Bisnis & Kerja Sampingan

Intip 4 Kisah Pengusaha Sukses Indonesia pada Bisnis Startup

kisah pengusaha sukses

Ajaib.co.id – Mempelajari kisah pengusaha sukses asal Indonesia bisa menjadi acuan bagi yang tengah membangun sebuah bisnis. Siapa saja dan bagaimana mereka meraih kesuksesannya? Untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan berikut ini.

Beberapa tahun belakangan, bisnis startup di Indonesia tengah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya perusahaan-perusahaan yang menawarkan produk barang dan jasa yang berbasis digital. Mulai dari tempat jual-beli pakaian, tiket pesawat, tiket kereta api, hotel, jasa angkutan transportasi dan masih banyak lainnya secara online.

Namun, hanya ada beberapa perusahaan saja yang sukses bersaing dalam menjalankan bisnis startup. Bagi kamu yang tertarik untuk berbisnis startup atau jenis bisnis lainnya, kamu bisa belajar dari perusahaan-perusahaan tersebut. Beberapa kisah pengusaha sukses yang bisa menjadi inspirasi kamu dalam berbisnis, bisa dijadikan pelajaran untuk menghadapi tantangan ketika menjadi seorang pengusaha.

Tentunya dibutuhkan usaha, ketekunan, fokus, serta mental yang kuat dalam membangun sebuah bisnis. Berikut ini beberapa kisah pengusaha sukses asal Indonesia yang berhasil membangun dan menjalankan bisnis mereka hingga sekarang.

Nadiem Makarim, Pendiri Gojek

Nama Nadiem Makarim saat ini tidak hanya dikenal sebagai pendiri Gojek saja, namun beliau kini mendapatkan kesempatan menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Mendikbud yang diangkat secara resmi oleh Presiden Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju. Sebelum menjadi Mendikbud, nama Nadiem dikenal sebagai pengusaha sukses.

Lewat perusahaan transportasi dan layanan jasa berbasis online di Indonesia, Nadiem sukses membangun perusahaan yang memberikan lapangan pekerjaan dalam jumlah besar. Yang mana, Gojek memberikan kesempatan bagi siapapun untuk menjadi mitranya sebagai driver alat transportasi berbasis online.

Nadiem merupakan lulusan Harvard Business School dan Brown University di Amerika Serikat. Beliau, memulai karirnya di perusahaan konsultan McKinsey & Company. Lalu, lanjut sebagai Managing Editor di Zalora Indonesia dan pernah menjabat sebagai Chief Innovation Officer di Kartuku.

Pengalaman yang sudah didapat ini kemudian dimanfaatkan oleh Nadiem untuk mendirikan perusahaan sendiri yaitu Gojek pada awal 2015. Keinginan mendirikan perusahaan tersebut lahir karena keresahan beliau terkait permasalahan utama pengendara ojek konvensional. Di mana, untuk mendapatkan penumpang harus menunggu di beberapa tempat yang menjadi pangkalan ojek.

Dengan adanya ide tersebut, beliau ingin membantu para ojek konvensional untuk mendapatkan penumpang lebih banyak. Selain itu, keamanan dan kenyamanan penumpang serta pengendaranya akan lebih terjamin karena adanya aturan dan standar keamanan yang sesuai. Ditambah, layanan Gojek juga semakin banyak seperti jasa pembelian makanan, pengantaran barang secara cepat, dan masih banyak lainnya.

Sampai saat ini produk dari perusahaan Gojek yang Nadiem bangun menjadi salah satu solusi menghadapi kemacetan ibukota.

William Tanuwijaya, Pendiri Tokopedia

Nama Tokopedia sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbaik di Indonesia tidak lepas dari campur tangan William Tanuwijaya sebagai pendiri. Salah satu kisah pengusaha sukses Indonesia yang menjalankan bisnis startup di Indonesia adalah William Tanuwijaya. Kesuksesan yang diraih oleh William merupakan buah dari usaha serta kerja keras yang dilakukannya.

William merantau ke Jakarta bersama Ayah dan pamannya untuk melanjutkan sekolahnya di perguruan tinggi. Beliau mengambil jurusan Teknik Informatika di Universitas Bina Nusantara atau Binus.

Selama menjalankan perkuliahan, William juga melakukan pekerjaan sampingan sebagai penjaga warnet karena di tahun kedua perkuliahannya, sang Ayah jatuh sakit dan membuat ia harus bekerja untuk mendapatkan uang demi bisa kuliah dan bertahan hidup di Jakarta.

Setelah lulus kuliah, William yang memiliki pengetahuan di dunia digital mencoba peruntungan untuk mendirikan perusahaan yang kini telah sukses bersaing yaitu Tokopedia di 2009.

