Rumah Tangga Masa Kini

Jenis Bonsai Tanaman Liar yang Unik & Bernilai Jual Tinggi

Ajaib.co.id – Di tangan kreatif, bonsai tanaman liar pun bisa disulap menjadi tanaman hias dengan nilai jual tinggi. Bonsai memang selama ini menjadi banyak pilihan sebagai aksesoris ruangan.

Jenis bonsai sendiri pun sanga beragam. Harganya pun bisa berbeda-beda. Tergantung keunikan dan keindahan dari tanaman bonsai itu sendiri.

Namun tanpa banyak yang menyadarinya, ternyata bonsai bisa dibuat dari berbagai tanaman liar. Selain unik, bonsai yang berasal dari tanaman liar ini pun dikenal memiliki keindahan yang tiada duanya.

Sehingga wajar saja jika banyak yang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk menjadikannya sebagai salah satu barang koleksi mewahnya.

Jenis Bonsai Termahal di Dunia

Berbicara terkait dengan tanaman bonsai, tercatat ada beberapa jenis bonsai yang dikatakan termahal di dunia. Memangnya apa penyebabnya sehingga memiliki nilai jual yang sangat tinggi?

1.  Bonsai Shunkaen

Bukan sesuatu yang mengejutkan jika Bonsai Shunkaen ini memiliki nilai jual yang sangat fantastis. Bonsai milik Tuan Kobayashi ini pun secara usia tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dikatakan jika usia bonsai sendiri sudah lebih dari 800 tahun. Kobayohi sendiri memang dikenal satu di antara seniman bonsai terbaik di dunia.

2.  Bonsai A Centueries Old Pine

Dikatakan salah satu bonsai dengan nilai jual tertinggi, memangnya berapa harga bonsai ini? Yang namanya karya seni memang dikenal memiliki harga yang tidak pasti.

Soalnya karya seni sebenarnya tidak bisa dinilai dengan uang. Namun untuk bonsai bernama A Centueries Old Pine ini pernah ada yang menawarnya hingga USD1,3 juta.

3.  Bonsai Sargent Juniper

Berbicara pohon bonsai termahal di dunia rasanya ada yang kurang jika tidak memasukkan pohon bonsai bernama Sargent Juniper di dalamnya. Pohon bonsai yang lahir dari tangan magic seniman bonsai bernama Masahiko Kimura.

Secara usia memang tidak setua dengan jenis pohon bonsai populer lainnya. Pasalnya usia pohon bonsai ini diperkirakan berumur 250 tahun. Meskipun demikian, jangan tanya harganya. Pohon bonsai ini pernah ditawar sekitar USD 350.000.

4.  Bonsai Protector of the Spirits

Memang selama ini para seniman bonsai kenamaan dunia berasal dari Jepang. Selain itu nilai jual dari bonsainya pun dikenal sangat fantastis. Salah satunya adalah bonsai bernama Protector of the Spirits karya John Y Naka ini.

Sayangnya semua sumber yang tepercaya belum ada yang memberikan harga pasti dari bonsai ini. Tetapi jika dilihat sejarahnya, banyak yang mengatakan jika bonsai ini termasuk salah satu bonsai termahal di dunia.

5.  Flowering Azalea Bonsai

Pohon bonsai setinggi 14 cm ini pun dikenal sebagai salah satu yang termahal di dunia. Bonsai karya Wolfgang Fultz secara bentuk memang cukup mini.

Namun keindahan bunga Azalea membuat orang yang melihatnya tidak akan pernah bosan. Selain cantik, bonsai ini juga tampak sangat unik.

Bonsai dari Tanaman Liar Unik dengan Nilai Jual Tinggi

Ada cukup banyak tanaman liar di Indonesia yang bisa disulap menjadi sebuah bonsai yang memiliki nilai juga tinggi. Meskipun demikian, jangan juga membayangkan harganya setinggi bonsai termahal di dunia tadi.

Pasalnya bonsai di atas bisa dihargai dengan sangat mahal memang banyak faktornya. Selain bernilai seni tinggi, ada sejarah menarik dari bonsai-bonsai tersebut. Selain itu bonsainya pun dilahirkan dari para seniman bonsai paling populer di dunia.

Berbeda dengan bonsai tanaman liar ini. Yang memungkinkan untuk kamu buat sendiri di rumah. Meskipun demikian, banyak yang diharga dengan cukup tinggi. Misalnya saja seperti:

1.  Bonsai Bougenville

Bougenville atau bunga kertas di Indonesia banyak sekali keberadaannya. Bahkan banyak sekali yang tumbuh secara liar. Bunga kertas ini pun kerapkali dijadikan sebagai bunga untuk mengisi taman.

Namun pernahkah kamu ada pikiran untuk membuatnya sebagai tanaman bonsai? Padahal bonsai bunga kertas sendiri kini sudah mulai populer di Indonesia. Bahkan nilai jualnya pun bisa dikatakan cukup tinggi.

2.  Bonsai Adenium

Jika dilihat dari asal mulanya, bunga bernama Adenium ini sebenarnya berasal dari Afrika dan Arab. Bunga Adenium sendiri dikenal sebagai salah satu bunga dengan warna yang unik dan cantik.

Wajar saja jika kini banyak para seniman bonsai di Indonesia yang memanfaatkan kecantikan dan keunikan bunga Adenium. Apalagi jika dilihat dari nilai jualnya pun bisa dikatakan cukup tinggi.

3.  Bonsai Asam Belanda

Di Indonesia cukup banyak Asam Belanda yang tumbuh secara liar. Bentuknya yang unik dan menarik membuat banyak orang yang tertarik membuatnya sebagai bonsai.

Bahkan Bonsai Asam Belanda dikenal sebagai salah satu bonsai tanaman liar dengan nilai jual tinggi.

4.  Bonsai Asam Jawa

Selain Asam Belanda, Asam Jawa pun banyak tumbuh secara liar di Indonesia. Memiliki struktur batang yang kuat dan unik menjadikan pohon ini sering dibuat menjadi bonsai.

Batangnya yang kuat dan tidak mudah patah menjadikannya mudah dibentuk menjadi pola yang diinginkan.

5.  Bonsai Kimeng

Kimeng sendiri sebenarnya masih satu keluarga dengan beringin. Bahkan bisa dikatakan sebagai salah satu jenis dari pohon beringin. Wajar saja jika banyak yang mengkreasikannya menjadi tanaman bonsai. Apalagi secara nilai jual pun dikatakan cukup tinggi.

Banyak yang belum menyadarinya jika cukup banyak tanaman liar di Indonesia yang bisa dikreasikan menjadi bonsai. Menariknya lagi, rata-rata bonsai tanaman liar ini memiliki nilai jual tinggi.

Artikel Terkait