Berita

Dimasa PPKM Level 3, Pengunjung Mal Bisa Naik Jadi 30%

Sumber: Unsplash

Ajaib.co.id – Pengusaha mal yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) memproyeksikan tingkat kunjungan pusat perbelanjaan bisa naik menjadi 30% karena ada relaksasi operasi. Angka ini naik dari tingkat kunjungan mal di masa PPKM level 3 dan 4 yang hanya mencapai 15% saja.

“Mudah-mudahan dapat tercapai 30%,” tutur Ketua Umum APPBI Alphonzus Widjaja kepada CNNIndonesia.com, Selasa (31/8).

Beliau menjelaskan pihaknya menyambut baik pelonggaran ini, terutama untuk kapasitas restoran dan kafe makan dine-in naik dari 25% menjadi 50%.

Lanjut beliau, selama masa pandemi COVID-19 restoran dan kafe menjadi salah satu destinasi utama di pusat perbelanjaan. Alhasil, dengan penambahan kapasitas dine-in dan jam operasional akan mendorong naiknya jumlah kunjungan mal.

Peningkatan tingkat kunjungan pusat perbelanjaan diharapkan dapat segera memulihkan kondisi usaha sektor ritel.

Para pekerja yang sebelumnya dirumahkan juga sudah mulai dipekerjakan kembali secara bertahap seiring dengan relaksasi yang bertahap dari pemerintah.

“Yang paling utama diperlukan adalah pelonggaran, selama belum ada pelonggaran maka tentunya akan sulit sekali bagi pusat perbelanjaan untuk melakukan pemulihan usaha,” jelasnya.

Sekadar informasi, Bapak Jokowi kembali memperpanjang kebijakan PPKM di Jawa-Bali pada 31 Agustus sampai 6 September 2021. Sebelumnya, jam operasi mal hanya sampai pukul 20.00, kini menjadi hingga 21.00.

Selanjutnya, Bapak Jokowi melonggarkan aturan makan di tempat di mal dan jam operasional, serta akan melakukan uji coba operasi 1.000 outlet di luar mal dan di ruang tertutup dengan kapasitas 25%. Hal ini akan dilakukan di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang.

Sumber: PPKM Level 3, Pengunjung Mal Diproyeksi Naik Jadi 30 Persen, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait