Berita

CAPEX Pakuwon Jati (PWON) Naik 378% Hingga 2,9 T

Ajaib.co.id – Bersamaan dengan kondisi perekonomian yang semakin hari terus semakin membaik, tahun 2022 ini PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) siap meningkatkan kinerja dengan menyiapkan belanja modal atau Capital Expenditure  (CAPEX) yang lebih tinggi.

Sepanjang tahun 2022 ini, Pakuwon Jati akan menempatkan CAPEX dengan total nilai Rp2,9 triliun. Level ini naik signifikan sebanyak 378,54% dibandingkan dengan kinerja alokasi CAPEX tahun 2021 lalu yang hanya sebesar Rp606 miliar.

Kenaikan capex PWON juga seiring dengan meningkatnya target pendapatan marketing sales Pakuwon Jati atau pra-penjualan. Pada tahun ini, PWON menargetkan level marketing sales sebanyak Rp1,8 triliun, atau melesat naik hingga 28,57% secara YoY.

Untuk itu Pakuwon Jati tahun ini menargetkan kembali merilis produk high rise, yakni Pakuwon Bekasi dan Pakuwon Mall Surabaya. Pakuwon Bekasi akan dirilis pada Kuartal II-2022 dan Pakuwon Mall Surabaya bakal diluncurkan pada Kuartal IV-2022.

PWON menargetkan kinerja kontribusi pendapatan paling dominan tetap berasal dari penjualan segmen rumah tapak di Surabaya pada tahun ini. Hal itu tercermin dari penjualan properti rumah tapak masih menjadi kontributor utama marketing sales PWON sebesar 52% pada 2021 atau naik 37% secara kinerja YoY.

“Anggaran CAPEX tahun lalu ditujukan untuk pembelian lahan baru dengan penempatan sebesar Rp31 miliar. PWON akan menggunakan sebagian besar CAPEX untuk biaya konstruksi sejumlah proyek yang sedang digarap,” tutur Direktur PWON, Minarto Basuki.

Sedangkan untuk tahun 2022 ini, anggaran CAPEX PWON senilai total Rp2,9 triliun tersebut akan dipakai untuk konstruksi proyek Pakuwon Mall Bekasi, Pakuwon City Mall extension , renovasi dua mall di kota Yogyakarta dan Solo, serta terdapat target dan rencana pembelian tanah beserta peluang akuisisi operating asset  lainnya.

Sekadar informasi, sumber dana CAPEX PWON berasal dari kas internal dan dana dari emisi obligasi tahun 2021. Pelaksanaan realisasi CAPEX untuk proyek-proyek konstruksi dan renovasi yang sudah definitif akan terus dijalankan sesuai rencana.

Direktur Pakuwon Jati, Minarto Basuki optimistis, tahun 2022 akan lebih kondusif. Bahwa daya beli dan tingkat kepercayaan konsumen semakin meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi Indonesia dan terkendalinya pandemi COVID-19. Kondisi ini akan mendorong minat konsumen yang melakukan aksi pembelian produk properti.

Sumber: Beuh! Rilis Produk High Rise, Capex Pakuwon Jati (PWON) Naik 378 Persen di 2022, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait