Perencanaan Keuangan

5 Cara Memanfaatkan Gopay dan OVO sebagai Tabungan Digital

gopay dan ovo

Ajaib.co.id – Persaingan antaran Gopay dan OVO di Indonesia sedang menjadi pembicaraan di dunia bisnis internasional maupun nasional. Dua kompetitor ini saling menawarkan produknya dengan promo-promo tanpa batas yang ditawarkan dari minggu ke minggu.

Banyak pengguna yang menggunakan layanan ini karena dua-duanya memiliki aplikasi sebagai daya tarik utamanya. Gopay lahir dari aplikasi Gojek yang kian naik daun dan memiliki puluhan juta pengguna yang ada di Indonesia. Sedangkan OVO, berawal dari pembayaran non-tunai yang dimiliki oleh Lippo Group, Grab, dan Tokopedia.

Berbagai macam transaksi dapat dilakukan dalam satu aplikasi tersebut dengan kemitraan yang dilakukan oleh kedua perusahaan untuk menjaring lebih banyak orang agar menggunakan layanannya dalam transaksi finansial.

Kamu tidak perlu memihak di salah satu aplikasi saja, manfaatkan kedua aplikasi ini sebagai tabungan digital yang dapat menguntungkanmu untuk urusan finansial dan tabungan digital. Selain mudah dilakukan, kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari kedua aplikasi tersebut.

Lalu, bagaimana caranya untuk memanfaatkan Gopay dan OVO sebagai tabungan digital yang memudahkanmu? Berikut adalah lima caranya.

1. Tabungan Tanpa Biaya Admin

Memiliki tabungan digital berarti memiliki uang yang dapat disimpan secara aman dan bebas dari berkas-berkas yang ada di lemari atau tempat penyimpanan dokumen. Cukup dalam genggaman, kamu dapat menikmati kemudahan menyimpan uang di sana.

Di Gopay dan OVO, kamu dapat mengisi saldo tanpa biaya admin. Ini adalah fitur yang belum ada di bank manapun, kebanyakan bank akan mengenakan biaya administrasi setiap bulannya untuk layanan yang mereka berikan.

Sedangkan dengan kedua aplikasi ini, kamu bisa menabung tanpa biaya administrasi setiap bulan. Dengan kemudahan untuk mengisi saldonya, kedua aplikasi ini juga menjadi tempat yang aman untuk menyimpan uang dalam jangka panjang,

Yang penting, jangan berikan kode pin atau informasi pribadi apapun ke siapapun yang menanyakannya. Karena informasi pribadi dan kode pin bersifat personal, dan hanya kamu saja yang boleh tahu.

Dengan Gopay dan OVO, kamu dapat menarik uang secara tunai dengan cara mentransfernya ke rekening atau belanja dengan saldo yang ada di sana.

2. Pembelian Kebutuhan

Saat memiliki tabungan digital, kamu mungkin berpikir jika uang kamu tidak akan fleksibel dan tidak dapat digunakan untuk menggunakan pembelian kebutuhan bulanan dan lainnya. Tapi, jangan salah.

Pembayaran untuk belanja bulanan kamu akan lebih mudah jika menggunakan kedua aplikasi ini sebagai metode pembayaran di minimarket atau pusat perbelanjaan. Apalagi, dengan penawaran cashback dan diskon yang diberikan oleh masing-masing aplikasi, kamu akan lebih diuntungkan jika menggunakan layanan ini.

Manfaatkan promo atau diskon tersebut untuk lebih berhemat dan menyimpan lebih banyak uang di tabunganmu. Ini adalah cara yang baik untuk mencapai kebebasan finansial yang kamu idamkan.

3. Menabung Emas

Di masa pandemi seperti ini, kamu akan berpikir untuk lebih baik menabung emas sesegera mungkin jika sewaktu-waktu keadaan finansialmu semakin menurun. Di kedua aplikasi ini, mereka menyediakan layanan untuk membeli dan menabung emas secara digital.

Dalam aplikasi GoJek, mereka menyediakan GoInvestasi sebagai cara untukmu agar dapat menabung emas dengan memulainya hanya dengan puluhan ribu rupiah saja. Dengan keamanan yang terjamin, menabung emas secara digital menjauhkanmu dari curian atau kelalaian saat menyimpan barang.

Untuk OVO, kamu dapat memilih Tokopedia Emas sebagai salah satu cara untuk menabung emas dengan pembayaran OVO. Di sini, kamu dapat memulai menabung emas dengan hanya Rp5.000 saja untuk dapat memiliki emas.

Tentunya, ini adalah salah satu cara untuk menabung emas secara digital karena terbukti lebih aman dan terhindar dari segala kerusakan atau kehilangan. Wajib dicoba.

4. Membeli Asuransi

Asuransi adalah salah satu hal penting yang harus kamu miliki jika kamu peduli akan kesehatan dan keadaanmu saat ini. Dan kamu tidak perlu keliling untuk mencari asuransi yang tepat untuk kamu.

Cukup dengan membuka masing-masing aplikasi (sesuai pilihanmu) dan pilihlah asuransi yang dapat dibeli dengan mudah, dan kamu tidak perlu ribet jika ingin klaim karena prosedur klaim yang mudah dan terjamin.

5. Investasi di Aplikasi

Menabung berarti menyiapkan masa yang akan datang. Dan kamu tidak ingin tabungan kamu memiliki nominal yang sama dalam sepuluh tahun mendatang. Jika kamu menginginkan saldomu berkembang, maka kamu patut mencoba untuk berinvestasi,

Dengan memanfaatkan Gopay atau OVO, kamu dapat berinvestasi sesuai dengan kebutuhanmu. Dan memulainya dengan ratusan ribu rupiah. Kamu bisa berinvestasi reksa dana dan menemukan keuntungan yang dapat kamu raih dalam jangka tahun sesuai dengan pilihanmu.

Berinvestasi melalui aplikasi memang menjadi salah satu cara yang mudah untuk mengembangkan nominal tabunganmu. Dan salah satu aplikasi investasi terbaik saat ini adalah Ajaib.

Di Ajaib, kamu dapat memilih investasi sesuai dengan pilihanmu, terdapat investasi reksa dana dan saham. Jika ini pertama kalinya kamu untuk berinvestasi, tenang saja, karena ada pakar investasi yang akan merekomendasikan investasi sesuai dengan kebutuhanmu di dalam aplikasi Ajaib.

Ajaib telah disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, jadi investasimu menjadi lebih aman dan kamu berinvestasi dengan lebih nyaman. Hanya dengan Rp10.000, kamu dapat mulai berinvestasi sesuai dengan jangka waktu yang kamu mau.

Kamu dapat mengunduh aplikasi Ajaib di Play Store untuk smartphone Andorid dan App Store untuk smartphone iOS. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai menabung dan berinvestasi.

Artikel Terkait