Milenial

Jenis Investasi Untuk Kemajuan Karir Jika WFH Berlanjut

jenis investasi untuk produktivitas WFH

Ajaib.co.id – Harap bersabar bagi kalian yang sudah bosan kerja dari rumah alias work from home. Perubahan dari tempat tinggal jadi tempat kerja membuat jenis investasimu juga berubah, tapi ternyata banyak Profesional Milenial yang malah mensyukuri revolusi sistem kerja jarak jauh ini. Bagaimana dengan kamu?

Facebook, Twitter dan Shopify adalah 3 dari deretan perusahaan multinasional yang sudah mengkonfirmasikan WFH permanen pascapandemi, karena dianggap mendongkrak produktivitas dan memangkas inefisiensi. Tapi tentunya sistem baru ini perlu didukung jenis investasi yang tepat, demi mengoptimalkanproduktivitas kerja kamu. Ingin tahu apa sajakah itu? Artikel Ajaib ini akan membantumu mencermatinya.

Jenis Investasi WFH Berbeda Dari WFOffice

WFH tampaknya tetap akan menjadi pilihan banyak perusahaan meskipun New Normal akan segera diterapkan oleh Pemerintah pada 2020 ini. Hal itu dikarenakan ribetnya protokol kesehatan yang harus diterapkan perusahaan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan seperti phisycal distancing dan penerapan sistem kerja shift dirasa kalah efisien dari WFH.

Keleluasaan membagi waktu dengan pekerjaan sampingan dan pekerjaan rumah pun menjadi alasan banyak pekerja betah melakukan WFH. Studi global pada 6-12 Maret 2020 yang dilakukan Forrester Cosulting dalam mewakili Lenovo yang berjudul Workplace Transformation, mengungkap bahwa:

  • 77% dari karyawan merasa bahwa perusahaan akan menjadi lebih terbuka dan mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah pasca pandemi nanti.
  • 87% karyawan merasa siap untuk beralih ke sistem WFH jika diperlukan.

Perubahan besar ini otomatis juga akan merubah kebijakan kamu sebagai pekerja dalam menentukan jenis investasi untuk mendukung produktivitas kerjamu dan peluang karir di masa mendatang. Tak ada laginya kemacetan lalu-lintas yang harus kamu tempuh saat pulang-pergi ke kantor di era lalu, otomatis membebaskan kamu dari dorongan untuk berinvestasi pada alat transportasi berikut maintenance-nya.

Kalau dulu investasimu tersebar pada penampilan dan perawatan diri, kini fokuskan pada investasi kenyamanan tempat tinggal. Penerapan WFH secara permanen akan memicu keinginan kamu sebagai pekerja untuk menciptakan suasana yang nyaman dan inspiratif bagi proses kinerjamu di rumah. Apa sajakah itu?

Sebelum menentukan deretan investasi pendukung produktivitas WFH untuk memenuhi kebutuhan itu, kamu perlu mengidentifikasi karakteristik kinerja WFH, dan apa saja berbagai aspek dari kebutuhanmu untuk bisa menjalankannya dengan optimal.

Karakteristik Kinerja WFH

Lenovo memberikan tips untuk menjadikan bekerja jarak jauh nyaman dan produktif, yaitu:

  • Ruang kerja fleksibel.

Saat pengaturan ruang kerja di kantor modern saat ini saja sudah fleksibel mulai dari meja tanpa kubikal, lalu pindah ke sofa, patio, pantry bahkan office garden, apalagi saat WFH kan? Namun, kamu juga perlu mempertimbangkan kehadiran anggota keluargamu yang lain, berikut kebutuhan mereka masing-masing.

  • Manajemen jam kerja dan jam istirahat fleksibel.

Efektifitas speed kerja dan jeda istirahat tidak lagi mengacu pada etika kesopanan terhadap atasan ataupun rekan kerja, melainkan jadwal meeting daring dan target penyelesaian tugas kerja sesuai deadline.

  • Optimalisasi intensitas kinerja via daring.

Briefing, diskusi, asistensi, reportase, dan meeting dioptimalkan secara daring menggunakan teknologi digital dan jaringan internet yang handal.

  • Pengelolaan data digital yang tersentralisasi

Seluruh data digital yang paperless disimpan dengan sistem storage terpusat menggunakan cloud, yang memudahkan pengaksesan dari manapun kapanpun oleh semua karyawan terkait.


Jenis Investasi Bagi Kelancaran Kinerja WFH

Seperti dilansir oleh Faunda Liswijayanti dari femina.co.id, agar bisa tetap bekerja secara nyaman dan produktif dalam sistem WFH, ada berbagai jenis investasi yang perlu dipersiapkan, termasuk investasi gadget untuk WFH.

Jenis investasi untuk fasilitas kerja meliputi:

  • Meja dan tempat duduk portable

Pilih yang nyaman sesuai anatomi tubuh dan gaya bekerja favorit kamu. Berinvestasilah pada meja laptop lipat bahkan karpet dan bantal duduk nyaman yang gampang kamu pindah-pindahkan, jika kamu lebih senang bekerja sambil lesehan.

  • Pengatur suhu yang handy

Jika sistem AC sentral terasa terlalu boros, berinvestasilah pada portable air conditioner yang gampang kamu giring ke ruang manapun kamu mau.

  • Pengatur cahaya yang fleksibel

Horizontal atau vertical blind yang menggantikan tirai di jendela akan lebih memudahkan kamu menstabilkan cahaya dalam area kerjamu saat cuaca di luar ekstrim berubah-ubah terang-gelap.

  • Anti polusi suara

Wireless Stereo Headphone Bluetooth Extrabass adalah salah satu jenis investasi terpenting bagi kesuksesan kinerja WFH kamu, agar komunikasi dan konsentrasi kerja kamu teroptimalisasi, dan tidak terganggu noise dari aktivitas lain di sekitarmu.

  • Gadget ringan multifungsi

Jenis investasi terbesar sebaiknya kamu fokuskan bagi laptop airweight berkapasitas tinggi dan berdiameter besar, yang dilengkapi rangkaian software komplit sesuai bidang kerjamu termasuk aplikasi auto schedule, aplikasi video call yang kompatibel dengan aplikasi video call kantor, fasilitas webcam, serta F/C laser printer dan paper shrader bila perlu.

Microsoft Teams, Skype, Zoom dan virtual video apps lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga keakraban kamu dengan boss dan rekan sekantor dalam konteks aktivitas sosial seperti makan siang, yoga bareng, atau sekadar ngobrol ringan, yang menjadi penyegar suasana bekerja.

  • Back up data

Keamanan dan daya tampung penyimpanan back up data perlu kamu siapkan dengan berinvestasi pada wireless external hardisk berkualitas berkapasitas 1 TB.

Jenis Investasi Demi Inspirasi WFH

Inspirasi bagi ide-ide kerjamu biasanya dipicu oleh keindahan lingkungan kerjamu. Agar WFH-mu produktif, atur tata letak dan warna furnitur di sekitarmu agar sesuai dengan kesukaanmu, lengkapi dengan aromatherapy kecintaanmu, dan siapkan kumpulan discography pribadimu dari semua genre musik yang bisa menstimulasi mood kerjamu.

Kuncinya adalah sebuah jendela berpemandangan indah akan memberimu berjuta inspirasi. Jika nggak ada, pasang poster bergambar jendela berpemandangan indah, atau apapun yang menggugah imajinasimu, karena itulah modal terbesar untuk karirmu!

Happy WFH ya, manfaatkan revolusi besar ini bagi optimalisasi perkembangan karirmu. Nah, jangan lupa optimalisasi juga pengembangan kinerja investasimu dengan platform investasi yang berintegritas seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam 1 aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.

Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor Milenial karena terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK juga IDX, serta mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintechnew Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.

Artikel Terkait