Banking, Perencanaan Keuangan

Tips Memilih Lembaga Pinjaman Dana Tunai Jaminan BPKB Motor

Ajaib.co.id – Mengajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB motor sejak dulu sering dilakukan mereka yang membutuhkan dana cepat. Kemudahan dalam mendapatkan uang yang dibutuhkan menjadi alasan utama mengapa pengajuan tersebut dilakukan. Terlebih sekarang cukup banyak lembaga keuangan yang menyediakan layanan ini untuk keperluan masyarakat.

Pengertian pinjaman dana tunai jaminan BPKB

Untuk lebih mengenal tentang pinjaman ini, kamu bisa mengajukannya ke lembaga keuangan mana saja yang menyediakan produknya. Biasanya kamu harus menjaminkan kendaraan bermotor pada lembaga tersebut. BPKB yang diajukan tidak hanya motor, tapi juga bisa kendaraan bermotor lainnya yang kamu miliki.

Ketika kamu menjaminkan BPKB motormu, kamu akan mendapatkan 70% dari nilai taksiran harga motormu di tahun yang bersangkutan. Biasanya nilai harga motor semakin tahun akan semakin menurun, jadi hal ini perlu kamu ketahui agar nantinya tidak salah paham. Di sini baik motor baru, maupun motor bekas bisa dijadikan sebagai jaminan.

Kamu bisa menggunakan dana yang didapatkan untuk keperluan apa saja. Misalnya untuk keperluan dana pendidikan, keperluan dana kesehatan, dan keperluan lainnya yang dirasa mendesak.

Pinjaman dana tunai jaminan BPKB motor bisa menjadi alternatif yang bagus untukmu apabila merasa pinjaman online tanpa jaminan bunganya terlalu tinggi. Faktanya memang pinjaman dengan jaminan kendaraan bermotor bunganya jauh lebih rendah dibandingkan pinjaman online.

Pinjaman dengan jaminan kendaraan bermotor bunganya hanya sekitar 10% flat per tahun, sedangkan bunga pinjaman online bisa mencapai 24% flat per tahun. Bunganya yang punya perbedaan persentase signifikan itu membuat pinjaman jaminan BPKB sering diandalkan oleh masyarakat.

Boleh menjaminkan kendaraan bermotor yang sudah lunas maupun yang masih kredit

Kamu tidak perlu khawatir dengan kendaraan bermotor yang masih dalam proses kredit alias belum lunas dibayar karena kamu tetap bisa mengajukan pinjaman. Namun, hal itu hanya bisa dilakukan di lembaga keuangan di mana kamu membayar tagihan kredit kendaraannya. Namun, mungkin cara ini harus kamu pikirkan lagi mengingat kamu harus membayar dua kredit sekaligus, dan tentu kamu harus bekerja secara ekstra untuk itu.

Syarat mengajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB motor

Syarat untuk mengajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB motor pun termasuk mudah. Pertama, kamu akan diminta melampirkan beberapa dokumen seperti kartu identitas fotokopi dan asli, lalu dokumen penghasilan yang kamu miliki, kemudian kamu juga akan diminta menunjukkan dokumen jika kamu punya kredit di tempat lain, dan juga BPKB kendaraan bermotor atas namamu.

Kamu tidak diperkenankan menjaminkan kendaraan bermotor milik orang lain

Pihak pemberi pinjaman juga tidak akan terlalu menanyakan mengapa kamu membutuhkan dana itu. Yang penting kamu punya tujuan penting yang mendesak.

Setelah itu mereka akan melakukan evaluasi terlebih dahulu untuk menilai apakah kamu punya keuangan yang baik untuk diberikan pinjaman. Tentunya lembaga keuangan bersangkutan akan memilih mereka yang dianggap masuk ke dalam kriteria.

Lalu, jika pengecekan dokumen sudah selesai pihak lembaga peminjam itu akan memeriksa motor yang kamu miliki. Tidak hanya pengecekan fisik, mereka juga akan memeriksa berapa nilai jual motormu ketika diajukan pinjaman sehingga mudah ditaksir harganya.

Kemudian kamu akan diminta untuk menandatangani perjanjian yang berisi kamu bersedia mentaati ketentuan yang ada mengenai jaminan kendaraan bermotor itu.

Lalu, untuk apa jaminan motor tersebut? Jika kamu gagal membayar tagihan dalam kurun waktu tertentu, motor dan mobilmu akan disita oleh pihak lembaga dan utangmu kepada mereka pun dianggap lunas. Utangmu mungkin tidak akan lagi ada, tapi motormu akan dibawa oleh mereka.

Ketentuan yang harus siap kamu patuh

Agar tidak terjadi hal seperti di atas, tentunya kamu wajib membayar tagihan sesuai dengan jadwal.

Kamu bisa memilih tenor pinjaman yang sesuai dengan kemampuan. Semakin lama tenor pembayarannya, biasanya akan lebih kecil jumlah tagihan setiap bulannya. Atau jika kamu ingin lunas lebih cepat juga bisa, asalkan kamu sudah mempersiapkan segalanya.

Setelah semua dokumen dan penilaian sudah lengkap, dana yang kamu butuhkan akan langsung cair ke rekening yang sudah kamu ajukan. Jadi, kamu tidak perlu datang ke kantor lembaga pinjaman secara langsung.

Tips memilih lembaga penyedia pinjaman

Saat ini sudah cukup banyak lembaga penyedia pinjaman yang memiliki produk pinjaman dana dengan jaminan BPKB. Kamu sebaiknya memilih lembaga yang kredibel agar proses pinjaman berjalan lancar. Kredibel di sini maksudnya, yang berdiri secara resmi, bukan yang tipu-tipu karena kasus penipuan di pinjaman jenis ini cukup banyak. Kamu bisa mengajukan pinjaman ini di beberapa bank yang menyediakannya.

Masing-masing lembaga penyedia pinjaman punya kebijakan yang berbeda-beda jadi sebaiknya dipelajari dulu. Pilih yang kebijakannya cocok dengan visimu. Selain itu pilih juga yang syarat dan bunganya paling ringan.

Bisa disimpulkan bahwa mengajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB motor menjadi alternatif yang bagus untukmu ketika memang membutuhkannya. Bunganya yang tidak terlalu tinggi, dan proses pencairan yang cukup cepat itu akan menguntungkanmu. Namun, kamu tetap diwajibkan membayar tagihan sesuai dengan ketentuan, kalau tidak kamu harus siap kehilangan kendaraan bermotormu. Kamu perlu mengingat uang itu adalah pinjaman yang harus kamu lunasi kepada pihak peminjam.

Untuk itu ajukan pinjaman ketika benar-benar tidak ada cara lain yang kamu temukan untuk menyelesaikan masalahmu. Jika memang tidak ada hal mendesak yang harus kamu penuhi, tidak perlu melakukan pinjaman.

Nah, agar kamu tidak perlu melakukan pinjaman di saat mendesak, ada baiknya kamu mempersiapkan dana darurat yang siap kamu gunakan di saat membutukan. Salah satu cara mempersiapkan dana darurat adalah dengan investasi reksa dana di Ajaib. Yuk mulai persiapkan masa depanmu di Ajaib.

Artikel Terkait