Rumah Tangga Masa Kini

Memilih Tempat Tinggal yang Aman dan Nyaman

Ajaib.co.id – Memilih tempat tinggal yang aman dan nyaman untukmu adalah sebuah keharusan. Tidak hanya menyangkut bentuk rumahnya sesuai dengan keinginan, tapi lingkungan di sekitar rumahmu juga penting untuk dijadikan penilaian.

Walaupun kamu tinggal di rumah yang besar dan rumah yang menjadi impianmu sejak lama, tapi apabila lingkungan di luarmu tidak membuatmu nyaman, maka jadinya akan sama saja.

Kamu pun harus melakukan survei terlebih dahulu, dan langsung menilai sesuai dengan kriteria yang kamu miliki. Hal itu agar kamu tidak menyesal telah memilih rumah itu.

Apalagi jika kamu ingin tinggal di rumah itu dalam waktu yang lama, mungkin sampai akhir hayat. Seperti inilah tempat tinggal yang nyaman dan aman itu.

1.    Rumah Bebas Banjir dan Longsor

Tempat tinggal yang nyaman tentunya yang tidak kemasukan air karena banjir dan longsor. Biasanya rumah yang rawan banjir dan longsor itu yang berdekatan dengan sungai, berada di pinggir tebing yang tanahnya mudah goyah, atau berada di bawah tebing. Untuk itulah memilih rumah bukan karena keindahannya saja, tapi dilihat juga dari posisinya.

Atau lahan yang awalnya sempat dikabarkan terjadi pergerakan tanah sebelumnya. Rumah ini juga sebaiknya tidak dipilih karena pergerakan tanah membuat rumah jadi rawan rusak.

Apalagi jika sudah masuk musim hujan yang hujannya datang setiap hari, tanah jadi mudah goyah.

Kamu tentunya ingin berteduh dengan nyaman di dalam rumah. Jika rumahmu kemasukan air, akan sangat merepotkan untuk membersihkannya nanti.

2.    Wilayah Rumah Bebas dari Pencuri

Rumah yang nyaman itu adalah rumah yang aman dari pencuri yang tidak bertanggung jawab dan terkadang membuat takut. Pencuri datangnya sering tiba-tiba, ada yang orang tidak kita kenali ada juga yang dikenali. Untuk itulah kamu harus selalu waspada, jangan memasukkan sembarangan orang ke rumah.

Hunian rumah yang bagus biasanya memiliki keamanan yang bagus. Setiap malam ada siskamling yang sudah ditugaskan untuk menjaga kompleks. Tidak hanya malam, di siang hari juga sebaiknya ada yang berpatroli karena pencuri sekarang tidak hanya memanfaatkan malam. Mereka juga senang mengincar rumah kosong yang semua penghuninya bekerja di siang hari.

Untuk itulah kamu sebaiknya memilih hunian rumah yang sistem siskamlingnya berjalan dengan baik.

3.    Hunian yang Tetangganya Ramah

Memiliki tetangga yang ramah dan tidak julid adalah hal yang membuatmu betah tinggal di rumah. Masalahnya di satu kompleks rumah ditinggali orang dengan karakter yang berbeda-beda. Ketika survei kamu mungkin akan sulit menilai tetangga, tapi coba saja lihat kegiatan apa saja yang sering dilakukan kompleks rumah tersebut.

Jika kompleks rumah itu penghuninya sering melakukan gotong royong dan kegiatan bersama bermanfaat lainnya, ini sudah menjadi kelebihan tersendiri. Dengan cara ini para tetangga itu jadi bisa akrab satu sama lain. Kamu pun akan lebih mudah membaur dengan mereka.

4.    Bisa Dijangkau dengan Transportasi Umum

Saat ini transportasi di kota-kota besar cukup memadai dan difavoritkan karena harganya murah dan cepat sampai. Menggunakan kendaraan pribadi terkadang melelahkan dan harus berhadapan dengan kemacetan. Sekarang juga banyak orang yang berkendaraan pribadi memarkir kendaraannya di stasiun, lalu lanjut pergi ke kantor dengan kereta api.

Paling nyaman apabila rumahmu berdekatan dengan transportasi umum sehingga mudah untuk dijangkau. Tidak menghabiskan banyak ongkos juga. Ke tempat tujuanmu, baik ke kantor atau ke tempat umum lainnya pun jadi lebih leluasa. Jika memilih rumah yang jauh dari transportasi kamu pun akan kerepotan dan harus mempersiapkan semua di jam yang lebih awal.

5.    Dekat Fasilitas Umum

Tempat tinggal yang nyaman untuk ditinggali selanjutnya adalah yang berdekatan dengan fasilitas umum seperti mini market, pasar, ATM, fasilitas kesehatan, dan fasilitas lainnya yang kamu butuhkan untuk keperluan sehari-hari.

Dengan begitu kamu akan mudah menyelesaikan semua persoalan yang berkaitan dengan hal di atas. Biasanya sekarang mini market dan ATM yang paling mudah ditemukan di sekitar rumah.

Ketika membutuhkan uang tunai, kamu jadi tidak perlu datang ke bank. Untuk memeriksa kesehatan, tidak perlu datang ke rumah sakit yang jaraknya jauh.

Ketika membutuhkan makanan, kamu jadi tidak perlu mendatangi supermarket yang lokasinya yang berada di pusat kota. Fasilitas-fasilitas ini harus kamu perhatikan juga. Apalagi jika kamu membutuhkannya secara cepat.

6.    Rumah yang Ventilasinya Bagus

Selain lingkungan, sekarang yang harus diperhatikan dari rumah adalah rumahmu memliki sirkulasi udara yang bagus. Asalnya dari ventilasi yang banyak yang ada di dalam. Ventilasi ini berbeda dengan jendela karena jendela biasanya bisa dibuka atau ditutup.

Sedangkan ventilasi akan selalu terbuka, walaupun sudah ditambahkan dengan penghalang nyamuk. Jendela tidak perlu terlalu besar. Sedang saja asalkan ada sinar matahari yang bisa masuk. Rumahmu akan jadi lebih hangat dan udara pun jadi lebih mudah dihirup.

Pernahkah kamu merasa panas padahal di luar sana mendung? Hal itu bisa saja terjadi karena sirkulasi di dalam rumahmu tidak bagus. Jadi, ketika ingin memilih rumah, pastikan memiliki ventilasi yang memadai.

Seperti itulah kriteria umum dari rumah yang nyaman dan aman. Untuk desain dan bentuk rumah semuanya adalah seleramu. Rumah yang nyaman adalah rumah yang bisa ditinggali dalam waktu yang lama. Tidak hanya harus kamu rawat selalu, tapi juga memiliki kelebihan lain di sekitar yang menjadi penunjang penting.

Artikel Terkait