Berita

Tahukah Kamu Apa Julukan Indonesia di Mata Dunia?

Ajaib.co.id – Dibandingkan dengan negara-negara lainnya, Indonesia sangatlah unik. Bagaimana tidak, dari segi geografisnya saja, Indonesia berada di tengah garis khatulistiwa yang terdiri dari banyak pulau. Belum lagi kekayaan alam dan lautnya yang melimpah, serta budaya dan adat masyarakatnya yang beragam. Karena keunikannya inilah, dunia memberi julukan Indonesia dengan sejumlah nama.

Mungkin tak banyak yang tahu kalau selama ini, Indonesia memiliki beberapa julukan di mata dunia. Penasaran apa saja julukan yang diberikan kepada negara tercinta kita Indonesia? Berikut ini rangkumannya.

1.   Negara Seribu Pulau

Sebagai negara kepulauan, kira-kira tahu kah kamu berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia? 10 ribu? Kurang banyak. Jawabannya adalah 18.110 pulau menurut Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Namun, dari jumlah tersebut hanya 13.466 pulau yang sudah memiliki nama dan sekitar 11.000 pulau terdapat penghuninya. Jumlah pulau yang tersebar di wilayah perairan Indonesia tersebut menjadikan ibu pertiwi sebagai negara kepulauan terbesar dunia.

Luas negara Indonesia sendiri membentang diantara Benua Asia dan Benua Australia, serta melewati di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Dengan lokasinya yang strategis, tak heran jika Indonesia dianugerahi kekayaan alam dan laut yang melimpah.

2.   Negeri Seribu Candi

Selain memiliki sejumlah gugus pulau yang menakjubkan, Indonesia juga dijuluki negeri seribu candi. Awal mula julukan ini tak lain karena adanya Candi Borobudur yang terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia sekaligus candi terbesar di Indonesia.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut ternyata terdapat beberapa candi lain yang tersebar di wilayah Indonesia. Namun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahkan tidak dapat memastikan jumlah candi yang ada. Diperkirakan jumlahnya lebih dari 1.000 candi atau lebih.

Di pulau jawa saja terdapat beberapa candi terkenal selain Candi Borobudur, seperti Candi Prambanan, Candi Sewu, Komplek Percandian Batu Jaya, Candi Lumbung, Candi Kidal, Candi Ijo, Candi Jago, dan masih banyak lagi.

Pulau Sumatera juga memiliki beberapa candi yang bisa kita jumpai, seperti Candi Bahal, Candi Muara Jambi, dan Candi Muara Tikus. Sementara di Pulau Bali ada Candi Gunung Kawi.

3.   Paru-Paru Dunia

Karena Indonesia ini adalah negara kepulauan, sudah pasti memiliki banyak hutan dan jadi yang terluas di dunia. Salah satunya adalah hutan tropis atau hutan hujan. Hutan-hutan ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia, seperti yang ada di Pulau Kalimantan.

Maka dari itu, julukan Indonesia sebagai paru-paru dunia tidak salah. Sebab Indonesia memiliki banyak hutan lebat yang mampu menghasilkan oksigen dalam jumlah besar. Di dalam hutan-hutan tersebut tentunya terdapat banyak jenis tumbuh-tumbuhan, mulai dari yang beracun sampai paling indah bentuknya, seperti matoa, kasturi, kayu cendana, padma raksasa, dan lain-lain.

Selain tumbuh-tumbuhan, hutan Indonesia juga menyimpan banyak hewan yang khas, seperti komodo, orang utan, burung cendrawasih, dan lain sebagainya.

Akan tetapi julukan paru-paru dunia terancam oleh adanya eksploitasi hutan secara besar-besaran oleh perusahaan tambang dan kelapa sawit. Meski saat ini ekosistem di Indonesia masih terjaga cukup baik, tapi bila tata kelola hutannya tidak diperhatikan maka bisa jadi lama-lama akan terkikis oleh pembangunan.

4.   Heaven Earth

Kalau diartikan ke Bahasa Indonesia, Heaven Earth berarti “surga di bumi”. Ya, itulah julukan negara Indonesia di mata dunia. Hal itu mengacu kepada kekayaan alam yang dimiliki Indonesia sungguh beragam.

Inilah yang membuat negara-negara lain merasa iri. Bahkan sejak zaman kolonial, Indonesia jadi tujuan utama perdagangan.

Bisa dibilang Indonesia adalah poros maritim, dimana sejumlah negara mampu berkembang berkat hasil kekayaan alam dan mineral dari Indonesia. Maka wajar jika sejarah menyebutkan bahwa Indonesia jadi rebutan banyak negara besar.

Kondisi ini tentu harus dimanfaatkan dengan baik dan bijak oleh pemerintah dan masyarakat. Jangan sampai kekayaan alam dan mineral bangsa disedot begitu saja oleh negara lain.

Tidak hanya alamnya, dunia juga dibuat takjub oleh keberagaman suku dan budayanya. Dari Sabang sampai Merauke setidaknya terdapat sekitar 1.340 kelompok etnik atau suku bangsa.

5.   Zamrud Khatulistiwa

Seperti yang disebutkan di awal bahwa Indonesia ini terletak di wilayah yang dilalui garis khatulistiwa. Menurut laman National Geographic, letak astronomi Indonesia terbentang antara 6 derajat LU sampai 11 derajat LS dan 95 derajat BT sampai 141 derajat BT.

Inilah mengapa Indonesia mendapat julukan zamrud khatulistiwa yang artinya keindahan batu zamrud yang dilintasi garis khatulistiwa.

Sementara wilayah di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa adalah Pontianak dan Kalimantan Barat.

6.   Macan Asia yang Tertidur

Kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia berpotensi menjadikannya sebagai negara maju dan besar. Julukan Indonesia sebetulnya adalah Macan Asia. Akan tetapi sejak era modern julukan tersebut berubah menjadi Macan Asia yang tertidur.

Negara-negara di Asia juga mengakui bahwa Indonesia punya potensi besar menjadi negara adidaya seperti Amerika Serikat. Hanya saja kekayaan yang dimiliki bangsa ini potensinya belum bisa dimaksimalkan dengan baik.

7.   Negara Megabioversitas

Indonesia juga patut bersyukur karena memiliki daratan dan perairan yang luas. Tak hanya kaya akan mineral dan hasil lautnya, tapi juga keanekaragaman hayati di dalamnya. Ada banyak spesies flora dan fauna yang bisa dijumpai di Indonesia.

Indonesia juga memiliki beberapa spesies purba dan langka yang tersebar di tiga wilayah, yaitu barat, peralihan, dan timur. Keanekaragaman hayati yang begitu tinggi di Indonesia dikarenakan bentang alam yang mengikuti Garis Wallace, Garis Lydekker, dan Garis Weber.

Artikel Terkait