Analisis Saham

XL Axiata (EXCL) Resmi Kuasai 66% Saham Link Net (LINK)

XL Axiata (EXCL) Resmi Kuasai 66% Saham Link Net (LINK)

Ajaib.co.id – PT XL Axiata Tbk (EXCL) dan Axiata Group Berhad (Axiata) telah menyelesaikan akuisisi bersama atas 66,03% saham PT Link Net Tbk (LINK) dengan harga sekitar RM2,63 miliar. Di mana pertimbangan pembelian sebesar Rp4.800 per saham biasa di Link Net atau sekitar Rp8,72 triliun untuk gabungan keseluruhan saham Link Net sebesar 66,03%.

Sementara itu, pasca penyelesaian akuisisi, Axiata Investments (Indonesia) Sdn Bhd (“AII”), anak perusahaan Axiata, memegang saham Link Net sebesar 46,03%, sementara XL Axiata memegang 20,00% dari keseluruhan gabungan saham Link Net sebesar 66,03%.

Lebih lanjut, AII kini berkewajiban untuk melakukan penawaran tender wajib untuk membeli 33,97% Saham Link Net yang tersisa sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Dengan akuisisi tersebut, XL Axiata dan Link Net akan berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan sinergi melalui kombinasi posisi bersama di dalam penyediaan layanan komunikasi wireless dan layanan-layanan komunikasi lainnya, berbagi jaringan tulang punggung dan transmisi, serta hubungan yang luas antara kedua pelanggan di Indonesia. 

Bersamaan dengan digabungnya layanan korporasi milik XL Axiata termasuk koneksi seluler, Link Net akan lebih siap untuk memanfaatkan pasar korporasi yang sedang berkembang di Indonesia.

Di mana jangkauan jaringan Link Net terus meluas ke seluruh kota besar di Indonesia termasuk Jakarta dan sekitarnya, Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Sumber: Kukuhkan Kuasa, XL Axiata (EXCL) Resmi Caplok 66,03 Persen Saham Link Net (LINK), dengan perubahan seperlunya. 

Artikel Terkait