Milenial

Business Class Terbaik untuk Menukar Poin Miles-mu

Ajaib.co.id – Jika kamu memiliki fasilitas miles pada kartu kredit, jelas kamu ingin menikmati fasilitas kelas satu ke tempat yang romantis seperti Paris.

Bayangkan penerbangan business class seats alias kelas bisnis dengan ruang gerak yang lebih nyaman, tempat duduk yang bisa direbahkan sampai pol (flat beds) tanpa digebuk penumpang di belakang, dan makanan ala Michelin star selama perjalanan ke tempat impian.

Tidak semua penerbangan menawarkan fasilitas yang sama. Penerbangan mana yang harus kamu coba? Berikut rangkuman Redaksi Ajaib yang dilansir dari moneysmart.sg.

Apa Beda Kelas Bisnis dan Ekonomi?

Business class biasanya memiliki fitur yang mewah seperti prioritas boarding, tempat duduk yang luas dan bisa jadi kasur, ruang kaki yang lebih luas, juga tempat penyimpanan yang lebih banyak, jangan lupa makanan (food and drink) yang lebih enak, layar hiburan yang lebih besar dan lebih berkualitas, juga perhatian dari pramugara-pramugari (flight attendant) yang lebih baik.

Tapi di beberapa penerbangan seperti penerbangan murah atau penerbangan domestik, kelas bisnis artinya hanya ruang kaki yang lebih luas.

Biasanya tiket business class harganya dua sampai tiga kali dari harga tiket ekonomi, tergantung dari layanan penerbangannya. Misalnya penerbangan dari Singapura ke Thailand di Singapore Airlines harga tiket ekonomi USD600 sementara business class mencapai USD1000. Dengan menggunakan poin miles kira-kira ssekitar 12.500 poin untuk tiket ekonomi sementara 21.500 untuk kelas bisnis.

Pastikan kamu meneliti lebih dulu sebelum membayar lebih. Ini dia penjelasan beberapa penerbangan yang mungkin bisa kamu coba kelas bisnisnya.

Singapore Airlines

Singapore Airllines yang dikenal dengan kode SQ menempati juara 2 penerbangan terbaik ala Skytrax, menawarkan ruang duduk yang lebar. Pesawat tipe A350 dan B777 lebar kursinya sekitar 75cm. Sementara pesawat jenis A380 kursinya lebih sempit tapi memberi kenyamanan yang lebih.

Kursi yang ditawarkan SQ tidak bisa kamu rebahkan sampai rata sendiri, kamu harus meminta bantuan kru kabin untuk melipat kursi dan mengaturnya sebagai kasur yang agak merepotkan. Jika kamu pergi bersama pasangan, pramugari akan membantu mengatur dua kursi menjadi kasur double.

Kekurangannya adalah kamu harus tidur agak miring dan memanjangkan kaki untuk bisa menjejakkan kaki di tempatnya. Beberapa orang memprotes pengaturan ini apalagi orang yang tidurnya menghadap ke samping.

Layar LCD 15,4 inch agak kecil dibandingkan dengan layar kelas bisnis JAL yang 23 inch. Tampilannya dilapisi dengan lapisan privasi jadi bisa mencegah orang lain tahu apa yang kamu tonton. Misalnya tampilan sudah elegan, tontonannya Telletubies, sah-sah saja.

Sebagai kompensasi layar yang agak kecil, kelas bisnis SQ menawarkan makanan yang fantastis. Menu yang ditawarkan dibuat oleh chef restoran kelas Michelin star. Bahkan tersedia pilihan makanan utama 24 jam sebelum keberangkatan.

Jika kamu terbang dari bandara Changi, kamu bisa menggunakan SilverKris lounge di terminal 3. Kamu bebas menikmati buffet sampai kenyang. Inilah salah satu penerbangan kelas bisnis terbaik untuk perjalanan menyenangkan. Bahkan ada ruang kerja dan kamar mandi, loh.

Emirates

Kabin kelas bisnis Emirates sangat nyaman dilapisi dengan veneer kayu walnut yang berkelas dilengkapi dengan panel langit-langit yang menyesuaikan waktu lokal. Di pesawat tipe A380 kamu bisa menikmati minuman di lounge. Bar di lounge tersebut menyediakan berbagai minuman selama perjalanan.

Kursinya sangat lega dan ruang penyimpanan yang cukup banyak. Ada meja samping yang bisa digunakan untuk bekerja dan minibar pribadi yang diisi dengan minuman ringan. Untuk pesawat tipe B777 kamu bisa merebahkan kursi jadi kasur sementara di kursi pesawat A380 bisa menjadi kursi malas untuk tidur, ada duvet yang empuk untuk menemanimu beristirahat.

