pinjaman.

Ini menyebabkan angsuran per bulan sedikit lebih kecil dibandingkan sebelumnya meskipun jumlah angsuran pokoknya tetap sama. Jenis bunga ini biasanya ditawarkan pada produk kredit investasi dan KPR.

4.     Flat

Suku bunga flat berarti perhitungan bunga dengan pokok utang awal sebagai dasarnya. Sejumlah produk pinjaman konsumtif seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) atau kredit kendaraan sering menggunakan tipe bunga ini.

Dengan cara ini, jumlah bunga dan pokok dalam angsuran bulanan yang ditanggung akan selalu sama.

5.     Gabungan

Suku bunga gabungan agak jarang digunakan dibanding empat istilah sebelumnya. Biasanya ini dipakai dalam tagihan kartu kredit ketika tagihan telat dibayarkan.

Bunga gabungan adalah bunga dari beberapa transaksi dijadikan satu, seperti bunga kartu kredit dan bunga atas keterlambatan. Namun, bunga gabungan juga bisa didapatkan dari investasi dan tabungan berupa bunga akumulasi dan bunga deposito.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait