Berita

Sedekah Adalah Pemberian Seikhlasnya, Ini Keutamaannya

Ajaib.co.id – Bagi umat muslim, sedekah adalah pemberian seikhlasnya kepada mereka yang membutuhkan. Perkara ini tidak diwajibkan, tetapi memiliki keutamaan tersendiri.

Sedekah sendiri memiliki makna yang cukup luas, tidak hanya sekadar memberikan harta atau barang yang dimiliki pada orang lain. Bahkan memberikan senyuman tulus pada orang lain pun bisa disebut sebagai sedekah.

Ciri Khas Sedekah

Sedekah adalah salah satu ibadah yang dianjurkan, walaupun tidak memiliki ketentuan tertentu seperti zakat. Sedekah bisa dilakukan kapan saja dan besarannya pun dikembalikan lagi pada pemberi karena ada seikhlasnya yang menjadi ciri khas dari amalan ini. Siapa saja pun bisa melakukannya, tidak ada batasan umur.

Lalu, bisa diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Seperti yang tertera di firman Allah SWT:

Sesungguhnya zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, orang-orang yang berutang untuk jalan Allah, dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan sebagai ketetapan yang diwajibkan. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (Q.S. At-Taubah: 60)

Keutamaan Sedekah

Walaupun tidak diwajibkan, sedekah adalah amalan yang memiliki keutamaan bagi siapa saja yang melakukannya dengan ikhlas. Keikhlasan ini sangat penting karena artinya kamu bersedia memberi tanpa mengharapkan balasan.

Pemberian yang ikhlas akan menghasilkan banyak kebaikan yang tentu menguntungkan tidak hanya bagi yang menerima, tapi juga kamu sebagai pemberi.

Inilah keutamaan dari sedekah:

1.   Meningkatkan hubungan baik antara sesama

Sedekah adalah salah satu cara yang bisa meningkatkan kualitas hubungan antara sesama. Hal itu karena kamu membantu orang lain tanpa pamrih, orang lain pun biasanya akan membalas berbuat baik terhadapmu sehingga menghasilkan hubungan yang harmonis.

Lalu, sekadar memberikan senyuman tulus ketika berada di luar rumah pun bisa mempererat hubungan baik.

Coba bayangkan saja jika kamu adalah orang yang sombong dan menyebalkan, hubungan ke sekitar pun jadi buruk. Bisa jadi ada saja masalah yang harus kamu hadapi karena sifatmu itu.

Tentunya kamu akan lebih nyaman hidup di lingkungan yang harmonis. Lingkungan ini bisa diciptakan ketika kamu memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarmu.

2.   Dimudahkan dalam mendapatkan rezeki

Rezeki itu maknanya luas, tidak hanya uang. Bisa tinggal di rumah yang aman dari bencana juga termasuk rezeki yang belum tentu orang lain bisa dapatkan. Keutamaan sedekah lainnya adalah mampu membuatmu mudah mendapatkan rezeki yang dibutuhkan.

Tidak ada teorinya jika mereka yang bersedekah itu akan tambah miskin, malah mereka bisa jadi mendapatkan rezeki dari sumber yang tidak terduga. Oleh karena itu jangan mengabaikan sedekah jika kamu sanggup melakukannya.

Di masa pandemi ini kamu pasti lebih berjuang lebih keras dari yang biasanya. Semoga sedekah yang kamu berikan pada orang lain bisa membantumu untuk melalui waktu yang berat ini dengan baik. Yang penting kamu tidak berputus asa dalam menanti karunia dari-Nya.

3.   Pahala akan ditingkatkan

Kamu yang bersedekah dengan ikhlas akan mendapatkan pahala yang ditingkatkan dalam jumlah yang tidak terhingga. Pahala tentunya adalah hal yang kamu nantikan karena sebagai bekalmu untuk menghadapi Hari Akhir yang umat muslim percaya akan datang.

Pahala biasanya akan ditingkatkan di waktu-waktu spesial, misalnya ketika kamu bersedekah di hari Jumat dan di bulan Ramadan yang hanya terjadi setahun sekali.

Di waktu-waktu spesial tersebut melakukan ibadah dengan sepenuh hati akan diganjar dengan berbagai macam kebaikan yang tidak disangka-sangka

4.   Mencegah bala

Tidak ada yang tahu kamu bisa saja mengalami musibah di masa nanti. Dan hal yang bisa mencegah hal itu adalah sedekah yang kamu lakukan terhadap sesama. Atau ada orang yang ingin berbuat jahat kepadamu dan hal itu tidak jadi dilakukan atas izin Allah.

Yang namanya sedekah kekuatannya memang sedahsyat itu, dapat mengubah niat seseorang juga.

Hal itu karena doa-doa yang dipanjatkan oleh orang yang kamu berikan sedekah. Oleh karena itu jangan pernah lelah menjadi orang baik karena doa yang baik untukmu bisa saja akan hadir dari salah satu orang yang kamu bantu.

5.   Hidup yang penuh keberkahan

Hidup yang penuh keberkahan adalah hidup yang penuh ketenangan. Apa pun yang terjadi padamu, kamu akan tetap optimis dalam menghadapinya.

Lalu, kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan masa depan karena kamu yakin jika hari ini tidak begitu baik, hari esok kebaikan akan datang padamu.

Orang yang rajin bersedekah biasanya akan memiliki pemikiran positif seperti itu karena merasa ada Allah yang senantiasa menolongnya. Selain kamu membantu orang lain, orang lain juga tidak akan segan untuk membantumu.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika sedekah ini dilakukan secara rutin. Tidak melihat berapa pun besarnya, yang penting kamu bersedekah dengan ikhlas dengan niat yang baik.

Jika kamu tidak ingin sedekah, ya itu tidak masalah. Katakan saja kamu tidak bisa membantu teman atau orang lain karena kamu sedang ada urusan lain yang sedang mendesak.

Penolakan secara halus ini jauh lebih baik ketika kamu memberi, tetapi sembari memarahi orang yang kamu beri itu. Intinya ketika memberi pada orang lain jangan sampai menyakiti hatinya.

Untuk itu umat muslim, disarankan memperbanyak sedekah kapan pun dan di mana pun. Bahkan ketika sedang berada di waktu yang sulit, sedekah pun bisa membantumu keluar dari kesulitan itu. Yang penting kamu memberi dengan hati yang ikhlas dan memperlakukan orang dengan baik.

Artikel Terkait