Rumah Tangga Masa Kini

6 Tips Membuat Acara Ulang Tahun Anak di Rumah, Sederhana!

Ulang Tahun Anak

Ajaib.co.id – Menyambut hari kelahiran anak adalah salah satu hal yang sudah biasa dilakukan oleh banyak orang tua. Di hari ulang tahun anak yang baru berusia satu tahun hingga tiga atau empat tahun, mungkin kamu tidak terlalu repot untuk merayakannya. Kamu dapat membuatnya bahagia selama hari itu dan merayakannya bersama keluarga.

Namun, jika anak kamu sudah mulai masuk sekolah di pendidikan dini, kamu harus lebih menyiapkannya ekstra, tentunya dengan biaya yang juga sedikit ekstra. Jangan tergesa-gesa untuk membeli barang-barang yang tidak perlu, dan tenangkan dirimu sejenak. Bernapaslah.

Kamu bisa menggunakan enam tips ini untuk membuat acara ulang tahun anak di rumah secara sederhana.

1. Siapkan Biaya

Yang paling utama adalah biaya. Harga yang harus kamu bayarkan paling tidak di H-1 acara. Kamu tidak bisa mendadak untuk membuat sebuah acara ulang tahun. Perencanaan keuangan yang baik akan membantumu mengatasi biaya acara ulang tahun untuk keluar dari kategori ‘biaya tak terduga’ menjadi ‘biaya terencana’.

Buatlah tanda di kalendermu siapa saja yang berulang tahun. Dan rencanakan dari satu hingga dua bulan ke belakang. Berapa kisaran biaya yang akan kamu alokasikan untuk satu acara sederhana di rumah. Dan jangan lupa, kado apa yang akan kamu berikan untuknya.

Menyiapkan biaya jauh-jauh hari akan menguntungkanmu saat harinya akan tiba. Buatlah perencanaan keuangan yang matang, dan hitung segala risiko over-budget yang mungkin akan terjadi selama itu.

Siapkan biaya tambahan dan siapkan biaya utama. Kamu tidak akan menyesalinya jika harinya telah tiba.

2. Undang Seperlunya

Jika anakmu sudah berusia 6 tahun, maka tidak dapat dipungkiri dia sudah memiliki teman di sekolahnya. Dan tanyakan siapa saja teman baiknya di sekolah, lalu catatlah nama-nama itu di note atau buku catatanmu.

Atau, kamu bisa menanyakan ke gurunya di sekolah. Berapa murid yang sekelas dengan anakmu. Undanglah nama-nama itu, dan berikan undangan seperlunya saja. Dalam artian, kamu tidak perlu mengundang seluruh sekolah di tingkat kelas yang berbeda.

Cukup dengan satu kelas yang berisi belasan murid saja. Gunakan metode undangan yang modern. Kamu bisa mengirim undangan melalui e-mail atau ke masing-masing orang tua murid.

Selain memangkas biaya cetak, kamu bisa membuat undangan yang cukup cantik sesuai dengan keinginan anakmu.

3. Siapkan Tema Ramah Anak

Jangan pasrah dengan acara ulang tahun anak di rumah, tanyakanlah keinginan anakmu di hari ulang tahunnya. Siapa tokoh fiksi atau kartun favoritnya saat ini, dan warna apa yang dia suka di hari ulang tahunnya.

Jika memungkinkan, pesanlah kue ulang tahun setidaknya seminggu sebelum hari H. Dan siapkan tema yang ramah untuk anak. Dan buatlah senyaman mungkin untuk anak-anak, dan seaman mungkin.

Jauhkan benda-benda tajam yang ada di sekitar ruangan, dan tutuplah ujung benda yang dapat melukai anak. Ingatlah, anak-anak pasti akan bermain dan berlarian di sekitar rumahmu, pastikan semuanya menjadi tempat yang asyik untuk bermain.

4. Pernak-pernik Serba DIY (Do-It-Yourself)

Tidak ada yang lebih menyenangkan untuk mendekorasi ruangan dengan pernak-pernik yang dia suka. Ajaklah anakmu untuk ikut mendekorasi rumah sesuai dengan keinginannya sendiri. Jadilah kreatif dengan dekorasi ulang tahun anak.

Ajak anakmu untuk memilih warna pita yang akan digantungkan di dinding rumah, dan buatlah suasana yang menyenangkan saat melakukannya. Pernak-pernik yang lucu bisa kamu buat sendiri juga, kamu cukup belajar dari video di YouTube saat melakukannya.

Selain bersenang-senang dengan mendekorasi, kamu juga mengajari anakmu untuk belajar tentang proses mencapai sesuatu yang ia inginkan. Dan manfaatkan kesempatan ini juga untuk semakin dekat dengan anakmu.

5. Makanan dan Bingkisan

Selain menyiapkan kado dan pernak-pernik, jangan lupa untuk menyiapkan makanan yang bisa dimakan di hari H. Siapkan makanan ringan yang disukai anak-anak, kamu dapat memilih setidaknya tiga hingga empat macam jenis camilan anak-anak.

Jangan lupa, untuk menyiapkan camilan untuk para orang tua. Tidak perlu makanan yang mahal, kamu bisa membuat camilan yang menurutmu enak dan layak dimakan untuk para orang tua jika mereka sedang bersantai.

Bingkisan adalah salah satu hal yang wajib di setiap acara ulang tahun anak. Siapkan bingkisan dengan berbagai macam jenis makanan ringan yang bisa kamu dapatkan dengan lebih murah jika kamu membelinya satu hingga dua lusin. Cukup masukkan dalam kantong plastik transparan dan ikat dengan pita yang berwarna-warni.

6. Rayakan dan Ikut Bersenang-senang

Saat harinya telah tiba, jangan terfokus pada kelancaran acara. Fokuslah pada proses acaranya. Dan jangan biarkan kamu untuk menjadi stres dengan kegaduhan atau keramaian yang ada. Ikuti saja alur acaranya, dan rayakan dengan senyuman.

Jika anak kamu bersenang-senang dengan teman sebayanya, ikutlah mengobrol dengan para orang tua di sisi lain ruangan dan biarkan mereka bersenang-senang saat kamu bersantai dengan para orang tua.

Tidak ada yang lebih menyenangkan jika melihat anakmu tertawa dan bahagia bersama teman-temannya. Dan rayakan hari itu dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur. Jangan biarkan perasaan sedih atau gundah merajai pikiranmu. Santailah, dan nikmati momen itu.

Namun jika kamu tidak memiliki dana ekstra untuk merayakan ulang tahun anakmu, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, yang memaksamu untuk mengetatkan anggaran, tidak perlu berkecil hati.

Jika anakmu terbiasa merayakan ulang tahun di setiap tahun, saat ini yang harus kamu lakukan adalah memberinya pengertian. Ini saatnya kamu mendidiknya untuk berhemat dan mengerti dengan keadaan sedari usia dini.

Hari ulang tahun tidak harus selalu dirayakan. Beri dia ucapan selamat ulang tahun yang berkesan, sertai dengan kue ulang tahun sederhana di tengah malam saat pergantian hari.

Rayakanlah bersama keluarga inti. Ajaklah anakmu untuk bersyukur kepada Tuhan atas karunia dan rezeki yang telah diberikan selama ini.

Itu dia tips untuk membuat acara ulang tahun anak di rumah, sederhana bukan?

Menyiapkan momen spesial ini tidak akan membuatmu merasa sia-sia, hal ini adalah hari yang harus kamu jadikan sebagai momen yang paling berkesan di hidup mereka dan salah satu momen yang paling bahagia yang selalu dinanti oleh anak kamu.

Jadikanlah momen ini menjadi momen yang bisa dikenang dengan baik dan asyik untuk anak kamu.

Artikel Terkait