Rumah Tangga Masa Kini

Alasan Orang Lebih Suka Menghabiskan Uang secara Online

Menghabiskan Uang Secara Online

Ajaib.co.id – Perilaku yang kamu tunjukkan saat ini akan mempengaruhi kondisi finansialmu di masa depan. Masih banyak orang yang belum paham akan pentingnya menabung dan berinvestasi ketika di usia muda.

Apalagi di era digital ini semakin mudah bagi siapapun untuk mencari informasi ataupun membeli sesuatu yang diinginkan tanpa harus keluar rumah. Hal itu didukung dengan semakin menjamurnya e-commerce maupun marketplace yang memudahkan untuk berbelanja hanya berbekal smartphone.

Itulah mengapa, khususnya anak muda di zaman milenial ini lebih suka menghabiskan uang secara online ketimbang membelinya secara langsung di toko.

Tak hanya itu, kemajuan teknologi juga membuat orang asik dengan dunianya sendiri melalui game-game yang dihadirkan di Android dan juga IOS. Seseorang yang kecanduan game, seperti mobile legend atau PUBG bisa membuat pemainnya menghabiskan uang mereka untuk membeli beberapa item.

Sikap boros tersebut tentunya akan menjadi masalah di kemudian hari, dan tak sedikit orang yang jatuh miskin di hari tuanya. Jika tidak memiliki persiapan investasi, dana pensiun, dan juga tabungan, apa yang mau diandalkan ketika masa pensiun nanti? Tentunya kamu harus mencari tambahan lain untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Daripada kamu menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, lebih baik kamu simpan atau sebagian dihabiskan untuk berinvestasi dan mempersiapkan dana pensiun.

Nah, sekarang pertanyaannya, mengapa orang lebih suka menghabiskan uang secara online? Untuk mengetahui jawabannya, baca terus ulasannya di bawah ini.

Alasan Orang Berbelanja atau Menghabiskan Uang di Situs Online

Menjamurnya marketplace di Indonesia semakin menarik minat masyarakat untuk berbelanja lewat internet. Dari sisi finansial berbelanja online dianggap lebih menguntungkan sehingga membuat orang lebih tertarik untuk menghabiskan uang secara online.

Selain itu masih ada beberapa alasan lain yang membuat seseorang cenderung menghabiskan uangnya di situs online.

1.    Tidak Menyita Waktu Banyak

Saat ini mungkin mal hanya sebagai tempat untuk kebutuhan makan, nonton, ataupun bertemu orang lain dibandingkan berbelanja. Perhatikan saja jika berkunjung ke mal, pasti yang dipenuhi oleh orang-orang adalah tenant-tenant tempat makan dan bioskop.

Namun, hal lain yang sering dikeluhkan orang malas berbelanja di mal atau toko adalah kemacetan yang dapat menyita banyak waktu, terlebih jika harus berpindah tempat.

Sementara jika berbelanja online tidak perlu repot-repot untuk mendatangi toko atau pusat perbelanjaan. Hanya berbekal smartphone dan juga akses ke internet, kamu sudah bisa memilih berbagai macam barang di situs jual beli online.

2.    Banyak Promo Belanja Menarik

Situs-situs belanja online sangat rajin menawarkan promo-promo belanja yang semakin membuat orang menggandrungi melakukan transaksi lewat internet. Jenis promo yang ditawarkan mulai dari poin belanja yang ditukarkan dengan voucher, ragam permainan berhadiah voucher hingga diskon pembayaran tagihan, seperti listrik, telepon, PDAM, dan lainnya.

3.    Merasa Hidup Lebih Baik

Menurut sisi psikologisnya, kegiatan berbelanja jadi cara seseorang untuk memperlihatkan bahwa kehidupan mereka yang sekarang jauh lebih baik.

Dengan memiliki pakaian yang trendi, barang-barang branded, bisa berlibur ke luar negeri lantas membuat mereka berpikir bisa memiliki kehidupan yang lebih baik. Visualisasi tersebut baru bisa jadi kenyataan apabila mereka mampu berbelanja dengan jumlah tertentu.

4.    Status Sosial

Sementara dari sisi sosial, menghabiskan uang secara online dianggap keren. Bisa beli tas bermerek, smartphone terkini, dan lainnya dianggap sebagai simbol dari status sosial seseorang.

Apabila seseorang sudah terjerumus dalam status tersebut, tentu akan lebih membelanjakan uangnya. Faktor inilah yang membuat kebanyakan orang cenderung menghabiskan banyak uang daripada yang bisa dihasilkan.

Berbeda halnya jika kamu mampu menahan diri dari godaan belanja online dan menghemat uang yang dimiliki dengan cara ditabungkan atau berinvestasi.

Sudah pasti kamu akan memperoleh lebih banyak uang di masa depan. Maka dari itu, mulailah untuk mengivestasikan uangmu saat ini dengan modal yang minim, mulai dari Rp100.000.

Ajaib adalah salah satu instrumen investasi online yang bisa membantu mewujudkan apapun impian finansial kamu di masa depan. Selain itu, imbal hasil yang bisa didapatkan saat berinvestasi di Ajaib sangat kompetitif.

Bagi yang ingin investasi dengan risiko tidak terlalu tinggi, bisa memilih reksa dana yang aman. Sedangkan bagi kamu yang berani dan suka dengan tantangan, investasi saham akan sangat menguntungkan tapi kamu harus siap dengan risikonya yang tinggi.

5.    Fasilitas Kredit dan Cicilan 0%

Adanya fasilitas kredit yang diberikan situs-situs belanja online memungkinkan kamu berbelanja dengan nominal yang cukup besar. Salah satunya bisa dengan menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran, sehingga tidak perlu uang tunai untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Bagi yang tidak punya kartu kredit juga diberikan fasilitas pembayaran dengan cara dicicil. Caranya bisa menggunakan Kredivo atau Home Credit, apalagi bunga dan tenornya mirip dengan kartu kredit semakin menggugah minat untuk belanja.

6.    Tidak Tahu dengan Pasti Aliran Uang yang Keluar

Kenyamanan yang diberikan dalam berbelanja lewat internet membuat orang akan banyak menghabiskan uang secara online, sehingga tidak tahu pasti berapa uang yang sudah keluar. Ketidaktahuan ini akan semakin membelanjakan lebih banyak barang dengan uang yang ada di rekening mereka.

Solusi untuk mengatasinya adalah membuat anggaran bulanan. Catat berapa penghasilan per bulan, lalu ketahui berapa banyak uang yang sudah dikeluarkan untuk pengeluaran tetap dan rutin setiap bulan.

Selanjutnya gunakan sebagian penghasilanmu untuk ditabung dan diinvestasikan setiap bulannya. Jika memang ada sisa, barulah kamu pakai untuk keperluan sehari-hari dan hiburan.

Artikel Terkait