Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

Cara Bisnis Pulsa Berbekal Akun Media Sosial Milikmu

Cara Bisnis Pulsa

Ajaib.co.id – Kebutuhan akan pulsa semakin tinggi di era digital ini. Jika beberapa tahun lalu membeli pulsa hanya untuk konsumsi SMS atau telepon, sekarang juga dibutuhkan untuk koneksi internet. Kebutuhan internet sehari-hari membuat konsumsi pulsa semakin banyak. Kesempatan inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk berjualan pulsa.

Bisnis pulsa bisa dilakukan oleh kamu yang masih pelajar atau mahasiswa. Pasalnya, bisnis pulsa tidak butuh modal besar dan keuntungannya cukup lumayan. Paling tidak bisa menambah uang jajan atau sekedar biaya ngopi-ngopi.

Cara Memulai Bisnis Pulsa

1. Jualan Pulsa Elektrik dengan Chip

Untuk mendapatkan chip, kamu bisa menghubungi pihak dealer atau distributor pulsa dan mendaftar sebagai salah satu merchant mereka. Kamu bisa menemukan dealer penjual chip dengan mudah, cobalah search di Google dengan keyword “dealer penjual chip pulsa”. Nah, untuk mendaftarnya, kamu hanya perlu menyiapkan KTP dan biaya untuk pembelian chip atau sim card (biasanya Rp5000 hingga Rp30.000). Kamu bisa membeli chip dari masing-masing provider, atau membeli chip yang bisa digunakan untuk transaksi di semua operator. Ada banyak dealer chip yang bisa kamu manfaatkan seperti Sev MTRONIKMTRONIK, MKIOS, DOMPUL XL, dan Chip all operator.

2. Jualan Pulsa Elektrik via Transaksi Bank

Kamu juga bisa berjualan pulsa dengan melakukan transaksi bank via internet banking atau mobile banking. Namun, perhatikan bahwa akan ada biaya administrasi yang biasanya dikenakan. Misalnya saja, pembelian Pulsa Telkomsel dikenakan biaya administrasi sebesar Rp1.500. Jadi, ketika kamu membeli pulsa Rp100 ribu, maka total yang kamu keluarkan Rp101.500. Jadi, kamu menjual ke konsumen harus di angka tersebut, dan bisa menetapkan harga jual dengan tepat.

3. Jualan Pulsa Online

Perkembangan internet di Indonesia membuat peluang bisnis pulsa elektrik semakin mudah dilakukan. Dengan proses yang mudah dan cepat, pulsa akan terkirim ke pelanggan kamu. Meski begitu, kamu harus pintar dalam memilih dan menggunakan server pulsa online tersebut karena tidak semua server bisa memberikan pelayanan optimal.

Hati-hati juga dengan penipuan bisnis pulsa online, dan cobalah pilih bisnis pulsa online yang sudah punya track record yang baik, salah satu caranya dengan melihat adanya ketersediaan customer service dan alamat kantor yang jelas untuk menyampaikan keluhan. Ada baiknya, kamu bekerja sama dengan server yang bekerja selama 24 jam agar kamu bisa lebih leluasa dalam menjalankan bisnis jualan pulsa elektrik tersebut.

Media Sosial yang Bantu Tingkatkan Bisnis Pulsa

Sebagai generasi milenial yang melek teknologi, kamu bisa memanfaatkan cara bisnis pulsa dengan media sosial. Media sosial bisa digunakan sebagai sarana berjualan dan promosi jualanmu. Jika umumnya orang lain membuka gerai dengan toko, maka kamu hanya butuh akun media sosial.

Cara bisnis pulsa ini tentunya lebih irit dan praktis dibandingkan cara tradisional. Tapi pastikan kamu orang fast response agar jualanmu semakin laku dan banyak pembeli. Berikut media sosial dan fiturnya yang bisa digunakan untuk meningkatkan omzet penjualan pulsamu. 

1. Instagram

Jika selama ini Instagram hanya jadi tempat cuci mata online shop idaman, maka jangan mau kalah, jadikan media sosial tersebut tempat menjajakan pulsamu.

Target pertama boleh saja kenalan atau kerabat yang selama ini jadi follower-mu di Instagram. Boleh saja sering-sering promosi dengan spam di instastory-mu agar semakin banyak orang yang tahu kalau kamu menyediakan pulsa.

Jelaskan pula bahwa kamu menerima pembelian via chat dan pembayaran melalui transfer rekening. Cara praktis ini terbukti banyak diminati masyarakat yang senang segala hal cepat dan praktis.

Tapi ingat, jangan annoying dengan promosi mengirimkan pesan langsung alias Direct Message (DM) ke akun orang lain ya. 

2. Facebook

Hal serupa bisa dilakukan di akun Facebook milikmu. Cukup buat status yang menjelaskan bahwa kamu menyediakan pembelian pulsa jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jangan lupa cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi dan nomor rekeningmu untuk pembayaran via transfer.

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur bisnis di Facebook untuk meningkatkan promosi. Caranya adalah dengan memasukkan unggahanmu, sebaiknya disertai foto, dalam kategori bisnis.

Dengan demikian, pengguna Facebook yang tidak masuk dalam daftar teman juga tetap bisa menemukan penawaranmu apabila masuk dalam area yang sama.

3. Twitter

Media sosial berlambang burung berkicau ini belakangan kembali naik daun. Banyak yang bilang netizen di Twitter lebih baik hati dan suportif dibandingkan media sosial lainnya. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk mencuitkan promosi dagangan pulsamu.

Jangan lupa tidak mengunci akunmu agar semakin banyak orang bisa membaca unggahanmu. Syukur-syukur netizen berbaik hati me-retweet cuitanmu dan semakin banyak pembeli yang datang. Upaya promosi via Twitter ini sebelumnya terbukti sukses untuk pedagang lainnya lo.

4. Whatsapp

Aplikasi chat ini punya fitur Whatsapp story yang bisa dijadikan etalase dagang. Cara kerjanya hampir sama dengan Instagram story bahkan lebih luas. Seluruh daftar kontak di ponselmu bisa membaca promosi dagangan pulsamu. Bukan tidak mungkin, nanti bos di kantor mendadak butuh pulsa dan menghubungimu kan.

Selain itu, puluhan grup yang kamu ikuti di Whatsapp juga bisa dijadikan tempat jualan. Sampaikan dengan kata-kata yang sopan, bahwa kamu berjualan pulsa apabila sewaktu-waktu anggota grup tersebut membutuhkan.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk menjalani bisnis pulsa. Pastikan kamu menetapkan harga pulsa yang bersaing. Karena biasanya, orang akan memilih bisnis yang bisa memberikan harga murah. Selain menjual pulsa, kamu juga bisa menjalankan bisnis lainnya secara bersamaan, seperti menjual token listrik, pembayaran BPJS, dan sebagainya.

Nah, setelah mendapatkan penghasilan dari bisnis pulsa, pastikan kamu untuk menginvestasikan sebagian pendapatanmu di Ajaib. Dengan berinvestasi di Ajaib, kamu bisa mulai merencanakan penambahan modal untuk bisnis pulsamu di masa depan. Yuk mulai membuat bisnis pulsamu berkembang sekarang juga dengan berinvestasi di Ajaib!

Artikel Terkait