Berita

Indocement (INTP) Akuisisi Saham Perusahaan Pelayaran

Ajaib.co.id – Emiten semen, PT Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) menanamkan modal pada PT Cipta Armada Bersama (CAB). Itu setelah menuntaskan pembelian sebagian saham CAB senilai Rp2,5 miliar. Adapun transaksi dilakukan melalui anak usaha yaitu PT Bahana Indonor dan PT Sari Bhakti Sejati.

Anak usaha Indocement membeli saham milik PT Kapal Mini Indonesia dan Winarto Asnim. ”Transaksi pembelian telah dilakukan pada Kamis, 27 Januari 2022,” ungkap Direktur & Corporate Secretary Indocement Tunggal Prakarsa, Oey Marcos, akhir pekan lalu.

INTP dan entitas anak usaha tidak memiliki hubungan afiliasi dengan PT Kapala Mini Indonesia dan Winarto Asnim. Transaksi tersebut, tidak material apabila merujuk pada nilai ekuitas INTP yang tercatat Rp22,17 triliun berdasar laporan keuangan tahunan per akhir 2020.

Sementara itu, penanaman modal INTP dalam CAB, diharap menunjang kegiatan usaha utama PT Bahana Indonor, khususnya dalam bidang pengangkutan barang melalui laut. CAB yang bergerak bidang pelayaran, menjadi entitas usaha perseroan secara tidak langsung.  

Sumber pendanaan pembelian tersebut berasal dari internal pemegang saham CAB. Baik itu PT Bahana Indonor maupun PT Kapal Mini Indonesia.

”Tujuan transaksi untuk menunjang kegiatan usaha Indocement Tunggal Prakarsa,” tutup Marcos.

Sumber: Indocement Tunggal Prakarsa (INTP) Caplok Perusahaan Pelayaran, Cek Transaksinya, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait