Milenial

Bagaimana Cara Menghilangkan Malas? Ini Tipsnya

Cara Menghilangkan Malas
Cara Menghilangkan Malas

Ajaib.co.id – Banyak cara menghilangkan malas, tentu yang pertama yang harus kamu lakukan adalah dari niat terlebih dahulu. Dengan mengumpulkan niat dan tekad yang kuat, maka segalanya akan lebih mudah teratasi, termasuk menghilangkan rasa malas.

Rasa malas memang salah satu faktor penghambat kesuksesan. Tak jarang orang kreatif maupun orang pintar tidak bisa sukses, sebab rasa malas ini. Untuk itu, sudah semestinya kamu menghilangkan rasa malas itu. Nah, bagaimana cara menghilangkan malas?

Teruntuk kamu generasi milenial, pernah mengalami suatu kejadian yang menyusahkan diri sendiri sebab rasa malas? Sudah pasti sifat itu akan merugikan diri sendiri. Memang, terkadang kamu bisa memberikan reward pada diri sendiri dengan bermalas-malasan, tetapi dengan catatan tidak ada pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Dengan kata lain, kamu bisa bermalas-malasan sebentar saja ketika kamu benar-benar memiliki waktu luang.

Saat ini, media sosial memang menawarkan banyak hiburan. Bermalas-malasan dengan menggulir linimasa facebook, instagram, maupun Tiktok memang hal yang sangat menyenangkan. Tapi, hal-hal tersebut sangat melalaikan, sebab pekerjaan atau bagi kamu yang masih menempuh pendidikan akan terbengkalai. Untuk itu, yuk, hilangkan rasa malas. Begini caranya!

1.     Catat Pekerjaan Dalam Jurnal

Dengan membuat daftar pekerjaan atau tugas sekolah, kamu bisa tahu apa saja yang harus dilakukan sebelum mencapai kesepakatan pada diri sendiri bahwa kamu sedang luang. Buatlah daftar dalam sebuah buku atau jurnal. Untuk menambah semangat, kamu bisa menghias jurnal kamu.

Tak hanya daftar pekerjaan saja, pun kamu bisa menuliskan hal yang harus kamu lakukan hari ini atau besok. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan malas. Kamu jadi lebih mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan dalam satu hari.

2.     Buat Target

Cara menghilangkan malas berikutnya adalah dengan membuat target. Tantang diri kamu sendiri dengan membuat target atau prioritas. Urutkan daftar pekerjaan dari yang paling penting, hingga yang paling bisa kamu kerjakan nanti. Setiap pekerjaan harus kamu beri tenggat waktu serta target tertentu. Jangan hanya karena pekerjaan harus cepat selesai, maka kamu mengerjakannya dengan asal-asalan.

Target pada setiap pekerjaan sangat penting untuk kamu lakukan, dengan demikian, kamu bisa memunculkan semangat pada diri sendiri. Hal yang penting lainnya yakni jangan menunda-nunda pekerjaan, sebab mau dikerjakan sekarang ataupun nanti akan sama saja hasilnya. Bedanya, kamu akan menghemat waktu bila dikerjakan dengan segera.

3.     Manfaatkan Waktu Luang untuk Meningkatkan Produktivitas

Memang waktu bermalas-malasan paling enak dengan menonton film atau menonton drama Korea, tetapi akan lebih baik memanfaatkan waktu luang dengan hal-hal yang memotivasi. Kamu bisa menonton film yang memiliki cerita motivasi. Sehingga, usai menonton dan memanfaatkan waktu luang kamu akan tetap produktif.

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang dengan riset di internet, mencari-cari informasi mengenai tugas maupun pekerjaan kamu. Bisa juga dengan menambah skill dengan mencari kursus online.

4.     Makan Makanan Bergizi

Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi, pun mampu meningkatkan mood kamu dalam bekerja. Sebagai catatan, usahakan tidak mengkonsumsi makanan berat, sehingga tidak menimbulkan kantuk. Kita tahu, mengantuk adalah salah satu hal yang menyebabkan rasa malas. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengkonsumsi kafein pada siang hari.

Selain mengkonsumsi makanan bergizi, pola hidup sehat juga harus kamu terapkan. Misalnya, dengan menjaga tidur, minum air putih, dan tentu saja selalu berpikiran positif. Dengan pikiran yang sehat, maka rasa malas pun bisa dihindari.

5.     Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara menghilangkan malas. Berolahraga bisa meningkatkan mood dan membuang energi negatif. Rasa malas bisa memunculkan pikiran negatif, kemudian merambah ke kegiatan negatif lainnya. Rutin berolahraga dipercaya bisa memberikan efek segar pada tubuh, sehingga kamu pun lebih produktif.

Tubuh yang segar dan sehat akan meningkatkan semangat pada diri sendiri. Sehingga, dengan adanya semangat tersebut bisa membuat kamu tidak menunda pekerjaan. Dengan begini, malas pun bisa tersingkir dengan sendirinya.

6.     Lakukan Pekerjaan Berat di Pagi Hari

Energi paling besar biasanya terjadi di pagi hari, untuk itu prioritaskan pekerjaan yang dianggap tidak menyenangkan atau pekerjaan berat di pagi hari ketika energi masih penuh. Apabila kamu mengerjakannya ketika siang hari apalagi sore hari, tentu tenaga sudah terkuras.

Hal ini benar-benar menguntungkan, sebab ketika energi sudah menipis dan rasa malas mulai terasa, mengerjakan pekerjaan ringan adalah solusi. Sehingga, pekerjaan kamu bisa selesai dengan cepat dan mudah. Menghindari pekerjaan berat di awal, justru membuat kamu menunda-nundanya.

7.     Memberi Hadiah pada Diri Sendiri

Setelah menahan diri sekian lama, sudah saatnya kamu memberi hadiah kepada diri sendiri. Apalagi kamu milenial yang suka dengan hal-hal yang sedang ngetrend. Akan tetapi, hadiah yang kamu berikan pada diri sendiri adalah hadiah yang kamu janjikan sebelum mengerjakan pekerjaan.

Hadiah itu bisa berupa hadiah kerja keras. Siapkan daftar keinginan kamu dan berjanjilah pada diri sendiri akan mewujudkannya ketika pekerjaan kamu selesai. Misalnya, kamu akan pergi traveling ketika semua tugas atau pekerjaan selesai.

Dengan memberi hadiah pada diri sendiri akan menambah motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan. Tidak ada salahnya, lho, memberi hadiah pada diri sendiri demi memacu semangat. Memberi hadiah untuk diri sendiri sama halnya dengan menghargai diri sendiri, kalau istilahnya zaman sekarang self love.

Banyak cara menghilangkan malas, poin-poin di atas bisa kamu terapkan di keseharian kamu. Ingatlah bahwa menghilangkan rasa malas sama saja dengan mendekatkan diri dengan kesuksesan.

Artikel Terkait