Dengan segala macam usaha, perjuangan, dan banyak diremehkan oleh orang-orang, beliau sukses mendirikan Tokopedia hingga menjadi salah satu startup berstatus Unicorn dengan nilai perusahaan sebesar 1 miliar USD.

Tokopedia juga menjadi perusahaan yang berhasil mendapatkan banyak penghargaan baik dari dalam dan luar negeri. Hal ini mengantarkan William menjadi salah satu pengusaha muda sukses Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan yang ia terima sebagai Young Global Leaders pada 2016.

Achmad Zaky, Pendiri Bukalapak

Kisah pengusaha sukses berikutnya yang mendirikan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia yaitu Bukalapak adalah Achmad Zaky. Bisa dikatakan, Bukalapak merupakan pesaing Tokopedia yang sama-sama menjadi perusahaan e-commerce asal Indonesia. Achmad Zaky merupakan pendiri sekaligus CEO Bukalapak.

Beliau merupakan lulusan Teknik Informatika di Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Setelah lulus dari ITB, Zaky mendirikan perusahaan jasa teknologi dengan nama Suitmedia.

Semasa kuliah, ia juga pernah membuka bisnis kuliner yaitu mie ayam namun harus gulung tikar. Ketika mendirikan Bukalapak, Achmad Zaky memiliki keinginan untuk memajukan bisnis UMKM secara online.

Bermodal pengalaman membuat sistem IT di beberapa perusahaan besar, ia kemudian mendirikan Bukalapak dengan tujuan memberikan manfaat bagi banyak orang. Awal mula Bukalapak berdiri, ia harus turun langsung menawarkan jasa berjualan melalui internet ke beberapa mall. Namun, usahanya ini masih kurang direspon dengan baik.

Keinginannya memajukan UMKM ini juga semakin fokus karena klien pertama Bukalapak adalah pedagang kecil. Hingga pada tahun 2011, Bukalapak sukses bekerjasama hingga 10.000 pedagang yang menjual produknya lewat Bukalapak.

Kesuksesan Bukalapak ini juga mulai dilirik investor hingga menanamkan modalnya ke perusahaan tersebut seperti Batavia Incubator, 500 Startups, IMJ Investment, hingga Elang Mahkota Teknologi Tbk.

Hingga sampai saat ini Bukalapak dianggap ikut memajukan perekonomian pelaku UMKM lewat situs jual beli online.

Ferry Unardi, Pendiri Traveloka

Kisah pengusaha sukses pendiri salah satu perusahaan penyedia tiket online yaitu Traveloka, Ferry Unardi, bisa menjadi pelajaran bagi kamu dalam membangun bisnis. Di usianya ke 30, Ferry berhasil mendirikan Traveloka yang merupakan salah satu idenya di masa kuliah. Pada masa itu mungkin ide startup seperti Traveloka belum ada di Indonesia.

Dengan usaha dan kerja kerasnya, Traveloka hingga kini menjadi salah satu perusahaan yang menyediakan tiket pesawat secara online paling favorit. Hal ini tidak terlepas dari Traveloka yang berhasil mendapatkan pendanaan dari East Ventures di tahun 2012 dan Global Founders Capital di tahun 2013.

Salah satu bisnis yang kini banyak digeluti adalah bisnis startup. Jika kamu tertarik untuk mendirikan perusahaan startup dengan ide yang unik dan kreatif, kamu juga bisa mendirikannya dengan niat dan kerja keras seperti beberapa kisah pengusaha sukses Indonesia. Namun, jangan melupakan modal awal untuk mewujudkan hal tersebut.

Jika kamu hanya memiliki modal yang terbatas, kamu bisa memilih jenis usaha atau bisnis lainnya. Kamu juga bisa menunggu modal kamu terkumpul untuk membuka usaha atau bisnis yang diinginkan. Selagi menunggu, kamu bisa menginvestasikan uang yang kamu miliki untuk modal di beberapa instrumen investasi.

Kamu bisa memilih instrumen investasi yang cocok dan sesuai kebutuhan. Investasi pilihan yang bisa kamu gunakan, salah satunya adalah reksa dana. Apalagi kini investasi reksa dana bisa dilakukan secara online melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi Ajaib.

Ajaib merupakan media investasi online yang bisa membantu kamu berinvestasi khususnya reksa dana. Dengan menggunakan Ajaib, kamu bisa menemukan jenis reksa dana yang sesuai kebutuhan seperti reksa dana syariah, reksa dana pasar uang, dan jenis reksa dana lainnya. Kini, kamu bisa mengatur dan merencanakan keuangan dengan mudah melalui investasi reksa dana di Ajaib.

Yuk, download aplikasi Ajaib di smartphone kamu dan temukan kemudahan dalam berinvestasi sekarang.

Artikel Terkait