Milenial

Cuci Mobil Teraman Dengan Hasil Mengkilap Di Tempat Pencucian

Ajaib.co.id – Cuci mobil sudah menjadi kegiatan rutin bagi pemiliknya. Kegiatan ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebersihannya, tetapi juga berguna untuk menjaga keawetan komponen. Oleh karenanya, tidak berlebihan jika pemiliknya menyempatkan waktunya untuk mengerjakannya.

Meskipun sibuk, pemilik tetap mengusahakannya. Salah satunya ialah membawanya ke tempat pencucian. Dan pilihan paling menarik di masa ini ialah berkunjung ke carwash dengan sistem hidrolik.

Tetapi perlu diketahui bahwa ada risiko ketika Anda kurang tepat memilih tempat cuci. Risikonya bisa merugikan. Makanya, Anda seharusnya lebih jeli ketika ingin mencuci kendaraan roda empat di carwash ini.

Alasan Mencuci Kendaraan Di Carwash

Bukan tanpa alasan kenapa pemilik lebih suka mencuci kendaraan ini di carwash. Alasannya tidak lain sebagai berikut.

Lebih Bersih

Setiap penyedia layanan cuci mobil tentu saja berupaya untuk menjaga pelayanannya. Teknologi serta metode pembersihan akan digabungkan untuk membuat layanannya lebih memuaskan.

Segala macam kotoran yang menempel pada kendaraan akan ditangani. Baik itu yang terlihat di permukaan body, sampai kotoran yang tersembunyi di sela-sela rod dan bagian bawah kendaraan.

Tentunya, ini menjadi bentuk pelayanan yang sangat maksimal. Makanya, pemilik kendaraan kebanyakan menggunakan jasanya ketimbang harus mencucinya sendiri di rumah.

Hemat Tenaga

Membersihkan mobil itu akan memakan waktu dan tenaga. Minimal, Anda perlu waktu sekitar 30 menitan. Bahkan lebih, tergantung pada tingkat kekotorannya.

Lamanya waktu ini berbanding lurus dengan rasa capek. Pasalnya, Anda perlu membersihkannya ke berbagai area. Dan inilah yang akan membuat Anda begitu lelah.

Beruntungnya, layanan jasa cuci kendaraan ini sudah tersedia. Anda tidak perlu repot untuk mengerjakannya. Karena Anda tinggal duduk, mobil akan ditangani oleh tenaga cuci.

Biaya Murah

Mencuci kendaraan roda empat ini biasanya memakan biaya sekitar 50 ribu. Terkadang kurang atau lebih. Tergantung pada sistem yang digunakan dan tingkat kebersihannya.

Biaya seperti ini tentunya lebih murah. Kenapa? Alasannya tentu saja bila dibandingkan dengan apa yang perlu Anda lakukan. Mulai dari membeli perlengkapan cuci, pemakaian air, serta listrik.

Belum lagi tenaga yang perlu Anda keluarkan. Ini tentunya membuat Anda hemat beberapa persen. Dan hasilnya juga lebih bersih.

Waktu Terbaik Untuk Mencuci Kendaraan

Cuci mobil yang teraman ini memperhatikan waktu. Waktu pencucian bisa mempengaruhi pada keawetan komponen kendaraan. Karena, perubahan air di tiap waktu bisa membuat komponen kendaraan ikut berubah.

Salah satu permasalahan yang muncul ialah timbulnya jamur pada body kendaraan. Kemunculan jamur ini tentu saja membuat tampilan kendaraan menjadi kurang menarik. Dan ini tentu saja perlu dihindari.

Kemunculan jamur ini dipengaruhi oleh airnya. Air sebenarnya mengandung mineral yang tinggi. Dan ini bisa memicu pertumbuhan jamur ketika terkena sinar matahari secara langsung. Untuk itulah, Anda perlu cerdik dalam memilih waktu pencucian.

Waktu terbaik untuk mencucinya ada di pagi dan sore hari. Kedua waktu ini bisa meminimalkan paparan sinar matahari yang begitu panas. Dengan begitu, jamur pada kendaraan bisa diminimalkan.

Risiko Mencuci Mobil Dengan Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik dalam carwash sebenarnya berguna untuk memudahkan pembersihan area bawah mobil. Meskipun begitu, sistem ini nyatanya juga berisiko.

Salah satu risikonya ialah kendaraan bisa terjatuh. Risiko ini terjadi akibat adanya kerusakan pada sistem tersebut. Tentunya ini berkaitan dengan umur pemakaian.

Selain itu, human error juga menjadi penyebabnya. Kurang telitinya tenaga cuci ini membuat kendaraan yang tergantung jatuh. Kalau sudah seperti ini, Anda yang akan merasa dirugikan.

Selain masalah tersebut, ada kemungkinan jika kendaraan mengalami kerusakan pada bagian suspensi. Suspensi bermanfaat untuk menjaga kestabilan kendaraan ketika melalui jalanan bergelombang. Lebih tepatnya berfungsi untuk meredam getaran.

Masalah muncul ketika mobil terlalu sering dan lama digantung pada saat pencucian. Ada kemungkinan sistem ini terkunci. Akibatnya, komponen ini melemah sehingga fungsinya dalam meredam getaran kurang maksimal.

Tips Meminimalkan Risiko Pencucian Kendaraan Hidrolik

Risiko di atas tentunya sangat merugikan. Tetapi, Anda masih bisa meminimalkannya. Dan ada dua cara yang bisa Anda terapkan untuk meminimalkannya pada saat cuci mobil di carwash dengan sistem hidrolik.

Pilih Sistem Hidrolik H

Carwash sendiri memiliki dua sistem yang sering dipakai oleh penyedia layanan. Ini ditandai dengan huruf X dan H. Keduanya memberikan penjelasan tentang sistem pengangkatan mobil itu sendiri.

Tipe X ini bekerja dengan mengangkat mobil bagian bawah saja. Tipe ini harusnya dijalankan dengan teliti. Bila tidak cermat, mobil tidak seimbang sehingga mobil akan jatuh.

Berbeda jika tempat cuci ini menggunakan sistem hidrolik tipe H. Tipe ini akan mengangkat mobil dengan menopang rodanya. Hasilnya, kendaraan lebih seimbang sehingga lebih aman.

Lindungi dengan Asuransi

Asuransi ini jelas penting untuk memberikan perlindungan bagi barang berharga. Asuransi bakalan membuat Anda lebih aman dan nyaman. Karena kerusakan kendaraan nantinya bisa dibiayai oleh pihak asuransi.

Misalnya bila kendaraan ini jatuh dari tempat pencucian, kerusakan ini akan ditanggung oleh pihak asuransi. Anda tinggal mengajukan klaim sebagaimana yang disyaratkan.

Cara lain untuk meminimalkannya, Anda bisa mencucinya sendiri. Anda cukup manfaatkan waktu libur Anda. Misalnya di hari minggu.

Isi aktifitas pagi dengan mencuci kendaraan. Toh, pencuciannya tidak terlalu sering. Anda bisa mencucinya seminggu, dua minggu atau satu bulan sekali. Tergantung pada tingkat kekotorannya.

Kesimpulannya, lakukan pencucian pada waktu yang tepat. Kemudian pilih tempat cuci mobil dengan sistem yang aman. Maka, kendaraan akan bersih seperti yang Anda harapkan.

Artikel Terkait