Bisnis & Kerja Sampingan

Ini 5 Cara untuk Memulai Bisnis Kebab Turki

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Kebab Turki adalah jenis kuliner yang sudah lama menjadi snack favorit di Indonesia. Rasanya yang pedas, membuat makanan berisi daging ini pas dengan lidah orang Indonesia. Kesempatan ini bisa kamu ambil dengan mendirikan usaha kebab.

Mendirikan usaha kebab Turki itu cukup mudah. Apalagi pasarnya juga sudah ada di Indonesia. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa tips yang akan dijabarkan di bawah ini.

Memilih bahan berkualitas untuk kebab Turki

Tidak sulit sebenarnya memilih bahan-bahan untuk membuat kebab Turki. Kamu akan mudah mencarinya di pasaran karena sudah banyak yang menjualnya. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih bahan berkualitas mulai dari kulit kebab, sayur-mayur, bumbu, hingga daging.

Daging adalah bahan yang perlu kamu perhatikan dengan baik karena ini akan mempengaruhi rasa kebab. Pilih daging sapi segar khusus untuk kebab, sehingga nanti kamu mudah untuk mengolahnya. Biasanya ada agen tersendiri yang menjualnya.

Bahan yang berkualitas ini akan membuat kebab yang kamu buat rasanya lezat. Dijamin mereka yang membeli akan mau membeli kembali di kemudian hari.

Berjualan di lokasi yang strategis

Bisnis kebab sangat bisa dimulai dengan modal yang murah karena berjualan kebab Turki tidak perlu menyewa tempat khusus seperti toko. Kamu hanya perlu menyiapkan gerobak yang bisa dipindahkan.

Kemudian, kamu perlu cari tempat strategis untuk berjualan. Tidak perlu sampai ke pusat toko, di pinggiran kota pun tetap bisa berjualan asalkan di sana ramai penduduk.

Misalnya, kamu bisa berjualan di pusat perbelanjaan, di wilayah sekolah, di wilayah perkantoran, dan wilayah lainnya yang menjadi tempat berkumpulnya orang-orang.

Atau jika kamu ingin menyediakan kebab frozen pun itu adalah ide yang bagus. Kamu bisa melakukan pengiriman, jadi tidak harus berjualan secara tatap muka. Berjualan kebab online pun sangat mungkin di zaman sekarang yang teknologinya canggih ini. Ada banyak jalan untukmu.

Menentukan harga yang kompetitif

Selain kelezatan kebab, orang juga memperhitungkan harga kebab sebelum membelinya. Untuk itu, kamu perlu menetapkan harga yang pas. 

Jangan terlalu mahal, jangan juga terlalu rendah. Jika terlalu mahal, pembeli akan lebih suka membeli kebab yang harganya lebih murah dan kualitas rasanya tidak jauh berbeda. Jika harga terlalu rendah, kamu yang merugi karena tidak meraih keuntungan.

Kamu harus menghitung biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi kebab. Harga yang kamu tentukan itu, harus bisa menutupi biaya-biaya yang sudah dikeluarkan untuk menghasilkan kebab yang lezat. Bahkan harus melebihi biaya supaya kamu bisa meraih keuntungan.

Untuk menentukan harga yang tepat, coba perhatikan harga-harga kebab sejenis yang ada di pasaran. Kamu pasti bisa mendapatkan bayangan. Kemudian kamu bisa menghitung biaya dan menentukan harga secara tepat.

Riset adalah kunci yang harus kamu andalkan di penentuan harga ini. 

Lakukan promosi

Promosi memainkan peran penting untuk mendatangkan pelanggan. Berikan nama menarik dan logo yang mudah diingat untuk usaha kamu ini. Nama dan logo punya peran penting dalam menciptakan citra usahamu sampai nanti.

Kamu bisa membayar orang yang ahli untuk membuat logo yang ciamik dan cocok untuk usahamu. 

Setelah nama dan logo jadi, barulah kamu melakukan promosi yang masif. Kamu bisa memanfaatkan promosi digital yang saat ini mudah untuk dilakukan. 

Promosi digital juga biayanya murah, sangat masuk di kantong kamu yang baru saja memulai usaha kebab turki. Media yang dapat diandalkan adalah sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Ketika baru pembukaan, kamu bisa melakukan promosi beli satu gratis satu. Atau beli dua diskon sebesar 20%. Masyarakat Indonesia paling senang dengan promosi seperti ini.

Atau kamu bisa memberikan daging tambahan untuk mereka yang menjadi 50 pembeli pertama. 

Setelah masa promosi selesai, kamu bisa menormalkan harganya. Namun, tidak masalah jika kamu ingin promosinya ada terus untuk lebih menarik banyak pelanggan.

Bergabung dengan franchise

Cara mudah lainnya untuk membuka bisnis kebab Turki adalah membeli franchise bisnis kebab yang sudah tersedia. Jadi, kamu tidak perlu membangun usahanya dari awal seperti membuat nama dan logo, memikirkan menu kebab yang menarik, sampai ke peralatan karena semuanya sudah disediakan pihak pengelola franchise.

Kamu hanya perlu menyediakan uang yang pas untuk membeli franchise tersebut. Biasanya mereka menawarkan paket yang bisa dipilih dari yang sederhana sampai ke paket lengkap. Pilih paket yang sesuai kantongmu.

Kamu tetap perlu melakukan promosi. Namun, karena merek kebab tersebut sudah ada, masyarakat tentunya sudah mengenal produk yang kamu jual. Kamu pun bisa melakukan promosi dengan mudah.

Bisnis franchise juga punya beberapa kelebihan. Beberapa franchise sangat menjaga hubungan dengan mitra-nya. Mereka ada yang bersedia memberikan pelatihan terlebih dulu pada kamu yang ingin jadi mitra, sehingga kamu punya pengetahuan dalam menjalankan usaha ini. 

Ada juga yang bersedia membantu mitra dalam mencari lokasi yang strategis karena saking pentingnya lokasi untuk peningkatan usaha ini. 

Supaya bisnis franchise milikmu berhasil, pilih pengelola franchise yang namanya memang sudah terkenal dan cabangnya pun sudah ada banyak di Indonesia. Kamu bisa menemukan franchise kebab apa saja yang terkenal di Indonesia. Kamu punya banyak pilihan untuk itu.

Itu tips yang bisa kamu ikuti untuk mendirikan usaha kebab Turki yang menjanjikan. Mendirikan usaha ini mudah, tapi kamu juga butuh strategi untuk melaksanakannya. Semoga bisnis pertamamu ini bisa berhasil dan menghasilkan keuntungan yang diinginkan.

Artikel Terkait