Milenial

Ketahui Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari

manfaat disiplin

Ajaib.co.id – Ada begitu banyak manfaat disiplin yang bisa membantu kamu dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, hal ini bisa menjadi salah satu target kamu dalam mengembangkan diri. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Sewaktu sekolah dulu, mungkin kamu pernah melihat salah satu teman sekelasmu yang hampir tiap hari terlambat masuk dan harus menjalani hukuman. Telat bangun, jalanan macet jadi alasan yang klasik, namun itu karena ia orang yang tidak disiplin. Memangnya sepenting apa disiplin itu? Disiplin sangat penting bagi semua orang. Ada begitu banyak manfaat disiplin yang akan didapatkan bagi kehidupan.

Disiplin tidak hanya membawa kebiasaan baik dalam kegiatan sehari-hari, tetapi juga membuat hidup jadi teratur dan memberikan manfaat bagi kesehatan. Apalagi saat ini dunia sedang kacau akibat wabah virus corona. Untuk masing-masing negara, termasuk Indonesia menerapkan beberapa kebijakan demi memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 ini.

Di Indonesia, pemerintah menerapkan social distancing atau menjaga jarak dan mengisolasi diri dirumah. Sementera di beberapa negara seperti Filipina, Perancis, dan Italia memberlakukan aturan lockdown agar tidak semakin membahayakan warganya.

Selain mengikuti anjuran pemerintah, kita pun harus mendisiplinkan diri untuk mematuhinya. Kesehatan menjadi tanggung jawab masing-masing orang di masa sulit seperti sekarang ini, sementara pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan membantu warganya.

Disinilah manfaat disiplin bisa terlihat, yaitu hidupmu akan lebih teratur serta sehat secara mental dan fisik. Disiplin untuk menjaga jarak dengan orang lain dan tidak keluar rumah selama masa pandemi corona membuat kamu dan lingkunganmu terjaga dari paparan virus dari Wuhan, Cina ini.

Tujuan Disiplin

Ada banyak manfaat disiplin yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Namun, ada baiknya kamu tahu tujuan disiplin itu sendiri. Menerapkan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari juga berarti ada tujuan yang ingin dicapai, baik itu untuk pribadi maupun masyarakat. Ada beberapa tujuan disiplin seperti yang disampaikan Ellen G White, yaitu:

  • Menaklukkan rasa kemauan diri sendiri.
  • Untuk memperbaiki kebiasan-kebiasaan yang buruk.
  • Mengajarkan untuk lebih menghormati orang tua dan Tuhan.
  • Menciptakan dan mengembangkan suatu aturan bagi diri sendiri.
  • Memberikan target tertentu yang ingin dicapai di kemudian hari.

Manfaat Disiplin

Seperti yang sudah disebutkan, disiplin akan membuat hidupmu lebih baik, nyaman, dan sehat. Berikut ini manfaat disiplin yang harus ketahui:

Mengurangi Stres

Memiliki kebiasaan hidup yang disiplin akan membantu kamu menyelesaikan semua pekerjaan dengan efektif. Efeknya, kamu akan melepaskan kadar hormone stres secara terkendali sehingga hari-harimu terasa lebih santai dan bahagia tentunya.

Jika sebaliknya, terbiasa dengan hidup yang berantakan dan suka menunda-nunda pekerjaan akan membuat tubuh menghasilkan kadar kortisol yang tinggi. Inilah yang akan berdampak buruk terhadap pola tidur, suasana hati, serta kesehatan tubuhmu.

Akibatnya akan memicu penyakit jantung, penumpukan lemak di perut, hingga alami depresi. Maka dari itu, sebisa mungkin aturlah jadwal secara tertulis kapan akan memulai pekerjaan dan menyelesaikan kegiatan-kegiatan lainnya. Dengan begitu, pola tidurmu jadi teratur sehingga lebih nyenyak.

Jadi Lebih Dewasa dalam Bertumbuh

Hidup kamu tidak akan pernah berubah, salah satunya karena tidak disiplin. Dengan begitu, kamu tidak akan pernah jadi seseorang yang dewasa dan bertanggung jawab. Sementara, pribadi yang disiplin sudah pasti bisa bertanggung jawab. Hal ini akan berdampak pada kepercayaan seseorang terhadap kamu.

Orang yang memberikan kepercayaan kepada kamu akan melihatmu sebagai pribadi yang bertanggung jawab, artinya mampu mendisiplinkan diri sendiri.

Pola Makan Lebih Sehat

Manfaat disiplin selanjutnya adalah memiliki pola makan yang lebih teratur dan sehat. Dengan jadwal sehari-hari yang sudah dibuat, kamu dapat memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Jika jadwal makanmu teratur, dapat membantu kamu terhindar dari risiko obesitas, tekanan darah tinggi, serta diabetes.

Sedangkan pola makan yang tidak teratur dapat mengganggu jam kerja biologis tubuh dalam mengatur nafsu makan dan sistem pencernaan untuk mencerna dan menyerapnya.

Olahraga Jadi Lebih Teratur

Orang-orang yang hidupnya disiplin memiliki segudang rencana dan tujuan sehari-hari yang tidak terlalu muluk-muluk. Mereka sudah menyiapkan rencana akan melakukan apa saja hari ini dan bagaimana menyelesaikannya. Dengan demikian, secara tidak sadar kebiasaan ini mempengaruhi kedisiplinan melakukan olahraga secara teratur.

Mendapat Kepercayaan

Membangun kepercayaan dari teman dekat, keluarga, atau rekan kerja itu sulit. Manfaat disiplin yang satu ini sangat penting dalam menciptakan suatu relasi atau hubungan. Disiplin jadi salah satu cara terbaik membangun kepercayaan.

Kepercayaan menunjukkan integritas seseorang yang didasari dengan sikap disiplin tinggi. Artinya, orang tidak akan berpikir buruk tentang kamu dan dapat mengerjakan segala sesuatunya dengan cepat dan tepat.

Namun, jika kamu orang yang suka menunda waktu dan pekerjaan, bagaimana atasan bisa mempercayai kamu mengerjakan hal-hal yang sifatnya mendesak.

Lebih Produktif

Manfaat disiplin yang lainnya adalah membuatmu lebih produktif dan fokus menyelesaikan pekerjaan satu per satu tanpa harus takut dikejar deadline. Selain itu, kebiasaan hidup disiplin juga akan membantumu dalam mencapai tujuan atau cita-cita.

Misalnya lima tahun ke depan kamu ingin memiliki rumah, maka kamu memutuskan untuk berinvestasi. Jika kamu disiplin mempelajari investasi secara mendalam dan rutin menyisihkan uang dengan nominal yang telah disiapkan, pastinya impian kamu bisa terwujud.

Kamu bisa berinvestasi tanpa ribet melalui aplikasi Ajaib. Ada berbagai instrumen investasi yang bisa dipilih dan para ahli akan merekomendasikan mana produk yang paling tepat untuk kebutuhanmu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait