Bisnis & Kerja Sampingan

Fitur Instagram Bisnis yang Bantu Dongkrak Usahamu

Fitur Instagram Bisnis yang Bantu Dongkrak Usahamu

Di era yang serba digital ini, sudah banyak bisnis yang mengandalkan pemasaran dan promosi secara online. Banyak platform yang mendukung hal itu, salah satunya ialah instagram. Dengan menggunakan instagram, kamu bisa memasarkan produkmu dengan lebih efisien. Selain itu, kamu juga bisa mengarahkan banyak orang untuk mengunjungi situs jual beli yang sudah kamu buat dengan instagram. Terlebih, sekarang akun instagram bisa dijadikan menjadi instagram bisnis. Bedanya instagram biasa dengan instagram bisnis ialah fitur yang tersedia. Berikut beberapa fitur instagram bisnis yang bisa dimanfaatkan dengan baik dalam instagram bisnis.

Instagram Stories

Fitur instagram stories merupakan fitur yang terdapat di akun instagram biasa dan instagram bisnis. Fitur ini bisa dikatakan menjadi alat promosi yang cukup menarik. Apalagi secara global 52% pengguna instagram mengaku lebih tertarik terhadap suatu merk atau usaha setelah melihat konten di instagram stories. 

Maka dari itu, pelaku bisnis bisa memanfaatkannya dengan membuat konten semenarik mungkin sehingga banyak orang yang berkunjung dan bahkan mungkin membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Dalam Instagram stories kamu juga bisa memanfaatkan banyak fiturnya mulai dari melakukan survei, menambahkan gif, memberi pertanyaan, dan banyak lagi.

Live atau Siaran Langsung

Selain instagram stories, fitur siaran langsung juga menarik perhatian calon pelanggan. Bahkan, pihak instagram juga menyatakan akun bisnis yang melakukan siaran langsung atau live bisa mendapatkan “like” 1,5 kali lebih banyak daripada akun yang belum pernah melakukan live.

Filter inbox

Dengan fitur ini, kamu bisa dengan mudah menyaring pesan yang masuk. Pengguna instagram bisa menandai pesan mana yang harus ditinjau lagi dan mana yang cukup dibaca sekilas saja. Fitur ini juga bisa menyaring pesan mana saja yang belum sempat dibaca untuk menjaga “engagement” dengan pelanggan.

Insight

Fitur insight ini hanya terdapat pada akun instagram bisnis. Biasanya, fitur ini memberikan informasi terkait pengunjung yang masuk ke profil instagramnya. Informasinya antara lain demografi, usia, serta minat pengunjung. Dengan begitu, fitur ini akan membantu pebisnis untuk tahu preferensi dari calon pelanggan.

Auto Reply

Fitur auto reply digunakan untuk bisa mengontrol komunikasi antara pebisnis dengan pelanggan atau calon pelanggan. Fungsi dari fitur ini bisa dikatakan mirip dengan frequently ask question (FAQ). Untuk mengaturnya, kamu bisa mulai dengan membuka menu setting lalu pilih pengaturan bisnis dan pilih balasan cepat. Setelah itu, tulis balasan yang sifatnya tetap agar kamu bisa cepat merespon pertanyaan. 

Tagar

Ada fakta menarik yang menyatakan jika dua dari tiga pengunjung profil instagram bisnis berasal dari bukan followers. Biasanya para calon pelanggan memanfaatkan tagar untuk mencari produk atau jasa yang diincar. Maka dari itu, jika kamu seorang pebisnis yang sangat mengandalkan instagram sebagai media untuk promosi, gunakan tagar yang unik dan berkesinambungan dengan usaha yang kamu tawarkan. Namun, usahakan gunakan tagar secukupnya, jangan terlalu banyak karena malah nantinya bisa tidak fokus ke target pasar yang kamu inginkan.

Itulah beberapa fitur instagram yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis.Dengan menggunakan instagram bisnis, kamu bisa menggunakan fitur yang tersedia untuk mendongkrak usaha yang sedang kamu jalankan. Jadi, sebelum memulai postingan bisnismu, pastikan kamu telah memiliki akun instagram dan telah melakukan switch to business untuk mengubah akun pribadi ke akun bisnis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait