Berita

PLN Siap Memasok Listrik Smelter Feronikel ANTAM (ANTM)

Ajaib.co.id – Smelter feronikel milik PT Aneka Tambang (ANTM) siap beroperasi dengan pasokan listrik dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pemasokan listrik tersebut dilakukan untuk mendukung operasional pabrik pengolahan dan pemurnian berlokasi di Halmahera Timur, Maluku Utara.

Sementara itu, PLN siap memasok kebutuhan listrik Antam sebesar 75 Megawatt (MW) selama 30 tahun ke depan. Lebih lanjut, PLN menyiapkan kapasitas lebih besar yaitu 111 MW untuk menjamin keandalan pasokan, dan mengantisipasi pertumbuhan kebutuhan smelter Antam ke depannnya.

Berdasarkan rencana, pasokan listrik tersebut akan terbagi menjadi dua tahap. Pada tahap pertama, PLN akan memasok kebutuhan listrik Antam 51 MW selama enam bulan ke depan. Sementara pada tahap kedua, PLN akan menuntaskan pasokan listrik 60 MW selama 12 bulan untuk keperluan listrik smelter feronikel. ”Kapasitas 111 MW itu, dedicated untuk mendukung kebutuhan Janka panjang Antam,” ungkap Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN .

Untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut, PLN akan mendatangkan dua mesin pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) dual fuel system dari Sumatera Selatan (Sumsel) 51 MW, dan Jambi 60 MW untuk dibawa ke Haltim. ”Saat ini, ada sejumlah daerah oversupply pasokan sehingga pembangkit underutilize. Itu bisa dimaksimalkan untuk smelter feronikel Antam di Haltim,” ungkap Darmawan.

Sinergi tersebut akan memperkuat ekosistem BUMN. Terlebih, smelter milik Antam tersebut merupakan amanat pemerintah untuk menggenjot produk hilirisasi mineral. Pembangunan smelter adalah bagian proyek strategis nasional. ”Tentu multiplier effect proyek itu, mendorong pertumbuhan ekonomi, lapangan kerja, dan pengembangan wilayah,” jelas Darmawan.

Tidak disangkal, smelter salah satu proyek strategis nasional untuk mendukung hilirisasi mineral Indonesia. Dukungan listrik PLN, smelter milik Antam akan segera beroperasi penuh. ”Smelter ini akan beroperasi pada 2022,” tutur Nicolas Kanter, Direktur Utama Antam.

Proses pembangunan dan penyambungan listrik akan dilakukan secara cepat, tepat, dan andal. Dengan demikian, rencana tersebut dapat mendongkrak kontribusi kepada negara, dan bermanfaat lebih bagi masyarakat sekitar wilayah operasi pabrik.

Sinergi itu, diharapkan mendorong percepatan hilirisasi mineral. Peran aktif BUMN dalam memberi nilai tambah bagi penerimaan negara bisa segera terwujud. ”Kami meyakini sinergi Antam dan PLN dapat terlaksana segera,” harap Nico.

Sumber: Pasokan Listrik Aman, Aneka Tambang (ANTM) Bersiap Operasikan Smelter Feronikel, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait