Bisnis & Kerja Sampingan

6 Contoh Wirausaha Berpotensi Cuan di Tahun 2021

Ajaib.co.id – Menjalankan wirausaha atau menemukan contoh wirausaha yang menguntungkan bisa menjadi tantangan, terlebih jika usaha bisnis & kerja sampingan tersebut akan dijalankan untuk tahun depan. Ada ribuan pilihan usaha dan pengusaha yang telah menjalankan bisnis tersebut berkali-kali.

Dengan begitu banyaknya ide dan juga pelaku usaha di tahun depan, mungkin sulit untuk menemukan usaha apa yang layak untuk dijalankan. Mengikuti tren usaha baru terkadang beresiko tapi bermanfaat karena kompetitornya sedikit, sedangkan menjalankan usaha yang telah populer sejak lama lebih sedikit beresiko tapi kompetitif.

Jika kamu berencana menjalankan usaha di tahun depan, Tim Ajaib membuat daftar peluang bisnis yang menguntungkan di 2021 sebagai referensi, beberapa contoh wirausaha di bawah ini semakin populer akhir-akhir ini seiring dengan meningkatnya transformasi digital. Simak ulasannya.

Dropshipping

Dropshipping adalah salah satu peluang usaha terbaik saat ini. Model bisnis dropshipping memungkinkan kamu untuk membeli produk langsung dari pemasok atau produsen dan mengirimkannya langsung ke pelanggan. Dibandingkan dengan peluang bisnis e-commerce lainnya, dropshipping memiliki hambatan yang kecil.

Kamu tidak perlu khawatir memiliki modal yang banyak untuk membeli produk secara massal, sebab kamu hanya perlu melanjutkan pemesanan pelanggan, kemudian produsen yang akan menanganinya.

Mengingat kamu tidak perlu membeli barang yang kamu jual, kamu dapat menawarkan berbagai produk yang berbeda, seperti kecantikan, fashion, es krim, grosir, dan banyak lagi. Peluang usaha dropshipping hampir tidak ada habisnya. Jika produsen menyediakan produk, kamu hanya perlu mencantumkan di toko online tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Menjual Produk Handmade

Jika kamu menikmati membuat dan membangun barang ketika kecil, menjual produk handmade adalah contoh wirausaha dengan peluang bagus untuk menghasilkan kreativitas bermodalkan kreativitas. Meskipun kamu memiliki keinginan untuk membuat sesuatu yang baru tetapi kurang pengalaman, ada beberapa cara untuk mewujudkannya.

Contoh seorang Josh Pigford, pendiri Baremetrics (perusahaan SaaS) dan Cedar + Sail (toko online peralatan rumah tangga homemade). Apa yang dimulai sebagai proyek sampingan dengan cepat menjadi peluang usaha online yang menguntungkan dan memicu sisi kreatifnya dengan menjual produk rumah tangga homemade.

Jika kamu tidak yakin barang apa yang akan dijual, mulailah dengan melihat barang di sekeliling rumah. Kira-kira barang yang hilang dan perlu kamu miliki? Bed cover warna warni atau pot buatan tangan? Kombinasikan dengan riset online untuk melihat barang apa yang laku terjual akhir-akhir ini.

Setelah memutuskan barang apa yang akan kamu jual dan dibuat dengan mempertimbangkan sesuatu yang sedang ngetren, segera mulai usahamu sekarang.

Menjual Produk Digital

E-learning meledak sebagai sebuah industri. Studi terbaru menunjukkan bahwa industri ini akan bernilai sekitar USD331 miliar pada tahun 2025. Menjadikan produk digital sebagai salah satu contoh wirausaha di 2021 berpeluang menguntungkan.

Musik, video, e-book, dan online courses adalah beberapa contohnya. Produk digital hanya perlu diunduh dan dikonsumsi kapan pun dan di mana pun.

Produk digital juga memberikan peluang bisnis yang besar karena tidak mahal untuk dibuat dan didistribusikan. Kamu dapat membuatnya sekali dan menjualnya berulang kali ke orang yang berbeda tanpa perlu mengisi ulang persediaan atau meminta stok ke produsen.

Jika kamu menganggap diri kamu ahli di suatu bidang, kamu dapat mengemas informasi tersebut dan menjualnya dalam bentuk biaya berlangganan.

Menjual Foto

Pada dasarnya internet adalah ladang uang dan salah satu usaha yang mungkin bisa kamu lakukan lewat hobi adalah menjual foto secara online melalui Getty Images, Shutterstock, iStock, atau 500px. Agar berhasil menjual foto secara online, pastikan untuk memenuhi tiga prinsip:

1.     Temukan niche, entah itu bunga, perjalanan, bangunan lansekap, atau mode, pilih satu dan pertahankan.

2.     Membangun audiens. Menjual foto bukanlah peluang bisnis pasif, mempromosikan foto di media sosial untuk membangun audiens dan menjual lebih banyak foto.

3.     Ciptakan sumber pendapatan yang berbeda. Jangan hanya menjual di satu situs foto, tapi jual sebanyak yang bisa kamu ciptakan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Baik kamu seorang fotografer hobi atau profesional, menjual foto adalah salah satu contoh wirausaha online gratis yang dapat membantu menghasilkan uang jika kamu benar-benar meluangkan sedikit waktu untuk memikirkan konsep secara matang.

Bermain Video Game

Betul. Peluang usaha di industri e-sport masih sangat besar. Video game tidak hanya menghasilkan banyak uang untuk para pemain, tetapi juga gelar dan sponsor. Industri senilai USD1,7 miliar ini akan terus berkembang.

Video game bisa menjadi salah satu peluang usaha yang paling menguntungkan jika kamu melakukannya dengan tepat.

Pendapatan tidak hanya datang dari bermain sebagai pemain profesional, kamu juga bisa mendapatkan uang dengan streaming langsung di platform khusus seperti Twitch.tv atau memulai channel gaming di Youtube, atau bahkan menjual merchandise yang terinspirasi dari game.

Menjual Produk Hewan Peliharaan

Jika kamu adalah pecinta hewan, maka menjual produk hewan peliharaan bisa menjadi contoh wirausaha yang menghasilkan keuntungan. Mengingat banyak orang yang memperlakukan hewan peliharaannya seperti keluarga sendiri dan rela mengeluarkan uang banyak untuk memastikan hewan peliharaannya hidup layak.

Kamu bisa menjual semuanya mulai dari makanan organik, aksesoris mewah, tempat tidur, dan pakaian jadi.

Kamu bisa memulainya dengan menjalankan usaha sebagai dropshipper atau menjualnya dengan produk sendiri. Keuntungannya pun besar, dan kami juga akan menemukan kebahagiaan tersendiri. Produk hewan peliharaan tidak akan pernah mati sebab pemilik akan selalu memanjakan hewan peliharaannya.

Kesimpulan

Untuk memberi peluang terbaik dari wirausaha di atas, fokuslah pada satu ide hingga kamu menemukan ide yang sesuai dengan kemampuanmu. Ribuan pengusaha telah menerapkan ide-ide bisnis tersebut untuk menghasilkan uang, jadi kamu sendiri yang harus memastikan berjalannya usaha tersebut.

Artikel Terkait