Milenial

Suka Baca Komik? Ternyata Ada Manfaatnya Lho

Sumber: Unsplash

Ajaib.co.id – Baca komik sering dianggap remeh dan tidak ada gunanya. Ada juga yang mengatakan membaca komik itu membuang-buang waktu. Padahal kegiatan ini memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga untuk orang dewasa yang sudah bekerja.

Beruntunglah kamu yang sampai dewasa ini masih senang menyempatkan diri membaca komik di sela-sela kesibukanmu karena ini manfaat yang akan kamu rasakan.

  • Sebagai Hiburan

Manfaat utama dari baca komik adalah hiburan yang sangat mudah dan murah untukmu. Di masa pandemi ini kamu yang berada di rumah saja pasti kebosanan dan bingung mencari hiburan seperti apa. Kamu bisa melakukan kegiatan ini tanpa harus ke mana-mana.

Saat ini komik pun bisa dibeli melalui online atau tersedia dalam bentuk e-book. Harganya pun biasanya lebih murah dibandingkan komik dalam bentuk fisik. Komik legal sekarang sudah tersedia di berbagai platform membaca resmi yang ada di Indonesia seperti Gramedia Digital. 

Lalu, kamu bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Bentuk komik yang kecil, membuatnya sangat mudah untuk dibawa. Ini juga jadi kelebihannya yang dianggap remeh, tapi sebenarnya bermanfaat untukmu.

  • Bisa Meredakan Stres

Cerita di komik itu ada yang berbagai macam, ada yang ringan yang bisa membuatmu tertawa, ada juga yang cukup berat dan membuatmu mikir. Yang biasanya dapat meredakan stres adalah yang ceritanya ringan dan ada unsur komedinya. Atau kamu bisa membaca cerita apa saja yang menurutmu seru.

Jika kamu merasa terhibur ketika membacanya, kamu pasti akan lebih rileks. Orang dewasa lebih rentan terkena stres karena beban hidupnya yang berat. Untuk itu tidak ada salahnya kamu mencari hiburan mudah seperti ini untuk melepaskan stres.

  • Lebih Berempati Terhadap Orang Lain

Karakter-karakter di dalam komik itu tidak semuanya sempurna. Bahkan yang menjadi tokoh utama pasti punya kekurangan. Walaupun hanya di komik, kekurangan itu bisa menunjukkan bahwa memang tidak ada yang sempurna di dunia ini. 

Kamu biasanya akan menyukai karakter yang tidak sempurna itu. Hal tersebut bisa berpengaruh padamu di dunia nyata. Kamu jadi lebih berempati pada orang lain, tidak menuntut semua orang harus sempurna dan harus baik terhadapmu karena setiap orang punya karakter berbeda-beda.

Bisa berpengaruh juga terhadap hubunganmu dengan orang-orang di sekitarmu. Misalnya, kamu jadi tidak sungkan membantu temanmu yang kesulitan.

  • Membiasakan Membaca

Minat membaca masyarakat Indonesia dikatakan masih kurang. Untuk membaca artikel yang hanya 300 kata saja, masyarakat Indonesia lebih sering melihat judulnya saja. Oleh karena itu, informasi yang didapatkan pun setengah.

Serunya membaca komik, membuat kamu jadi lebih berminat membaca. Memang bentuk komik berbeda dengan buku-buku lainnya, tapi dengan membaca komik, kamu bisa saja jadi ingin menyediakan waktu untuk membaca buku lainnya.

Komik tidak hanya menghibur, tapi bisa juga mengubah kebiasaan membacamu jadi lebih baik. Apalagi karena beberapa komik ada yang publikasinya terjadwal. 

  • Melatih Ketajaman Otak Kanan

Menggunakan kedua otak secara maksimal akan membuatmu lebih tajam dalam mengerjakan kegiatan sehari-hari. Selama ini yang paling sering diandalkan otak kiri, apalagi jika kamu lebih sering menggunakan tangan kanan untuk segala kegiatan.

Dengan baca komik, kamu pun bisa melatih ketajaman otak kanan. Alasannya karena komik isinya tidak hanya tulisan, tapi juga gambar yang membuatmu mendapatkan citra yang lebih mudah. Ketika melakukan hal ini, otak kanan dan otak kirimu bekerja berbarengan dalam mengolah informasi yang masuk.

  • Membuat Jadi Lebih Kreatif

Tidak bisa dipungkiri bahwa membaca komik akan membuatmu jadi lebih kreatif. Hal itu karena di dalam komiknya sendiri terdapat berbagai macam cerita kehidupan yang sangat bisa dipraktikkan di kehidupan nyata.

Misalnya, kamu yang bekerja sebagai penulis, pasti akan mudah mencari inspirasi di komik. Kamu bisa menemukan ide cerita baru dari sering membaca. Tidak hanya penulis, hal ini berlaku juga untuk pekerjaan lainnya.

  • Menganalisis Masalah dan Ahli Dalam Menyelesaikannya

Masalah di komik biasanya sangat kompleks. Pasti selalu ada penyelesaiannya yang unik dan terkadang tidak kita pikirkan sebelumnya. Dari sanalah kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk menyelesaikan masalah.

Karakter di komik itu tidak ada yang lari dari masalahnya. Walaupun berat, mereka akan menghadapinya dan mencari solusi hingga terselesaikan. Prosesnya memang panjang, tapi kamu bisa belajar banyak dari hal itu.

  • Meningkatkan Konsentrasi Dengan Baik

Tadi sudah disebutkan bahwa ketika membaca komik otak kanan dan otak kiri berjalan beriringan. Inilah yang membuatmu akan lebih berkonsentrasi. Tidak hanya membaca tulisan, kamu pun akan mencoba menelaah komponen gambar.

Para komikus tentu menggambar tidak asal bagus, tapi gambarnya itu punya adegan-adegan yang menyambungkan seluruh adegan di seluruh komik.

  • Bisa Menambah Teman

Jika kamu bergabung di sebuah forum yang isinya orang-orang yang menyukai suatu judul komik yang sama denganmu, kamu bisa berteman dengan mereka. Memiliki teman yang punya kegemaran yang sama tentu akan mengasyikkan karena cepat nyambung.

Ini adalah cara yang tepat untuk menambah teman di masa pandemi seperti ini. Kamu jadi tidak akan kesepian, walaupun lebih sering berada di rumah.

  • Berpikir Lebih Kritis

Cerita di komik itu tidak hanya berputar di kehidupan sehari-hari, tapi juga membahas isu-isu penting. Kamu pun akan memiliki pengetahuan lebih dari sana. Kamu akan lebih bisa berpikir kritis untuk hal-hal yang menurutmu perlu diubah. Kamu memang akan bisa belajar banyak hal dengan membaca komik. 

Artikel Terkait