Asuransi & BPJS

Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik, Manfaatnya Maksimal

Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik, Manfaatnya Maksimal

Ajaib.co.id – Masih banyak orang yang enggan untuk memiliki asuransi kesehatan, padahal sejatinya itu sangat penting untuk dimiliki karena manfaat yang ditawarkan. Manfaat yang bisa didapatkan mulai dari penggantian uang atau pelayanan kesehatan, perawatan karena penyakit, kecelakaan kerja, hingga penggantian penghasilan yang hilang karena menderita suatu penyakit atau kecelakaan. Selain itu biasanya asuransi kesehatan terbaik jadi satu paket dengan asuransi jiwa dengan memberikan santunan jika seseorang telah meninggal.

Itu berarti, semua biaya yang berhubungan dengan kesehatan, seperti biaya rumah sakit, biaya dokter, biaya obat, sampai biaya operasi akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun, hal tersebut tergantung dari isi perjanjian yang tercantum pada polis asuransi yang kamu miliki. Kapan saja dan di mana saja seseorang bisa sakit dan mengalami kecelakaan tanpa bisa diduga. Karena itu asuransi kesehatan dapat memberikan manfaat yang baik bagi kamu dan juga keluarga (jika diikutsertakan).

Asuransi kesehatan akan secara khusus menjamin biaya kesehatan ataupun perawatan anggota keluarga kamu yang sakit atau kecelakaan. Dengan begitu biaya rumah sakit dapat ditutupi oleh asuransi kesehatan.

Apa Itu Asuransi Kesehatan?

Asuransi kesehatan merupakan jenis produk asuransi yang dapat memberikan jaminan kesehatan kepada para peserta apabila jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Umumnya ada dua jenis perawatan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi, yakni penggantian biaya rawat jalan dan rawat inap. Tak hanya itu, saat ini sejumlah perusahaan asuransi menyediakan jaminan biaya proses melahirkan maupun sesar kepada para pesertanya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat dan memberikan perlindungan tersebut, setiap peserta asuransi wajib melakukan pembayaran premi asuransi kesehatan secara rutin. Kemudian soal besarannya bervariasi tergantung masing-masing perusahaan asuransi dan nilainya disesuaikan dengan kondisi peserta asuransi. Memiliki BPJS Kesehatan memang penting, namun ada beberapa kelebihan yang dimiliki asuransi swasta, seperti jaringan rumah sakit yang luas, mendapatkan pelayanan lebih cepat, dan fasilitas pencairan atau klaim.

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Sama seperti halnya investasi, asuransi kesehatan juga penting kamu miliki sebagai sarana untuk menginvestasikan kesehatanmu. Inilah mengapa pentingnya asuransi kesehatan bagi setiap orang, yaitu:

a. Memiliki asuransi kesehatan berarti kamu tidak membebani keluarga atau kerabatmu secara finansial jika kamu harus dirawat di rumah sakit. Karena biaya perawatan dan pengobatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

b. Biaya kesehatan di Indonesia secara umum mengalami kenaikan 10-15% tiap tahunnya. Namun, jika kamu punya asuransi kesehatan dapat membiayai biaya pengobatan maupun perawatan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar dalam jangka panjang apabila terserang penyakit kritis dan harus dirawat di rumah sakit. Apalagi kenaikan biaya kesehatan tidak diimbangi dengan peningkatan pendapatan/gaji, sehingga berisiko kehilangan aset bahkan bisa bangkrut jika kamu terserang penyakit.

c. Semakin muda umur kamu, makin murah premi asuransi yang akan dibayarkan. Hal ini berdasarkan risiko penyakit kronis yang kemungkinan menimpa kamu.

d. Adanya sistem cashless yang memudahkan untuk mengklaim asuransi dengan hanya menggunakan kartu khusus yang disediakan perusahaan asuransi.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Ada beberapa pertimbangan yang harus kamu perhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan dan menentukan apakah perusahaan asuransi itu terbaik atau tidak.

a. Cashless

Cashless ini maksudnya adalah penggantian klaim yang lebih mudah. Jadi, ketika di rumah sakit kamu tidak perlu membayar, tetapi cukup dengan menggesek kartu asuransi untuk menyelesaikan pembayarannya. Kamu juga tidak perlu bayar di muka, namun masih harus di reimburse ke pihak asuransi. Akan tetapi pastikan rumah sakit tempat kamu dirawat sudah kerjasama dengan perusahaan asuransi.

b. Jaringan Rumah Sakit Luas

Klaim cashless tidak akan dapat digunakan pada rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan pihak asuransi. Maka dari itu, pilih asuransi yang punya jaringan kerjasama rumah sakit yang luas. Jadi, cari tahu dulu rumah sakit mana yang bekerja sama dengan asuransi kesehatan yang kamu pilih.

c. Plafond dan Premi Sesuai

Idealnya plafond dan premi yang dibayarkan haruslah sesuai keinginan. Jangan sampai saat kamu dirawat inap harus mengeluarkan biaya tambahan yang tidak dijamin asuransi. Tingginya plafond harus berbanding lurus dengan besarnya premi yang dibayarkan, sehingga makin mahal harga rumah sakit preminya makin mahal. Namun, premi yang dibayarkan harus disesuaikan dengan kemampuan keuanganmu.

d. Murni Asuransi Kesehatan

Pilih jenis asuransi kesehatan murni yang artinya berdiri sendiri, bukan asuransi jiwa unit-link karena akan sangat mahal. Pada unit-link, preminya dibagi atas asuransi jiwa, investasi, dan asuransi kesehatan. Tentu porsi asuransi kesehatan jadi lebih kecil sehingga kamu akan membayar mahal untuk bisa dapat plafon yang lebih tinggi. Belum lagi adanya potongan biaya unit-link yang jumlahnya tidak kecil dan semakin mengurangi premi kesehatannya.

e. Rawat Inap Jadi Prioritas

Kenapa demikian? Karena rawat inap biayanya sangat besar. Jadi, kamu harus fokuskan pada asuransi yang menanggung biaya rawat inap. Kalau memang punya uang lebih, kamu bisa ambil tambahan asuransi rawat jalan.

f. Tanpa Limit per Perawatan

Dalam asuransi biasanya terdapat limit yang membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatannya. Ada dua jenis limit yang digunakan, yakni limit gabungan semua perawatan dan limit per perawatan. Misalnya, limit gabungan semua perawatan dibatasi hingga Rp300 juta setahun, sedangkan limit per perawatannya dibatasi Rp10 juta perawatan bedah, Rp10 juta biaya konsultasi, dan lainnya selama satu tahun.

Ada asuransi yang hanya menyediakan limit gabungan saja, ada juga yang hanya limit per perawatan, dan ada pula yang menyertakan kedua limit sekaligus. Kamu sebaiknya pilih asuransi yang menyediakan limit gabungan dengan tujuan agar peserta asuransi lebih fleksibel dalam berobat dan berbagai perawatan selama limitnya masih ada.

g. Masa Tunggu Penyakit

Perhatikan secara seksama masa tunggu penyakit dari asuransi yang kamu pilih sehingga benar-benar bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Ada pihak asuransi yang mengklaim beberapa penyakit yang baru bisa diklaim 12 bulan kemudian sejak tanggal masa berlaku asuransi. Jadi, pilih asuransi yang masa tunggu penyakitnya tidak terlalu lama.

Di Indonesia ada banyak sekali perusahaan asuransi kesehatan terbaik yang bisa jadi pertimbangan, yaitu:

  1. Asuransi Kesehatan Prudential
  2. Asuransi Kesehatan Allianz
  3. Asuransi Kesehatan Sinarmas
  4. Asuransi Kesehatan Manulife
  5. Asuransi Kesehatan AXA Mandiri
  6. Asuransi Kesehatan BNI Life
  7. Asuransi Kesehatan AIA
  8. Asuransi Kesehatan Cigna
  9. Asuransi Kesehatan AXA
  10. Asuransi Kesehatan Takaful
  11. Asuransi Kesehatan Bumiputera

Kamu bisa membaca syarat dan ketentuan masing-masing asuransi kesehatan dengan mengunjungi situsnya langsung. Karena ada banyak macam dan manfaat yang mereka tawarkan, sehingga kamu bisa pertimbangkan secara matang dan bijak.

Membeli asuransi kesehatan menjadi salah satu hal penting yang dapat memberikan kamu perlindungan asuransi kesehatan di kemudian hari. Dengan asuransi kesehatan inilah kamu tidak perlu mengeluarkan dana darurat yang kamu simpan ketika suatu hari nanti kamu jatuh sakit dan membutuhkan biaya besar untuk pengobatan maupun perawatan.

Selain asuransi, kamu juga harus mulai memikirkan untuk investasi sebagai tabungan dana darurat ataupun dana pendidikan anak-anakmu di kemudian hari. Untuk mulai berinvestasi, kamu bisa memanfaatkan Ajaib sebagai salah satu platform investasi yang bisa membantu kamu memenuhi tujuan keuanganmu di masa depan, baik untuk dana darurat, dana pensiun, dana pendidikan, jalan-jalan, dan sebagainya. Yuk mulai investasi kamu sekarang juga di Ajaib.

Artikel Terkait