Bisnis & Kerja Sampingan

8 Ide Kerja Sampingan Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Sumber: imagup.com

Ajaib.co.id – Sebagai mahasiswa, kamu mungkin pernah berada dalam situasi di mana kamu memerlukan uang lebih untuk berbagai hal. Misalnya untuk membayar uang kepanitiaan, membeli keperluan kuliah, atau untuk bersenang-senang seperti hangout bersama teman atau pergi ke konser artis idola. Mungkin kamu tidak mau untuk menggunakan uang saku yang diberikan orang tua sehingga sebuah ide muncul di kepalamu: kerja sampingan demi penghasilan tambahan di luar uang bulanan. 

Mendapatkan uang atau penghasilan tambahan sebagai mahasiswa terdengar seperti hal yang sulit. Namun sebenarnya ada banyak cara untuk medatkan penghasilan tambahan yang bisa kamu coba. Dalam artikel ini, redaksi Ajaib akan memberikan beberapa ide kerja sampingan untuk mahasiswa yang bisa memberikan penghasilan tambahan. Bahkan tidak hanya penghasilan tambahan, namun kamu juga akan mendapat pengalaman dan skill yang juga berharga untuk masa depanmu. Yuk, simak selengkapnya di sini.

Bekerja Part-Time di Kafe

Dengan semakin banyaknya kafe atau tempat nongkrong yang bermunculan, pasti juga ada kesempatan untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan sampingan. Biasanya lowongan yang buka adalah untuk posisi barista atau pelayan. Untuk memudahkanmu, cobalah untuk mulai mencari kafe atau tempat nongkrong yang berada di sekitar kampusmu. Dengan begitu, kamu bisa lebih fleksibel karena tidak perlu menempuh jarak yang jauh dari kampus. 

Graphic Designer

Sekarang ini, seorang graphic designer sedang banyak sekali dicari oleh perusahaan. Jika kamu adalah seorang yang memiliki kemampuan atau skill dalam bidang desain, graphic designer bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang. Kamu bisa iseng-iseng mencari lowongan di berbagai platform media sosial.

Biasanya, untuk posisi graphic designer, perusahaan sering membuka lowongan magang untuk mahasiswa yang tentunya akan dibayar. Dengan begitu, tidak hanya pendapatan tambahan yang kamu terima, namun kamu bisa sekaligus mempercantik CV dengan pengalaman magang seperti ini dan juga menambah portofolio desain. Menarik, bukan?

Fotografer atau Videografer

Sama seperti graphic designer, kerja sampingan seperti ini membutuhkan skill khusus dan juga mungkin mengharuskanmu untuk memiliki peralatan tambahan yang mumpuni. Karena kemungkinan juga akan memakan waktu yang banyak, redaksi Ajaib lebih menyarankan jenis kerja sampingan ini untuk para mahasiswa yang memiliki waktu luang seperti pada saat liburan panjang atau misalnya mahasiswa tingkat akhir yang waktunya lebih fleksibel.

Jangan lupa, menjadi fotografer atau videografer untuk mendapatkan uang tambahan juga memberi keuntungan lain untukmu, lho. Dengan pengalaman ini, kamu bisa mengasah skill-mu lebih jauh lagi dalam menggunakan kamera atau dalam menggunakan program editing. Tidak hanya itu, setiap karya yang kamu hasilkan juga akan menjadi portofolio kamu sebagai fotografer atau videografer. Dengan demikian, setiap kali kamu ingin melamar pekerjaan di bidang ini, portofolio yang sudah kamu bangun sejak mahasiswa tentu akan membantumu menunjukkan bakat yang kamu punya. 

Tutor

Sebagai mahasiswa, kerja sampingan sebagai tutor atau pengajar atau guru les mungkin tidak terdengar asing. Seringkali setelah lulus SMA dan memasuki perkuliahan, mahasiswa dipanggil kembali atau ditawarkan oleh lembaga bimbingan belajar untuk menjadi tutor dalam pengajaran ujian masuk perguruan tinggi. Hal ini tentu cocok untuk menjadi sumber penghasilan tambahan karena biasanya jam kerja bisa diatur dan disepakati.

Namun, yang harus diperhatikan sebelum mencari peluang ini adalah kemampuanmu dalam penguasaan materi atau pelajaran. Menjadi seorang tutor berarti kamu harus bisa mengajar dan membimbing murid. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mampu dalam bidang yang diberikan, ya!

Make-up Artist

Kalau kamu punya minat dan bakat dalam hal tata rias, maka ini adalah pekerjaan yang tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Dengan modal skill dan peralatan make-up yang cukup, kamu bisa membuka jasa make-up artist. Untuk level mahasiswa, kamu bisa memulai bisnis ini dengan menawarkan jasa make-up artist kepada teman-temanmu atau misalnya, kepada orang-orang yang akan mengikuti wisuda. 

Penulis Lepas

Dengan banyaknya lowongan posisi copywriter atau content writer, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bermodalkan laptop dan internet (dan tentunya skill menulis), kamu bisa menjadi penulis lepas yang pekerjaannya adalah menulis artikel. Pekerjaan seperti ini tidak akan memakan banyak waktu ataupun tenaga sehingga sangat cocok untuk mahasiswa. Adapun kamu bisa mencari lowongan pekerjaan copywriter atau content writer melalui sosial media, misalnya di Instagram lewat akun magang.id.

Penerjemah

Kalau kamu adalah mahasiswa dari jurusan sastra, mungkin pekerjaan ini memiliki peluang yang lebih besar untuk kamu dapatkan. Secara umum, sebagai mahasiswa, kamu pasti sudah terbiasa untuk membaca buku atau bahan bacaan berupa artikel jurnal yang berbahasa Inggris. Dengan begitu, kamu sudah “mampu” untuk menerjemahkan isi tulisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

Kalau kamu merasa cukup berkemampuan untuk mencoba membuka jasa penerjemah, pekerjaan ini bisa menghasilkan uang atau penghasilan tambahan yang tidak sedikit, lho. Kamu bisa mulai dengan menanyakan teman, dosen, jaringan alumni, atau keluarga yang sedang membutuhkan jasa penerjemah. Mulailah dengan fee yang tidak begitu tinggi agar bisa menarik mereka yang butuh jasa ini.

Bisnis Online 

Jika kamu berminat untuk membuka sebuah bisnis kecil-kecilan di masa perkuliahan, kamu bisa mencoba untuk membuka bisnis/toko secara online. Misalnya, mungkin saja kamu punya hobi untuk masak atau membuat kue, kamu bisa menjual masakan atau kue-mu melalui sosial media seperti Instagram. Tidak hanya mendapat penghasilan tambahan, namun kamu juga bisa mengasah skill marketing-mu melalui pengelolaan toko online ini. 

Demikian beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Besar harapan kami artikel ini bisa bermanfaat bagi para mahasiswa atau siapapun yang membutuhkan ide untuk penghasilan tambahan. Pesan singkat dari redaksi Ajaib adalah walaupun mahasiswa bisa mencari uang, namun jangan lupa kalau tugas utamamu adalah belajar, ya!

Artikel Terkait