Bisnis & Kerja Sampingan

Bisnis Online Sukses dengan Mengikuti 5 Tips Berikut Ini

bisnis online sukses

Ajaib.co.id – Agar bisnis online sukses, tentunya ada banyak kiat yang perlu kamu lakukan agar bisnis berjalan dan juga menguntungkan. Namun demikian, untuk menjadikan bisnis online sukses tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Ada banyak hal yang perlu kamu pelajari dan juga menjadi motivasi bagi kamu dalam mengembangkannya demi menjadi pebisnis online yang sukses. Bisnis online atau online shop saat ini sedang marak dan banyak diminati oleh orang-orang yang melek digital.

Maka dari itu, dalam menjadikan bisnis secara online sukses tentunya kamu harus fokus mengelola usaha ini dengan memanfaatkan kesempatan dan peluang yang ada. Maka dari itu butuh kejelian dalam menakar kondisi pasar dan keinginan pasar.

Selain itu, kamu juga harus memastikan produk yang kamu jual sesuai dengan deskripsi dan menjaga bentuk produk ketika produk itu sampai ditangan konsumen, tidak mengecewakan pelanggan.

Jika pelanggan kamu puas, maka tentunya kamu juga yang akan diuntungkan karena memperoleh kredibilitas baik yang bisa dilihat oleh konsumen lain.

Namun demikian, apabila barang yang kamu kirimkan tidak sesuai atau cacat, ini tentunya akan merugikan toko kamu karena bisa saja kredibilitas kamu akan berkurang walaupun kamu sudah memberikan alternatif retur atau tukar barang.

Nah, jika kamu penasaran bagaimana memulai bisnis online agar sukses, Ajaib merangkum lima hal penting sebagai tips, antara lain :

Perhatikan Produk Apa yang Akan Kamu Jual

Untuk menjadikan bisnis online sukses maka kamu tentunya jangan hanya asal jual produk saja. Kamu juga harus melihat peluang yang ada pasar dan keinginan pasar akan sebuah produk. Misalkan saja saat kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, tentunya kamu harus jeli melihat peluang pasar agar bisnis online bisa sukses.

Saat ini ada banyak orang berburu APD (Alat Pelindung Diri) yang menjadi kebutuhan penting saat ini dan tidak terelakkan. Seperti misalkan masker dan produk kesehatan lainnya seperti vitamin dan ramuan herbal.

Dengan memanfaatkan peluang dan mengerti akan permintaan pasar, besar kemungkinan kesuksesan bisnis online ditangan kamu. Namun selektif dalam menjaga kualitas juga penting agar customer bisa loyal menilai produk dagangan yang kamu jual.

Menentukan Platform dan Marketplace

Hal kedua yang bisa kamu lakukan agar bisnis online sukses adalah dengan memanfaatkan penggunaan marketplace atau platform tempat kamu berjualan. Dengan memanfaatkan marketplace maka dagangan kamu banyak dilihat orang dan juga memudahkan kamu melakukan transaksi yang aman.

Beberapa platform atau marketplace juga menerapkan prosedur keamanan berlipat untuk memastikan transaksi belanja berjalan aman sehingga tidak merugikan penjual dan pembeli.

Di sisi lain, dalam menjual produk di marketplace ada baiknya jika kamu mengikuti program sale atau diskon yang ditawarkan oleh platform. Dengan begitu barang kamu akan lebih laku daripada diam saja dan tidak aktif untuk mengikuti parade diskon.

Foto Produk

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan agar bisnis online sukses adalah dengan memberikan foto produk yang menarik. Saat ini ada banyak jasa foto produk yang bisa kamu gunakan untuk menjadikan foto produk kamu lebih menarik dimata pembeli. Umumnya foto yang menarik dan sederhana cenderung disukai daripada foto yang terlalu banyak editannya.

Jasa foto produk juga terbilang tidak terlalu menguras dompet. Ada banyak jasa ataupun aplikasi online yang menghubungkan kamu dengan fotografer-fotografer andal yang bakal membuat foto produk kamu lebih menarik.

Agar bisnis online sukses, kamu jangan hanya mengandalkan deskripsi produk saja, karena orang kebanyakan membeli barang berdasarkan visual yang ditampilkan. Semakin bagus visualnya semakin orang tertarik membeli produk kamu.

Berikan Promosi Berupa Reward

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan reward, poin atau cashback. Semua orang pasti mau termasuk pembeli. Sebagai pemula yang memimpikan bisnis online sukses maka yang harus kamu persiapkan tidak hanya produk yang bagus tapi juga reward kepada pembeli kamu.

Hal ini dilakukan agar pembeli kamu juga bisa loyal berbelanja di toko kamu, sehingga kamu akan diuntungkan.

Perhatikan Kualitas Produk Kamu

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah dengan memperhatikan kualitas produk yang akan kamu jual. Misalkan saja jika kamu menjual produk makanan, kamu harus lebih aware dengan tanggal kadaluarsa ataupun packaging yang akan kamu kirimkan agar tidak rusak, penyok ataupun pecah.

Ataupun, jika kamu menjual pakaian tentunya kamu harus menjamin jahitan yang kuat dan tidak mudah sobek. Selain itu, kamu juga harus memastikan kualitas produk dengan rutin melakukan quality control sebelum kamu melakukan packaging produk yang akan kamu kirimkan.

Pastikan produk kamu sesuai dengan deskripsi dan memuaskan pelanggan kamu. Dengan begitu, maka pelanggan kamu tidak komplain dan akan loyal dengan komentar positif untuk toko online kamu. Dengan begitu maka kamu bisa mewujudkan bisnis online sukses.

Artikel Terkait