Dunia Kerja

Bagaimana Profesi Masinis dan Berapa Gajinya di Indonesia?

Ajaib.co.id – Bekerja di start-up/korporat udah biasa, kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) prosesnya cukup panjang. Kira-kira apa pekerjaan yang penting, tapi tidak semua orang tertarik? Masinis.

Tidak semua orang tertarik dengan profesi pengemudi kereta ini, tapi masinis adalah pekerjaan yang penting. Tidak mudah bekerja sebagai pengemudi kereta ini, sebab sama seperti pilot atau pengemudi bus, mereka juga harus menjamin keselamatan ribuan penumpang. Tidak heran apabila gajinya bisa melebihi dari gaji Upah Minimum Regional (UMR).

Bekerja di profesi ini membutuhkan keahlian dan keterampilan khusus. Tidak sembarang orang mampu mengendarai salah satu moda transportasi populer tersebut. Setiap individu yang ingin mendapatkannya harus siap didik layaknya tentara.

Sebelum menjalani profesi ini, biasanya calon peserta wajib mengikuti pendidikan dan pelatihan, yakni Pelatihan Pembentukan Kepribadian atau dikenal dengan Diksarwira (Pendidikan Dasar Kewiraan).

Para calon pegawai akan menjalani serangkaian pelatihan semi militer dalam waktu kurang dari dua minggu di markas TNI. Setelah menjalani serangkaian tes dan pelatihan, individu tidak akan diangkat dalam profesi utama ini. Mereka mengikuti kembali pendidikan masinis di Balai Pelatihan Teknik Traksi (PTR).

Dalam pelatihan ini, calon masinis akan mendapatkan pelajaran Dasar Teknik Operasional (DTO) dalam waktu sebulan, di mana mereka akan belajar cara kerja dan mengawalinya sebagai asisten masinis.

Tanggung Jawab Masinis

Tidak hanya bertanggung jawab dan berperan dalam mengoperasikan kereta. Pengemudi kereta apai ini juga memiliki mengecek mesin sebelum memulai perjalanan, memastikan muatan barang sudah benar, memastikan rute yang sudah disepakati pusat kendali.

Selain itu, mencari tahu masalah yang memengaruhi rute, mengikuti arahan sinyal, mengikuti peraturan keselamatan, menjaga kereta tetap terkendali, membuat pengumuman, hingga mengumumkan prosedur keselamatan kepada semua penumpang.

Syarat Menjadi Masinis

Sebelum mendapatkan gaji, kamu yang tertarik dengan profesi ini harus memenuhi kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya:

  1. Pria atau Wanita.
  2. Pendidikan SMA IPA atau SMK Listrik, Mesin dan Otomotif.
  3. Tinggi badan minimal 165 CM untuk pelamar pria dan minimal 160 cm untuk pelamar wanita.
  4. Berat badan harus ideal.
  5. Nilai kelulusan NEM/UAN minimal 7,0.
  6. Usia minimal 18 – 25 tahun.
  7. Berpenampilan menarik.
  8. Berkelakuan baik.
  9. Tidak memiliki tato dan tidak memiliki tindik.
  10. Tidak terlibat narkoba atau psikotropika.
  11. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan.
  12. Tidak pernah diberhentikan di perusahaan atau institusi lain karena hukuman disiplin.
  13. Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diadakan oleh panitia rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Ketentuan tambahan:

  1. Bersedia ditempatkan di seluruh area PT Kereta Api Indonesia (Persero).
  2. Penempatan calon pekerja disesuaikan berdasarkan kebutuhan perusahaan.
  3. Pemilihan lokasi seleksi tidak menentukan penempatan bekerja.
  4. Bersedia mengundurkan diri dari institusi lainnya jika sudah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi.

Beda Kereta, Beda Masinis

Masinis berbeda dengan sopir atau pilot, bahkan juga berbeda menjalankan kereta lokomotif dengan KRL. Biasanya, KRL menggunakan listrik sebagai daya, sementara kereta api jarak jauh beroperasi dengan memanfaatkan lokomotif sebagai penggeraknya. Gaji masinis tiap kereta pun sudah pasti tentu berbeda-beda.

Jadi, secara pekerjaan, masinis lokomotif tidak diizinkan mengoperasikan kereta KRL, begitu pun sebaliknya, mengingat dari kabin dan alat pengoperasian juga berbeda. Setiap masinis spesial karena penguasaan rute dan punya rute masing-masing.

Misalnya, seorang masinis punya rute Tanah Abang – Cirebon. Ini artinya si masinis tidak boleh melewati rute lebih dari Cirebon.

Selain itu, masisnis kereta api jarak jauh harus berganti di setiap stasiun. Bahkan jam kerjanya hanya 3 -5 jam mengingat profesi ini membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi.

Pengetahuan dan Ketrampilan yang Harus Dimiliki

Dengan gaji masinis yang lebih tinggi dari UMR, tidak heran jika masinis harus memiliki seperangkat keterampilan, meliputi pengetahuan mekanik, koordinasi tangan-mata yang terlatih.

Selain itu, kemampuan berkonsentrasi untuk waktu yang panjang, stamina yang prima, komunikasi interpersonal yang baik, memiliki daya ingat yang baik, dan mampu untuk tenang di bawah tekanan.

Cara Mendaftar Menjadi Masinis

Untuk mendaftar masinis, kamu bisa mengakses website https://recruitment.kai.id/, tetapi pastikan untuk mengunduh panduan pendaftaran lowongan untuk memahami detail setiap tahapan perekrutan.

  1. Lakukan registrasi melalui laman tersebut, klik “Registrasi” untuk membuat akun baru dan password.
  2. Tunggu email konfirmasi untuk dikirimkan ke email kamu. Pastikan untuk ikuti langkah-langkah pada e-mail untuk secara otomatis akan dialihkan ke halaman rekrutmen.
  3. Isi semua informasi pribadi yang diperlukan, kemudian unggah dokumen yang diminta, seperti: Ijazah SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) asli atau fotokopi, Nilai Ujian Nasional (SKHUN) asli atau fotocopy, KTP yang masih berlaku, Pas foto terbaru dengan latar belakang berwarna biru dengan menggunakan kemeja putih.
  4. Pastikan mendaftar lowongan masinis 2021 di website resmi PT KAI https://recruitment.kai.id/.

Lokasi seleksi berdasarkan pemilihan lokasi daerah. Misalnya, Daop 1 di Jakarta, Daop 2 di Bandung, Daop 4 di Semarang, Daop 6 di Yogyakarta, Daop 8 di Surabaya, Divre I di Sumatera Utara, Divre III di Palembang dan Divre IV di Tanjungkarang.

Jumlah Gaji Masinis

Berdasarkan klaim Broer Rizal selaku Vice President Operasi PT Kereta Commuter Indonesia, mengatakan bahwa gaji masinis tergantung jam terbangnya. Apabila dalam satu bulan jam kerjanya banyak, maka gaji KRL bisa mencapai Rp20 juta. Namun, minimal gaji satu bulan senilai Rp12 juta.

Sejalan dengan Broer Rizal, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro juga mengungkapkan bahwa gaji masinis bisa lebih dari Rp10 juta atau take home pay (THP) bisa mencapai Rp12 juta per bulan.

Apakah kamu tertarik menjadi masinis kereta api?

Artikel Terkait