Investasi, Reksa Dana

Lamanya Waktu Menabung Agar Menjadi Miliarder

Ajaib.co.id – Masa depan finansial seseorang memang erat kaitannya dengan kebiasaan menabung. Nah, dengan kebiasaan menabungmu sekarang ini, pernahkah kamu bertanya-tanya berapa lama waktu yang dibutuhkan agar tabunganmu mencapai satu miliar?

Pertama-tama berapa tahun yang kamu perlukan untuk bisa punya tabungan hingga satu miliar rupiah akan tergantung pada berapa banyak yang bisa kamu sisihkan setiap bulannya.

Inilah mengapa penting sekali bagi kamu melacak pengeluaranmu, membuat anggaran dan kemudian mencari cara untuk mengurangi pengeluaran bulanan untuk kemudian disisihkan. Semakin banyak yang kamu simpan, semakin cepat perjalananmu menjadi miliarder.

Cara mempersingkat waktu menabung tidak melulu tentang seberapa besar yang bisa kamu sisihkan setiap bulannya. Perbedaan cara menabung juga akan mempengaruhi lama waktu kamu menabung.

Tentang Menabung

Ketika kamu menabung satu juta rupiah setiap bulannya dalam sebuah rekening biasa di bank dengan bunga satu persen saja, maka kira-kira dalam satu tahun akan ada Rp12 juta di rekeningmu. Dengan tabungan sejuta sebulan maka bunga satu persen per tahun akan setara biaya administrasi bank selama setahun.

Maka dengan menabung satu juta rupiah setiap bulannya di tabungan biasa kamu membutuhkan waktu 85 tahun untuk mencapai angka satu miliar rupiah. Hmm, kalau kamu mulai menabung di usia 25 tahun maka nampaknya kamu baru akan melihat tabunganmu senilai satu miliar ketika usia kamu sudah 110 tahun.

Nah, jika kita putuskan untuk mengetatkan ikat pinggang dan mencoba tingkatkan jumlah tabungan hingga tiga juta rupiah per bulan bagaimana? Secara matematis jika kamu berusia 25 tahun saat ini, dengan tiga juta per bulan kamu akan melihat tabunganmu mencapai satu miliar ketika kamu berusia 51 tahun!

Kawan Bernama Compounding Interest

Kamu bisa mempersingkat waktu dengan cara berkawan dengan compounding interest.

Di jaman sekarang kita punya lebih banyak pilihan menabung yang jauh lebih baik. Misalnya tabungan di reksa dana pasar uang yang memberikan imbal hasil di atas 5%, atau reksa dana pendapatan tetap dengan imbal hasil 9-10%, atau reksa dana saham yang memberikan sekitar 13% per tahun.

Dengan reksa dana pasar uang, misalnya kamu menabung dengan jumlah yang sama yaitu satu juta rupiah per bulan. Di akhir tahun pertama tabunganmu akan tumbuh menjadi Rp12.600.000 dengan perhitungan 12.000.000+(12.000.000 x 5%). Kamu lihat bahwa dengan suku bunga 5% saja kamu mendapat kelebihan Rp600.000 lebih banyak daripada menabung biasa.

Pada tahun kedua misalnya kamu masih melakukan hal yang sama yaitu menabung di reksa dana pasar uang dengan 5% per tahun. Di akhir tahun di rekeningmu kamu akan mendapat Rp25.830.000.

Dengan menabung biasa kamu hanya akan mendapat Rp24 juta di akhir tahun kedua. Sedangkan dengan menabung di reksa dana pasar uang kamu memperoleh Rp25,83 juta di akir tahun kedua.

Mungkin kamu heran, ketika di tahun pertama kamu mendapat keuntungan Rp600 ribu. Sekarang di tahun kedua keuntunganmu bukan dua kali lipat dari Rp600 melainkan lebih dari itu yaitu Rp1,83 juta.

Mengapa bisa begitu? Jawabannya adalah karena kamu menginvestasikan ulang semua hasil yang kamu dapat di tahun pertama. Ternyata keuntungan yang kamu terima juga memberikan keuntungan!

Efek dari tabungan dan bunga yang berkembang lagi dinamakan dengan bunga majemuk atau istilah kerennya compounding interest. Compounding interest akan membantu kamu mencapai tujuanmu lebih cepat, dengan instrumen keuangan yang tepat kamu bisa mempersingkat waktu menabung!

Sebelumnya kamu membutuhkan waktu 85 tahun menabung di tabungan biasa untuk mencapai satu miliar rupiah.  Dengan compounding interest kamu bisa mencapai lebih singkat dari itu!

Lihatlah, dengan menabung satu juta per bulan di reksa dana pasar uang yang memberikan 5 persen per tahun maka di tahun ke-33 kamu menabung kamu sudah bisa mendapat hasil satu miliar rupiah!

Padahal dengan menabung biasa, 33 tahun menabung dengan tabungan sejuta sebulan hanya akan menghasilkan Rp396 juta saja. Dengan compounding interest sebesar 5% saja kamu bisa menghemat banyak waktu untuk menabung. Caranya mudah, investasikan kembali hasil investasimu sebelumnya sambil terus menabung rutin setiap bulannya.

Dengan reksa dana saham tentunya lebih cepat lagi. Per tahun IHSG membukukan imbal hasil rata-rata sebesar 14 persen. Berikut ini adalah waktu yang dibutuhkan untukmencapai satu miliar rupiah jika kamu menabung di reksa dana saham sejuta sebulan di reksa dana saham. Lihat ilustrasi di bawah ini;

Bukan 33 tahun, ternyata kamu hanya memerlukan 218 bulan atau 18 tahun 2 bulan saja untuk mencapai satu miliar rupiah jika kamu menabung sejuta sebulan di reksa dana saham yang memberikan imbal hasil 14% per tahun.

Tentu jika kamu ingin lebih singkat tabungan kamu perlu lebih dari satu juta per bulan. Kuncinya hanya dua; memperbesar jumlah yang kamu tabung setiap bulannya dan menyimpan di instrumen keuangan yang tepat.

Mau lebih singkat lagi? Kamu bisa mencoba berbisnis, dan hasilnya kamu simpan di reksa dana agar bisa terus menghasilkan dan kelak bisa memberikan penghasilan tambahan bagi kamu.

Reksa dana sangat cocok bagi pemula yang belum bisa merancang portofolio investasinya sendiri. Reksa dana adalah wadah investasi bersama yang dananya dikumpulkan dari banyak orang, dikelola oleh seorang fund manager dari perusahaan manajer investasi. Ada ribuan reksa dana yang bisa kamu pilih, Ajaib menyeleksi hanya yang baik saja untuk kamu.

Ajaib adalah penjual reksa dana berlisensi, menyediakan beragam reksa dana dengan hasil yang beragam menyesuaikan dengan tingkat risikonya.

Artikel Terkait