Berita

Erajaya (ERAA) Lanjutkan Trend Penjualan Positif, Naik 47,6%

Sumber: Erayaja

Ajaib.co.id – PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) yang merupakan perusahaan distributor dan retail terbesar di Indonesia mencatatkan keberhasilan melanjutkan trend positif pertumbuhan dengan meningkatnya penjualan bersih mencapai sebesar 47,6% YoY (Year on Year) dan berhasil mencatatkan peningkatan laba yang signifikan sebesar Rp 558,5 miliar.

Tercatat pertumbuhan penjualan yang sebesar 47,6% YoY, dari Rp14,5 triliun di semester I tahun 2020 kemarin menjadi Rp21,4 triliun pada semester I tahun 2021. Kemudian, untuk pertumbuhan laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai sebesar 392,4% YoY dari Rp113,4 miliar pada semester I tahun 2020 menjadi Rp558,5 miliar pada semester I tahun 2021.

“Sepanjang semester I tahun 2021 ini, ERAA berhasil menjaga momentum kinerja Perseroan dengan keberhasilan meningkatkan laba Perseroan hampir 5x lipat dibanding semester I tahun 2020 lalu,” tutur Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula.

Lanjut Hasan, pencapaian yang luar biasa ini adalah hasil kerja keras dari seluruh tim ERAA yang menerapkan strategi yang tepat sasaran untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan.

Beragam produk baru ERAA juga bermunculan dan sangat diterima oleh para customer berkat teknologi terbaru dan unggulan dimana kebutuhan handset dan produk pendukung lainnya menjadi sangat penting untuk mendukung kegiatan selama masa PPKM yang terjadi.

Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula mengatakan, di tahun 2021 ini, dengan mulai kembali dibukanya jaringan toko-toko kami, masih dapat kita lihat banyaknya pelanggan yang tetap menyukai bertransaksi di toko, karena ada keinginan untuk melihat, serta mencoba gadget dan merasakan serta mendapatkan pengalaman yang memuaskan langsung dari sales specialist kami. Hal ini tentu saja mendorong kinerja ERAA secara keseluruhan.

ERAA berhasil mengatasi tantantangan ini menjadi opportunity untuk tetap memberikan layanan dan produk unggulan melalui beragam strategi.

Adapun strategi yang diterapkan oleh ERAA, adalah mobile Shopping. Pada strategi ini, memberikan promo terbaru dan terbaik melalui e-catalog dan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memesan via chat Whatsapp.

Selanjutnya ada strategi, Home Delivery Service/EraXpress. layanan delivery yang dilakukan oleh pihak ERAA dalam waktu 3 jam dan gratis ongkir untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan produk yang diinginkan tanpa perlu keluar rumah sama sekalu.

Strategi ERAA selanjutnya adalah melalui Omni-Channel. layanan berbasis O2O (Online to Offline) yang memberikan kebebasan bagi pelanggan untuk memesan produk, serta Online promotion & exhibition. Secara agresif , ERAA melaksanakan berbagai event promosi melalui online platform www.eraspace.com maupun bekerja sama dengan e-commerce marketplace di Indonesia.

Tak hanya strategi diatas, ERAA juga terus meningkatkan jaringan toko ritel pada tahun 2021 ini. Per tanggal 30 Juni 2021, ERAA telah memiliki toko fisik sebanyak 1.067 toko dan 88 titik distribusi, serta kerjasama dengan lebih dari 64.000 reseller di wilayah Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Seiring dengan ekspansi footprint ini, ERAA juga terus memonitor perkembangan dan dampak pandemi COVID-19, dan akan terus melakukan penyesuaian akan strategi bisnis ke depannya, sesuai dengan kebutuhan market.

Salah satu strategi dalam melakukan ekspansi jaringan, ERAA dengan Erafone Cloud Retail Partner, yang merupakan gerai Erafone yang dimiliki oleh investor perorangan, namun dikelola dan dioperasikan sepenuhnya oleh tim Erafone.

“Ini merupakan inovasi terbaru dari pengembangan jaringan toko Erafone dengan konsep kemitraan kepada investor perorangan untuk menjadi bagian dari keluarga dan kisah sukses Erajaya, dengan tingkat risiko yang minim,” jelas Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada Tbk Hasan Aula.

Sumber: Semester I-2021, Erajaya Catat Pertumbuhan Penjualan 47,6%, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait