Banking, Bisnis & Kerja Sampingan

P2P Lending Terpercaya di Indonesia Untuk Pinjam Modal Usaha

Ajaib.co.idPeer to peer lending atau biasa disingkat menjadi P2P lending adalah metode pemberian pinjaman kepada individual atau bisnis dan sebaliknya. Perkembangan layanan pinjam meminjam uang melalui platform P2P lending di Indonesia sangatlah pesat.

Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bulan Agustus 2019, ada sekitar 127 perusahaan P2P yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jika dibandingkan pada tahun 2017 total akumulasi pinjaman yang disalurkan sekitar 2 Triliun, namun pada Juli 2019, total pinjaman yang disalurkan mencapai 42 Trilliun! Wow! Luar biasa ya sobat AJAIB.   

Kira-kira menurut sobat AJAIB, mengapa sangat pesat sekali perkembangannya ya? Alasan paling utama adalah karena kemudahannya. Pinjam meminjam uang mulai dari 1 juta rupiah menjadi sangat mudah dan prosesnya sangatlah singkat.

Namun, seringkali kita menemukan kasus yang marak terjadi yakni gagal bayar atau kredit macet dari debitur (peminjam) ke kreditur (pemberi pinjaman). Pinjaman sudah jatuh tempo, tapi belum ada dana, sehingga terkena denda perharinya dengan bunga yang cukup besar.

Marak juga kasus P2P yang tidak resmi dan belum diawasi oleh OJK, sehingga memberikan bunga keterlambatan yang luar biasa mahalnya dan kemudian memberikan teror kepada debiturnya. Waduh, jadi khawatir ya sobat AJAIB? Tenang… AJAIB akan berikan kamu daftar peer to peer lending yang terpercaya dan diawasi lembaga atau otoritas negara seperti OJK. Berikut dua platform P2P lending terpercaya jika kamu ingin meminjam uang untuk modal usaha

KoinWorks

Platform ini menawarkan pengembalian atau return yang cukup tinggi yakni sekitar 18% untuk pendana. Pendana dapat mendanai mulai dari Rp 100.000 dan peminjam dapat meminjam dengan bunga yang rendah. KoinWorks memiliki  beberapa pilihan sektor dalam mendanai dan meminjam.

Sebagai pemberi dana, kamu bisa memutuskan untuk mendanai pendidikan, kesehatan, maupun bisnis. Sedangkan untuk peminjam, kamu bisa meminjam dana di sektor pendidikan dan bisnis.

Untuk bisnis, KoinWorks mengutamakan pendanaan untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk terciptanya inklusi keuangan, sehingga semua orang Indonesia bisa berbisnis. Nah, untuk kamu yang baru banget buka usaha kecil, mungkin bisa kulik lebih dalam tentang KoinWorks nih sobat AJAIB.

Investree

Mirip dengan platform lainnya, Investree memberikan pengembalian yang cukup besar yakni 17.58%. Yang paling membedakan dengan peer to peer lending lainnya adalah pembiayaan syariah yang dimiliki oleh Investree.

Jika biasanya peer to peer lending menekankan pada bunga, maka Investree syariah tidak menerapkan bunga namun hanaya biaya administrasi berdasarkan nilai kredit masing-masing peminjam.  Menarik bukan? Cocok  banget nih untuk kamu yang menganut prinsip islami dalam aspek keuangan.

Jadi gimana sobat AJAIB? Tertarik untuk mencoba? Ingat, jangan lupa pastikan peer to peer lending platform-nya sudah diawasi OJK yaaa…

Sumber: Perkembangan Fintech Lending, Ingin Investasi di P2P Lending? Perhatikan Dulu 6 Hal Ini, Kronologi Nasabah Pinjaman Online Rp 1 Juta, Denda Rp 30 Juta Sebulan hingga Fitnah ”Rela Digilir”, dan Jenis Pinjaman di KoinWorks, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait