Perencanaan Keuangan

Mengenal Pengertian, Tujuan dan Fungsi Jurnal Penyesuaian

jurnal penyesuaian

Ajaib.co.id – Jurnal penyesuaian adalah sebuah jurnal yang diciptakan dalam rangka proses pencatatan saldo pada akun, guna menyesuaikannya dengan jumlah yang sebenarnya pada akhir periode.

Jadi, fungsi jurnal penyesuaian ini akan menghasilkan pencatatan perubahan saldo di dalam akun tersebut nantinya akan mencerminkan saldo riil. Jumlah ini adalah saldo sesungguhnya yang ada di akhir periode.

Dengan demikian, kita tahu bahwa fungsi jurnal penyesuaian akan optimal dilakukan dan dicatat pada akhir periode. Ini dilakukan sebelum worksheet atau penyusunan kertas kerja diatur. Ini juga disusun setelah menentukan hasil dari neraca saldo.

Secara garis besar, dapat kita simpulkan fungsi jurnal penyesuaian ini akan digunakan sebagai penetapan saldo akhir. Biasanya, ini akan dimasukkan pada catatan di dalam buku besar sebuah akun.

Fungsi Jurnal Penyesuaian

Setelah kita paham mengenai pengertian dari jurnal penyesuaian, berikutnya kita akan membahas fungsi dari jurnal penyesuaian, antara lain:

  • Perumusan untuk di akhir periode pada akun buku besar. Sehingga, saldo yang tertera tidak berbeda dengan saldo yang seharusnya.
  • Untuk mengetahui total atau jumlah beban maupun pendapatan yang dihasilkan selama periode akhir tersebut.

Tujuan Jurnal Penyesuaian

Setelah kita mengetahui pengertian dan fungsi jurnal penyesuaian, berikutnya kita akan bahas apa saja yang menjadi tujuan dari sebuah jurnal ini, yakni:

  • Untuk memisahkan akun-akun yang sifatnya masih campuran menjadi dua macam, yaitu akun riil dan akun nominal.
  • Agar di akhir dari sebuah periode, akun-akun riil bisa menunjukan jumlah yang pasti. Ini diutamakan bagi akun riil yang berjenis hutang dan aktiva dalam sebuah neraca.
  • Untuk dapat memberikan gambaran total pendapatan yang ada di dalam akun-akun nominal pada sebuah periode akhir. Jadi, jurnal penyesuaian akan memberikan kita gambaran jumlah beban beserta jumlah pendapatan yang valid.
  • Meminimalisir adanya kesalahan akibat pos-pos antisipasi.

Dalam kebutuhan yang dialami oleh sebuah perusahaan jasa, ada 4 penyebab utama. Penyebab berikut adalah hal-hal menyebabkan penyesuaian di dalam akhir periode, yaitu:

  1. Sebuah penyesuaian diperlukan untuk pencatatan terhadap akun perlengkapan, karena pasti ada beberapa perlengkapan yang sudah habis digunakan.
  2. Penyusutan nilai pada akun aktiva tetap akan teratasi masalahnya.
  3. Beban yang terlewat jangka waktu dan tergolong piutang beban yang harus dilunaskan atau dibayar di muka akan teratasi masalahnya.
  4. Jasa yang sudah dipakai dan belum dibayarkan akan termasuk jenis utang beban dan akan disesuaikan.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perubahan Saldo

Jurnal penyesuaian nantinya akan menggambarkan jumlah atau saldo di setiap akun-akun yang ada. Pencatatan ini akan selalu ada di dalam periode yang sudah berlangsung. Jurnal penyesuaian memiliki 2 faktor utama mengapa harus dilakukan, antara lain:

  • Sebuah keadaan dimana sudah terjadi transaksi. Namun informasi terkait transaksi tersebut masih belum dicatat perkiraannya.
  • Perkiraan sebuah transaksi yang sudah berlangsung sudah dicatat. Namun, saldo yang diperkirakan masih dalam tahapan penyesuaian agar bisa didapatkan dalam jumlah yang tepat.

Akun-akun yang perlu disesuaikan di akhir periode serta cara pencatatannya adalah sebagai berikut:

Pemasukan atau Pengeluaran di Muka

Beban Dibayar di Muka

Cara pencatatannya adalah kamu catat pos ini sebagai aset yang berkurang setiap jangka waktu tertentu (misal tiap bulan).

Pendapatan Diterima di Muka

Cara pencatatannya adalah dengan menulis pos ini sebagai kewajiban/utang yang, seiring waktu berjalan (misal tiap bulan), berubah menjadi pendapatan.

Pemasukan atau Pengeluaran di Akhir

Piutang Pendapatan

Cara pencatatannya adalah tulis piutang bunga pada kolom debit dan pendapatan bunga pada kolom kredit. Besar piutang bunga dan pendapatan bunga sama.

Beban yang Masih Harus Dibayar

Cara pencatatannya yaitu dengan menulis beban gaji di kolom debit dan utang gaji di kolom kredit. Besar keduanya sama besar.

Penyusutan Aktiva Tetap

Cara pencatatannya adalah dengan menulis biaya penyusutan untuk kolom debit dan akumulasi penyusutan pada kolom kredit.

Kerugian Piutang

Cara pencatatannya yaitu dengan menuliskan kerugian piutang pada kolom debet dan cadangan kerugian piutang pada kolom kredit.

Biaya Pemakaian Perlengkapan

Cara pencatatannya adalah tulis biaya pemakaian perlengkapan untuk kolom debet dan cadangan perlengkapan untuk kolom kredit.

Jenis-jenis Jurnal Penyesuaian

Jurnal ini juga memiliki berbagai macam jenisnya, antara lain:

Beban Dibayar di Muka

Beban dibayar di muka adalah beban yang seharusnya dibayarkan tiap bulannya, namun pada prakteknya tidak semua dibayarkan secara langsung sekaligus setahun atau beberapa tahun.

Penyesuaian akan hadir apabila menemukan beban yang seharusnya dibayarkan pada periode mendatang, maka haruslah dihitung beban mana yang dilaporkan pada periode yang bersangkutan (sekarang).

Jurnal Penyesuaian Perlengkapan

Hal-hal yang mengenai segala keperluan operasional perusahaan harus dilakukan penyesuaian. Pembelian di awal tahun dan jumlah sisa pemakaian perlengkapan harus disesuaikan secara riil. Sehingga jurnal akhir akan memiliki data yang sebenar-benarnya.

Beban Terutang

Merupakan suatu kewajiban yang berasal dari beban yang telah diakui atau telah terjadi di dalam perusahaan, namun belum dibayarkan.

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Belum Diterima

Piutang pendapatan merupakan pendapatan yang sudah diperoleh, namun masih belum diterima dan belum dicatat dalam rekening-rekening. Maka dari itu, setiap periode wajib dibuat penyesuaian guna mencatat pendapatan tersebut.

Jurnal Penyesuaian Pendapatan Diterima di Muka

Dalam bahasa Indonesia, istilah tersebut mengacu pada pendapatan yang telah diterima di muka, namun jasa atau produk yang kamu perjual belikan belum sampai pada customer.

Oleh sebab itulah, pendapatan yang belum diterima wajib dilaporkan sebagai utang yang menandai kewajiban perusahaan untuk mengirimkan barang / jasa kepada customernya di masa mendatang. Sebagai catatan bahwa pendapatan tersebut belum diakui sebagai pendapatan yang masuk ke dalam income statement hingga learning process terlaksana secara komplit.

Jurnal Penyesuaian Aktiva Tetap

Hal-hal yang menyangkut dengan aktiva tetap membutuhkan penyesuaian karena terdapat penyusutan pada aktiva tetap tersebut. Contohnya seperti kendaraan, bangunan, mesin, dan sebagainya. 

Artikel Terkait