Milenial, Rumah Tangga Masa Kini

Mahar Pernikahan Tidak Harus Uang, Ini Pilihan Lainnya!

Mahar Pernikahan Tidak Harus Uang, Ini Pilihan Lainnya!

Ajaib.co.id – Di setiap pernikahan, umumnya harus tersedia mahar. Mahar adalah harta atau aset yang diberikan dari mempelai pria kepada mempelai wanita sebagai syarat sah pernikahan. Biasanya mahar pernikahan ini berbentuk uang karena mudah digunakan nantinya oleh pihak mempelai wanita.

Namun, sekarang bentuk mahar sudah beragam mengikuti perkembangan zaman. Hanya saja mahar tersebut tetap harus berguna untuk mempelai wanita. Maksudnya memiliki manfaat dan bernilai. Lalu, biasanya harus disepakati juga antara kedua belah pihak.

Untuk kamu yang sebentar lagi akan melaksanakan pernikahan, bisa memilih opsi di bawah ini sebagai mahar pernikahan yang unik. Seperti inilah mahar-mahar unik tersebut.

1. Saham

Saham adalah salah satu surat berharga yang bisa kamu jadikan sebagai mahar. Saham merupakan surat berharga yang menjadi tanda kepemilikan suatu perusahaan bagi siapa saja yang membelinya. Saham bisa dijadikan investasi jangka waktu pendek atau panjang. Tergantung dari tujuan investasinya.

Saham bisa menguntungkan apabila kamu memilih saham dari perusahaan yang sehat dan selalu mendapatkan keuntungan. Seiring waktu, harga saham itu bisa naik. Kamu akan mendapatkan keuntungan dari dua jenis keuntungan, yaitu keuntungan dividen dan keuntungan capital gain.

Dividen adalah laba yang dibagikan oleh perusahaan kepada seluruh pemilik saham. Sedangkan capital gain bisa kamu dapatkan ketika ada pertambahan aset dari perusahaan tersebut yang ditandai dengan naiknya harga saham secara signifikan. Kamu dapat mengambil keuntungan saat saham yang kamu miliki itu kamu lepas kepada publik.

Saham juga sangat bisa diwariskan pada keluarga. Bagus juga untuk mahar karena saham dapat ditukar menjadi uang.

2. Logam mulia

Selain uang tunai, logam mulia menjadi salah satu pilihan untuk mahar yang unik. Apalagi logam mulia memiliki berbagai macam kelebihan untuk pemiliknya. Logam mulia sangat mudah dicairkan menjadi uang karena sekarang fasilitas untuk menukarnya sudah banyak. Logam mulia juga mudah untuk dimiliki karena sekarang ada sistem pembayaran cicilan.

Logam mulia dapat membawa keuntungan bagi pemiliknya ketika ditukar saat harganya sedang naik. Harga logam mulia juga bisa turun-naik, walaupun tidak seaktif saham. Namun, harga logam mulia ini cenderung stabil dari zaman dulu. Jadi, termasuk aman untuk dijadikan investasi jangka panjang.

Lalu, logam mulia paling pas dijadikan sebagai dana darurat yang digunakan untuk keadaan tidak terduga. Jadi, kamu bisa menyimpannya di tempat yang aman untuk beberapa waktu, kemudian menjualnya untuk mendapatkan uang ketika memang sedang memiliki keperluan darurat.

3. Uang kuno

Uang kuno langka yang bernilai juga bisa dijadikan sebagai mahar. Beberapa waktu lalu seorang selebgram ada yang memberikan uang kuno pada istrinya. Kamu juga bisa mengikuti ide ini, tapi tentunya harus ada persetujuan dari kedua belah pihak. Uang kuno memang tidak bisa lagi menjadi alat tukar di masa sekarang, tapi bisa ditukar dengan uang jika ada yang mau membelinya.

Yang mau membelinya biasanya adalah kolektor uang kuno. Semakin langka uang kunonya, maka nilainya pun akan semakin tinggi. Uang kuno langka biasanya diincar oleh banyak kolektor, jadi mereka bersedia membayar berapa saja untuk memilikinya. Namun, untuk mencari uang kuno langka juga cukup sulit. Jadi, opsi ini bisa dipilih olehmu yang punya minat tinggi terhadap uang kuno

4. Barang favorit mempelai wanita

Tidak harus uang dan perhiasan, kamu juga bisa menyediakan barang yang disukai mempelai wanita. Beberapa contoh barang yang pernah dijadikan mahar adalah mobil, tas mewah, peralatan solat, peralatan untuk gaming, barang yang berkaitan dengan musik Korea, dan barang unik lainnya. Hal ini juga harus sesuai dengan kesepakatan.

Pemberian mahar sebenarnya tidak harus bernilai tinggi, yang penting adalah mempelai wanita setuju diberikan mahar itu dan menyukainya. Untuk itulah mahar ini perlu didiskusikan antara kedua pihak mempelai wanita dan mempelai pria.

5. Mata uang kripto

Mata uang kripto juga bisa menjadi mahar pernikahan. Kemarin jagad media sosial sempat heboh dengan seorang pria yang memberikan dua Bitcoin pada istrinya. Jika dikonversikan ke rupiah, nilai dua Bitcoin itu mencapai lebih dari semiliar. Tidak mengherankan nilainya besar karena Bitcoin saat ini menjadi mata uang kripto dengan kapitalisasi yang tinggi.

Kamu bisa memilih mata uang digital yang berkapitalisasi besar atau yang punya potensi untuk naik lebih tinggi. Namun, perlu diingat bahwa fluktuasi mata uang kripto ini sangat tinggi, melebihi fluktuasi saham. Selain itu, kamu harus rajin memantau pasar maya uang digital yang buka setiap saat. Agar sukses berinvestasi di mata uang kripto, kamu perlu memahami analisis teknikal.

Seperti itulah pilihan mahar pernikahan terunik untuk saat ini. Kita lihat nanti akan ada jenis mahar seperti apa lagi yang bisa memberikan inspirasi untukmu. Yang penting keberadaan mahar ini bisa membuat mempelai wanita senang dan terhibur. Selain itu, harus disepakati juga oleh kedua belah pihak.

Kamu yang ingin berinvestasi saham dan reksa dana, bisa menjadikan Ajaib sebagai mitramu. Ajaib adalah platform investasi yang cocok dipilih oleh pemula. Di Ajaib kamu bisa memulai investasi dari Rp100.000. Aplikasi Ajaib pun ramah untuk pengguna. Yuk, unduh aplikasinya di ponsel pintarmu.

Artikel Terkait