Bisnis & Kerja Sampingan

5 Resiko Bisnis Online Yang Harus Kamu Hindari

resiko-bisnis-online

Membuka bisnis online memang banyak menguntungkan, tapi beberapa hal ini bisa membuat pebisnis jadi rugi karena permainan licik dari penipu yang menyamar jadi seorang pembeli. Inilah resiko bisnis online yang harus kamu waspadai.

Sebagai seorang pebisnis online, harus memiliki sikap untuk bisa memilah mana yang pembeli asli atau pembeli yang mencoba membuatmu rugi. Resiko bisnis online ini harus kamu tahu agar kamu lebih awas dalam menjalani bisnis yang sedang dijalankan.

Apa saja resiko-resikonya? Ini dia lima resiko bisnis online yang harus kamu hindari:

Penipuan Pembayaran

Hal yang paling utama dalam pembayaran adalah kecepatan. Pebisnis online selalu menggunakan pembayaran via transfer agar pembayaran mudah diterima atau dibayar oleh calon pembeli. Tapi, resiko penipuan biasanya menghantui, apalagi dengan trik licik dari penipu yang mengedit sebuah gambar seakan-akan telah membayar/menransfer sejumlah uang ke rekening kamu.

Salah satu trik yang harus kamu lakukan adalah tidak mencantumkan nama belakang-mu secara lengkap. Penipu yang berkedok transfer biasanya meletakkan namamu hanya sebagian, padahal nama lengkapmu akan muncul di bukti transfer. Dan cara lain adalah menggunakan sistem Internet Banking atau Mobile Banking, dan melihat secara langsung apakah uang tersebut benar masuk ke rekeningmu atau tidak.

Kurangnya Interaksi

Membuka bisnis secara online, berarti menerima resiko untuk selalu menerima pertanyaan yang paling standar atau yang paling sulit. Sebagai seorang penjual yang baik, kamu harus menjawab pertanyaan demi pertanyaan dengan sabar dan tanggap, bahkan jika perlu sedetail dan seramah mungkin.

Banyak pebisnis online memilih untuk tidak menjawab dan dengan ketusnya tidak menerima pesan atau pertanyaan mengenai produk. Padahal, salah satu inti dari kesuksesan bisnis adalah layanan yang diberikan dan juga interaksi antara pembeli dan penjual. Semakin nyaman pembeli berada di toko kamu karena keramahanmu, besar juga kemungkinan produkmu dibeli. Ya, kan?

Produk Mulai Membosankan

Resiko bisnis online lainnyaadalah sepinya pengunjung karena produkmu tidak berkembang atau hanya itu-itu saja. Banyak pebisnis mulai sepi karena menjual barang atau produk yang sama secara berkala. Salah satu toko dapat berjalan karena keragaman produk yang dijual.

Lebih baik mulai menjual varian produk yang baru dan mulai mempromosikannya ke konsumen yang pernah membeli produkmu. Pebisnis online yang cerdas pasti memikirkan keberlangsungan tokonya dengan menambah sejumlah produk atau varian baru.

Komentar atau Testimoni Negatif

Mendapatkan komentar negatif adalah salah satu hal wajar yang dirasakan oleh pebisnis, apalagi pebisnis online. Tapi, banyak dari pebisnis mengacuhkan hal tersebut dan tidak berkaca pada kesalahan yang telah dibuat.

Sebuah testimoni negatif dari pembeli harusnya dijadikan motivasi untuk membuat produk yang lebih baik lagi, dan jika kesalahannya bukan diproduk, maka jadilah penjual yang responsif dan informatif, karena testimoni pembeli adalah hal terpenting dari keberlangsungan sebuah bisnis online.

Bankrut Mendadak

Sebuah bisnis online memang rentan terhadap sebuah kejadian ‘bankrut’, masalah keuangan menjadi salah satu alasan kenapa bisnisnya tiba-tiba ditelan bumi dan tidak jalan lagi.

Manajemen keuangan adalah kunci dari sebuah bisnis online. Sebaiknya, kamu memisahkan antara keuntungan toko dan harga pokok untuk membeli stok produk atau bahan yang kamu butuhkan. Jadi, jangan campurkan keuangan pribadimu dan tokomu, karena keduanya adalah hal yang berbeda.

Nah, itu dia lima resiko bisnis online yang harus kamu hindari. Selain penipuan, resiko bisnis online juga datang dari berbagai aspek. Jadi, apakah kamu sudah siap menjalankan bisnismu lebih baik lagi? Semangat!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait