Berita

Bank Indonesia Siap Luncurkan Rupiah Digital di Tahun 2022

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengumumkan dalam webinar Outlook Perekonomian Jakarta 2022 : Herd immunity & Pemulihan Ekonomi pada Jumat (24/12), bahwa pada tahun 2022 Bank Indonesia siap meluncurkan Rupiah Digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC).

Perry mengungkapkan saat ini CBDC tengah dalam tahap finalisasi. Sementara itu, Bank Indonesia akan segera mengumumkan konsep dan desain dari CBDC pada tahun 2022 mendatang.

“Kami dalam proses untuk penerbitan Rupiah Digital, Insyaallah pada 2022 kami akan luncurkan, kami akan umumkan konseptual desainnya, sekarang dalam tahap finalisasi,” ungkap Perry pada Jumat (24/12).

Selain itu, Perry juga menyebutkan bahwa penerbitan CBDC tersebut merupakan bagian dari komitmen Bank Indonesia dalam Presidensi G20 Indonesia, di mana pembahasan CBDC menjadi salah satu fokus utamanya.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Dody Budi Waluyo, menyampaikan bahwa tidak hanya Indonesia saja yang tengah aktif mengembangkan digital currency, berbagai negara saat ini aktif mengembangkan digital currency dengan pendekatan yang bervariasi. Ini tergantung pada kondisi yang dihadapi di masing-masing negara.

Keberadaan CBDC akan membuat masyarakat memiliki preferensi untuk melakukan pembayaran secara cashless atau non-tunai.

“Rupiah digital akan meningkatkan efisiensi dari sisi transaksi pembayaran dapat dilakukan lebih cepat, murah dan aman yang pada akhirnya akan membawa dampak yang positif bagi pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Sumber: Mantap! BI Luncurkan Rupiah Digital Tahun Depan, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait