Investasi

10 Jenis Mata Uang Terendah di Dunia

jenis mata uang

Ajaib.co.id – Nilai tukar suatu mata uang pada dasarnya ditentukan oleh supply (penawaran) dan demand (permintaan). Semakin tinggi permintaannya, makin tinggi pula nilai tukarnya. Tetapi sebaliknya, jika jumlah mata uang yang ditawarkan atau yang tersedia lebih banyak dibandingkan dengan permintaan akan menyebabkan nilai tukar mata uang suatu Negara menjadi rendah.

Yang dimaksud dengan mata uang terendah adalah mata uang suatu Negara yang satuannya berharga rendah dibandingkan dengan mata uang Negara lain ataupun jumlah barang tertentu yang dapat dibeli. Penyebab nilai tukar mata uang menjadi rendah diantaranya seperti defisit neraca perdagangan, suku bunga yang rendah dan juga utang publik serta kondisi ekonomi dan politik suatu Negara. Nilai tukar mata uang terendah ini sering disebut juga dengan mata uang termurah.

Fungsi Mata Uang

Pada umumnya, mata uang digunakan sebagai salah satu alat tukar di suatu negara. Perbedaannya adalah nilainya. Di mana, setiap mata uang memiliki nilai tukar yang berbeda-beda, misalnya 1 USD memiliki nilai sebesar 14.000 ke mata uang Rupiah. Ada banyak faktor yang menentukan nilai tukar mata uang atau biasa disebut kurs. Mata uang satu dengan lainnya memiliki kurs yang berbeda dan nilainya fluktuatif setiap hari.

Faktor-Faktor yang Menentukan Nilai Tukar

Ada banyak faktor yang memengaruhi nilai tukar suatu mata uang sebagai alay transaksi di sebuah negara. Apa saja itu? Simak faktor-faktornya di bawah ini.

a. Tingkat Inflasi.

Suatu negara yang maju dan tingkat kemakmurannya tinggi, biasanya akan mengalami inflasi yang rendah, sehingga nilai tukar uangnya akan menguat.

b. Tingkat Suku Bunga

Suku bunga juga berpengaruh dengan tingkat inflasi. Biasanya, pemerintah akan menaikkan suku bunga ketika terjadi inflasi. Sehingga, para investor asing akan tertarik untuk kembali melakukan investasi di negara tersebut dan membuat nilai tukar mata uang akan stabil kembali.

c. Neraca Perdagangan

Neraca perdagangan dipengaruhi oleh hasil pembayaran ekspor-impor suatu negara di dunia. Di mana, negara yang mendapatkan hasil lebih besar dari negara tetangga, nilai mata uangnya akan menguat.

d. Utang Publik

Utang publik juga bisa menentukan nilai tukar mata uang. Sehingga, negara yang memiliki banyak utang, maka nilai mata uangnya pun akan melemah.

e. Ekspor – Impor

Ekspor impor juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi mata uang. Biasanya, jika ekspor di suatu negara lebih besar daripada impor, maka dipastikan mata uang dari negara tersebut akan menguat.

f. Kondisi Ekonomi dan Politik

Ini juga menjadi salah satu faktor yang memengaruhi nilai tukar mata uangnya. Hal ini terkait akan investor yang akan melakukan investasi, di mana Investor asing akan lebih memilih negara dengan kondisi ekonomi dan politik yang stabil.

g. Kontrol Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga menjadi faktor penentu dalam nilai tukar mata uang sebuah negara. Jadi, ketika pemerintah tidak mampu mengontrol mata uang sebagai alat transaksi suatu negara, dipastikan mata uang akan melemah.

Mata Uang Terendah di Dunia

Setelah kamu mengetahui 10 nama mata uang negara tertinggi, dalam artikel jenis mata uang tertinggi sampai terendah di dunia akan mengajak kamu melihat 10 jenis mata uang di dunia yang menempati posisi terendah, antara lain :

1. Rial Iran

Rial (IRR) adalah mata uang resmi dari Negara Iran yang diterbitkan oleh Bank Sentral Islam Iran. Rial berasal dari real Spanyol, yang merupakan mata uang Spanyol selama beberapa abad. Di mana, satu rial dibagi menjadi 100 dinar.

Mata uang ini diperkenalkan pada tahun 1798 dan memiliki bilai 1250 dinar atau satu per delapan toman. Namun, pada 1825, produksi mata uang ini diberhentikan dan digantikan dengan Qiran yang bernilai 1000 dinar atau satu toman. Qiran diperkenalkan dengan pengenalan sistem desimal. Kemudian, Rial dijadikan mata uang resmi Iran pada tahun 1932 dan dibagi menjadi 100 dinar baru.

a. Berasal dari negara: Iran

b. Kode mata uang: IRR

c. Asal Benua: Asia

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 0.000024 per 1 IRR

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp0.35 per 1 IRR

2. Dong Vietnam

Đồng Vietnam (VND) merupakan mata uang resmi dari negara Vietnam sejak 3 Mei 1978 menggantikan Đồng Vietnam Utara dan Selatan. Mata uang ini dikontrol langsung oleh Bank Negara Vietnam dan simbol paling umum digunakan untuk đồng adalah ₫. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 10 hào. Namun, hào yang sekarang bernilai kecil sehingga tidak lagi diterbitkan.

a. Berasal dari negara: Vietnam

b. Kode mata uang: VND

c. Asal Benua: Asia

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 0.000043per VND

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp0.63 per 1 VND

3. Dobra Sao Tome

Dobra adalah jenis mata uang resmi dari negara Sao Tome dan Principe yang digunakan pertama kali oada tahun 1977 menggantikan Eskudo Sao Tome dan Principe. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 centimo. Mata uang ini terbagi menjadi 5000, 10 000, 20 000, 50 000 dobras.

a. Berasal dari negara: Sao Tome and Principe

b. Kode mata uang: STD

c. Asal Benua: Afrika

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 21.997 per STD

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp329,9 per STD

4. Ruble Belarus

Rubel Belarusia atau rouble merupakan mata uang resmi dari Negara Belarus. Rubel sendiri terbagi menjadi 100 kopek. Simbol untuk alat pembayaran satu ini adalah Br dan kode ISO 4217-nya adalah BYN.

a. Berasal dari negara: Belarus

b. Kode mata uang: BYR

c. Asal Benua: Eropa

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 0.42 per 1 BYR

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp6158.61 per 1 BYR

5. Rupiah Indonesia

Rupiah adalah mata uang Indonesia yang resmi dicetak dan diatur penggunaannya oleh Bank Indonesia dengan kode ISO 4217 IDR. Secara tidak formal, orang Indonesia menyebut mata uang ini sebagai perak. Di mana, satu Rupiah dibagi menjadi 100 sen. Walaupun inflasi telah membuat sen tidak digunakan kembali, namun masih digunakan dalam pencatatan pembukuan di bank.

a. Berasal dari negara: Indonesia

b. Kode mata uang: IDR

c. Asal Benua: Asia

d. Nilai tukar dengan Uang Rupiah ke Dollar AS: Rp0.000068 per 1 IDR

6. Franc Guinea

Franc Guinea pertama kali diperkenalkan di tahun 1959 menggantikan Franc CFA. Mata uang ini memiliki beberapa nominal dalam bentuk koin yaitu 1, 5, 10 dan 25 koin franc yang terbuat dari aluminium perunggu. Selain itu, pada 1958, mata uang ini mengeluarkan mata uang kertas dengan nominal 50, 100, 500, 1000, 5000, dan 10.000 franc.

Seri kedua uang kertas tertanggal 1er MARS 1960 dikeluarkan pada 1 Maret 1963, tanpa 10.000 franc. Seri ini dicetak tanpa jejak oleh Thomas De La Rue, dan mencakup lebih banyak warna, emboss yang disempurnakan, dan fitur keamanan yang ditingkatkan. Pada tahun 1971, franc digantikan oleh syli pada tingkat 1 syli = 10 franc.

a. Berasal dari negara: Guinea

b. Kode mata uang: GNF

c. Asal Benua: Afrika

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 0.00010 per 1 GNF

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp1.53 per 1 GNF

7. Kip Laos

Kip merupakan mata uang negara Laos dengan kode ISO 4217 LAK. Satu mata uang Kip dibagikan kepada 100 At. Pada 1979, mata uang ini mengalamo proses pembaharuan yang telah dijalankan di mana uang 100 kip lama digantikan dengan 1 kip baru. Kadar pertukaran kip pada Juni 2004 adalah 1 EUR = 9558 LAK.

a. Berasal dari negara: Laos

b. Kode mata uang: LAK

c. Asal Benua: Asia

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 0.00011 per 1 LAK

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp1.62 per 1 LAK

8. Leone

Leone merupakan jenis mata uang resmi dari negara Sierra Leone sejak tahun 1964 menggantikan mata uang Pound Afrika Barat Britania Raya. Di mana, mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 sen dengan beberapa denominasi yaitu 500, 1.000, 2.000, 5.000, dan 10.000 leones.

a. Berasal dari negara: Sierra Leone

b. Kode mata uang: SLL

c. Asal Benua: Afrika

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 0.00010 per 1 SLL

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp1.51 per 1 SLL

9. Guarani Paraguay

Paraguay menggunakan mata uang Guaraní Paraguay sebagai uang resmi sejak 1944 menggantikan mata uang Peso Paraguay. Mata uang ini setiap satuannya dibagi menjadi 100 céntimo dan dicetak langsung oleh Bank Sentral Paraguay. Mata uang ini memiliki bentuk kertas dengan denominasi 2.000, 5.000, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000 guarani.

a. Berasal dari negara: Paraguay

b. Kode mata uang: PYG

c. Asal Benua: Amerika Selatan

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 0.00014 per 1 PYG

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp2.21 per 1 PYG

10. Riel Kamboja

Riel merupakan jenis mata uang resmi negara Kamboja dan secara resmi telah digunakan sejak tahun 1980 menggantikan Riel Kamboja Lama. Mata uang ini setiap satuannya terbagi menjadi 100 sen yang terbagi menjadi beberapa denominasi yaitu 100, 200, 500, 1000, 2000, 5000, 10.000 riel.

a. Berasal dari Negara: Kamboja

b. Kode mata uang: KHR

c. Asal Benua: Asia

d. Nilai tukar dengan dollar AS: 0.00024 per 1 KHR

e. Nilai tukar dengan Rupiah: Rp3.59 per 1 KHR

Itulah beberapa mata uang yang memiliki nilai terendah di dunia. Nah, untuk mendukung mata uang negara Indonesia, kamu bisa mulai mencintai mata uang Indonesia dengan beberapa cara. Misalnya, menggunakan produk Indonesia dan melakukan investasi ke perusahaan Indonesia atau saham Indonesia.

Untuk memulai investasi produk Indonesia, kamu bisa memulainya dengan mudah di Ajaib. Kamu hanya perlu mendownload di aplikasi Ajaib kemudian setor dana investasi kamu ke dalamnya. Untuk memulai investasi di Ajaib, kamu bisa melakukannya hanya dengan Rp10 ribu untuk reksa dana dan Rp100 ribu untuk saham. Jadi tunggu apalagi? Mulai investasi kamu sekarang di Ajaib!

Artikel Terkait