Alat mandi pun tersedia lengkap termasuk pelembap Bvlgari dan aftershave. Salah satu sistem terbaik di Emirates adalah ICE (Information, Communication, Entertainment) yang menawarkan berbagai hiburan baru dan klasik.

Layanan di udara baik, begitu pula layanan di darat, mereka menyedikan sopir untuk pindah ke lounge Emirates di bandara Dubai yang menyediakan berbagai makanan dan sampanye. Ada tempat mandi dan spa juga, lho.

Qatar

Tata letak dan kursi kelas bisnis Qatar merupakan salah satu yang termewah di semua penerbangan. Bisa dibilang pengalaman kelas bisnis Qatar setara dengan penerbangan kelas satu.

Qsuites terdapat pintu geser yang membuatmu seperti dalam kepompong. Privasimu aman di sini. Jika kamu terbang bersama pasangan atau dalam grup, panel layar televisi bisa dipindahkan dan diubah menjadi ruang untuk dua sampai empat orang.

Tidak hanya kursinya bisa direbahkan jadi kasur, mereka menawarkan piyama dan 3 bantal selama penerbangan. Kalau kamu tidak mau tidur, kamu bisa memesan berbagai cemilan mewah sambil menonton TV.

Alat mandinya begitu mewah berisi 100% perawatan kulit alami seperti ekstrak zaitun dan pelembap ternama yang disimpan dalam tas merk Itali, BRIC’S.

ANA

ANA menawarkan kelas bisnis suite yang baru diluncurkan pertengahan 2019 lalu. Kemewahan dan prestise yang ditawarkan tingkat tinggi bahkan tempat duduknya disebut ‘The Room’ yang didesain oleh arsitek Jepang terkenal, Kengo Kuma.

Kamu bisa menikmati fasilitas ini di pesawat jenis B777 dan jauh lebih baik dari kursi kelas satu dari penerbangan yang sama. Mirip seperti Qatar, ANA menawarkan kursi kelas bisnis yang elegan dengan pintu privasi sehingga pantas disebut ruangan. Dengan layar 33 inch dan 4K, kamu bisa menggunakan ponselmu sebagai remote control.

Tempat duduknya cukup luas dan bisa menjadi kasur yang cukup besar untuk satu orang. Jika tubuhmu mungil, kamu bahkan bisa berguling-guling di dalamnya. Tersedia kaca dan di belakangnya ada ruang penyimpanan dan berbagai colokan untuk gawaimu.

Untuk makanan kamu bisa menikmati Ippudo Ramen, okonomiyaki, dan tonkatsu kapan pun kamu mau.

Turkish Airlines

Dengan tiket kelas bisnis, kamu bisa menikmati business lounge di bandara baru Istanbul yang merupakan bandara terbesar di dunia. Dari desain tempat, makanan, sampai kamar mandinya mewah. Sangat sempurna untuk memulai perjalananmu.

Lounge tersebut ada tangga melingkar menuju lantai dua yang menyediakan tempat duduk dan sudut untuk rebahan. Tersedia juga iMacs, dapur yang selalu menyediakan makanan segar, dan banyak hiburan lainnya.

Sebenarnya penerbangan kelas bisnisnya standar-standar saja kalau dibandingkan lounge-nya. Kursinya cukup nyaman dan bisa dibuat rata, ada ventilasi udara untuk mengatur suhu dan alat mandi keluaran Versace. Untuk makanan, kamu bisa menikmati masakan chef yang ikut dalam penerbangan. Apalagi kamu bisa menikmati hidangan penutup Turki yang menarik.

Japan Airlines (JAL)

JAL menawarkan ruang privasi dengan partisi yang bisa ditarik sehingga bisa kamu turunkan jika mau berbicara denga orang di sebelahmu. Layanan ini bernama Sky suites. Kamu bisa menikmati kenyamanan kasur yang rata, matras udara, dan bantal yang bisa menahan beratmu. Dilengkapi dengan layar 23 inch yang termasuk besar dalam penerbangan kelas bisnis.

Kamu bisa menikmati fine dining selama penerbangan yang dibuat oleh koki restoran kelas dunia mulai dari hidangan Jepang sampai Barat. Di penerbangan ini kamu bisa menikmati toilet Jepang yang tersohor dengan cleansing jets.

Menarik, bukan? Bagi kamu pengguna kartu kredit, coba cek apakah miles yang kamu punya memuat layanan penerbangan di atas?

Artikel Terkait