Milenial

Tips Mengatasi Rasa Bosan di Rumah Selama Pandemi

Bosan di rumah
Bosan di rumah

Ajaib.co.id – Bosan di rumah terus selama masa pandemi adalah hal yang wajar. Namun, apa boleh buat untuk sekarang paling aman hanya berada di rumah. Nekat keluar saja jika bukan karena masalah yang krusial, tentu akan berbahaya bagi kesehatan.

Mungkin masih banyak kegiatan yang harus dilakukan misalnya belajar di rumah. Tak hanya membuat anak untuk belajar dan mungkin merasa bosan Di pandemi covid-19, membuat orang tua sibuk mengajari anak.

Berada di rumah dalam waktu yang lama memang agak sulit, terutama bagi kamu yang terbiasa keluar rumah untuk berkegiatan. Namun, tenang saja. Sebenarnya kamu bisa mengatasi hal ini dengan memiliki kegiatan yang bisa dilakukan di rumah.

Di bawah ini adalah tips mengatasi rasa bosan di rumah. Caranya dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang tidak kalah asyik dengan kegiatan di luar.

1. Coba Mulai Memasak

Kalau kamu terbiasa membeli makanan di luar, mungkin sekarang sangat sulit melakukannya karena masalah keamanan dan kesehatan. Sekarang waktunya kamu mulai memasak sendiri di rumah. Memasak sebenarnya tidak terlalu rumit asalkan kamu tahu apa saja bahan yang diperlukan dan cara memasak.

Cara memasaknya pun bisa kamu temukan di internet, terutama Youtube. Banyak video tutorial memasak mudah yang dapat kamu ikuti dari awal hingga akhir. Dengan memasak sendiri kamu bisa mengusir kebosanan. Kamu juga akan menyadari jika kamu sebenarnya jago memasak asalkan ada niat.

2. Berolahraga

Jika sebelumnya kamu lebih sering berolahraga di luar kompleks, sekarang lakukan olahraga di rumah, hitung-hitung untuk menghilangkan kebosanan. Olahraganya tidak perlu yang memberatkan. Gerakan olahraga sekarang ada bermacam-macam. Kamu dapat mengikuti gerakannya yang tersedia di internet.

Memang kehadiran internet di zaman sekarang sudah banyak membantu kita, jadi jangan lewatkan kesempatan yang ada ini. Olahraga tidak hanya bisa dilakukan di luar rumah, di dalam rumah pun kamu dapat melakukannya dengan rutin. Dan tentunya tetap bisa membuat tubuhmu lebih sehat.

Walaupun sering berada di rumah, kamu harus tetap mengedepankan kesehatanmu yang sangat penting di masa pandemi ini. Dengan berolahraga stamina tubuhmu akan lebih meningkat dari biasanya. Kamu jadi tidak mudah jatuh sakit.

3. Melakukan video call bersama keluarga atau teman-teman

Ketika kamu membutuhkan teman untuk mengobrol, kamu tetap bisa berbicara dengan mereka tanpa harus bertemu. Manfaatkan aplikasi video call yang sekarang sudah tersedia. Aplikasi tersebut bisa dimasuki oleh beberapa orang, dan kamu dapat melakukan obrolan dengan hanya mengandalkan kuota yang cukup atau sinyal internet yang bagus.

Hal ini bisa dilakukan secara rutin, misalnya seminggu sekali. Walaupun tidak bisa bertemu dalam waktu yang lama, setidaknya kamu dengan keluarga dan teman-teman bisa tetap berbagi cerita. Suatu saat kalian pasti bisa bertemu kembali.

4. Membaca Buku

Untuk menghilangkan bosan di rumah, kamu bisa membaca buku. Buku sekarang bisa dibeli secara online, jadi kamu tidak perlu ke toko buku. Industri buku masih hidup sampai sekarang, walau pandemi membuat semuanya sudah berubah.

Kamu dapat memilih buku yang ingin kamu baca yang tersedia di katalog. Biasanya toko buku online pun menyediakan katalog yang dapat kamu lihat. Atau saat ini tersedia buku online yang harganya lebih murah dibandingkan buku cetak. Kamu dapat membeli buku online legal di Google Book. Cara membayarnya pun mudah, bisa hanya dengan mengandalkan pulsa yang kamu miliki.

Membaca buku paling asyik dilakukan ketika kamu sedang santai. Atau ketika hendak tidur. Biasanya tidurmu akan terasa lebih nyenyak sehabis membaca buku.

5. Menonton Film atau Serial

Hal lain untuk bisa mengusir rasa bosan di rumah adalah dengan menonton film atau serial. Sekarang sudah tersedia banyak aplikasi OTT yang memudahkanmu menonton film atau serial secara legal. Harga untuk menontonnya pun terbilang murah, dan kamu bisa menonton kapan saja, tidak terikat jadwal seperti yang biasa muncul di bioskop.

Sekarang menonton di bioskop memang cukup riskan, tapi tenang saja karena kamu tetap bisa menonton film dan serial kesukaanmu dari rumah. Film dan serial yang ada di aplikasi OTT pun seru-seru.

6. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kebosanan. Kamu dapat memulainya dari tanaman-tanaman sederhana seperti cabai, atau tanaman lain yang biasanya kamu gunakan. Tanaman seperti untuk obat juga dapat mulai kamu tanam di rumahmu.

Untuk berkebun, kamu perlu memiliki lahan di rumah. Yang penting lahan tersebut bisa terkena matahari yang cukup. Lalu, pembelian bibit dapat kamu lakukan secara online. Sudah banyak toko tanaman yang memasarkan produknya secara online.

7. Mengikuti kelas online

Sudah banyak kelas online yang tersedia untuk menaikkan kemampuanmu. Belajar bahasa baru dapat dilakukan secara online, ada juga kelas memasak secara online, dan berbagai macam materi menarik lainnya. Kamu tinggal memilih kelas online yang kamu sukai atau perlukan.

Jangan lupa lihat harga kelasnya berapa. Jika ada yang gratis, itu bahkan lebih baik. Kamu dapat mencari informasi tentang kelas online di media sosial.

8. Melakukan kegiatan lain yang disukai

Selain beberapa kegiatan di atas, kamu juga dapat melakukan kegiatan lainnya yang kamu sukai. Misalnya saja bermain game bersama keluarga, dan lainnya. Apapun kegiatan itu yang penting kamu merasa senang melakukannya.

Walaupun berada di rumah, kamu tetap bisa menjadi sosok yang produktif. Namun, jangan lupa untuk istirahat dan tetap menjaga kesehatan. Kamu tetap memerlukan waktu tidur yang cukup. Mumpung ada di rumah, memanfaatkan waktunya untuk tidur siang. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kamu bisa melakukan berbagai kegiatan lain di luar rumah.  

Artikel Terkait