Banking

Ini Syarat dan Cara dalam Membuat ATM BCA TabunganKu

atm bca tabunganku

Ajaib.co.id – Bagi kamu yang sedang memilih produk tabungan, maka bisa memilih ATM BCA TabunganKu. Sebab, tabungan ini hanya berlaku untuk perorangan saja.

Produk tabungan ini diterbitkan secara bersama-sama oleh berbagai bank di Indonesia. ATM BCA TabunganKu hadir untuk meningkatkan budaya menabung dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, produk tabungan ini tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Alasan lain dari diterbitkannya produk tabungan ini adalah sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin menabung tanpa harus melalui persyaratan sulit.

Terdapat berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari TabunganKu, salah satunya adalah setoran yang cukup ringan. Setoran ini memudahkan para nasabah yang ingin menabung.

Syarat dan Cara Membuka ATM BCA TabunganKu

TabunganKu merupakan program yang diluncurkan oleh Pemerintah pada 20 Februari 2010 untuk 70 bank nasional dan pembangunan daerah. Tidak hanya BCA saja, namun bank lain juga meluncurkan produk ini.

Tujuan dari program TabunganKu adalah agar masyarakat berminat untuk menabung di bank. Program ini dibuat saat era Presiden SBY.

Syarat dan cara membuka rekening TabunganKu di setiap bank berbeda-beda. Sebab, TabunganKu terbagi menjadi dua jenis, yaitu Mandotary dan Customized.

Mandotary merupakan tipe standar dan harus sama sistemnya di seluruh bank. Kemudian, Customized sudah disesuaikan oleh setiap bank, seperti ditambahkan atau dikurangi. Namun, tidak menyalahi aturan yang ada.

Bagi kamu yang ingin membuka ATM BCA TabunganKu, berikut ini adalah syarat dan caranya:

  • Memiliki KTP, SIM, atau Paspor (dewasa).
  • Berusia 0-12 tahun (diwakili orang tua) dan membawa akta lahir atau KK.
  • Usia 12-17 tahun membawa kartu pelajar, surat persetujuan orangtua, kartu identitas orangtua, dan data tabungan BCA orangtua (jika ada).

Membuat ATM BCA TabunganKu

Cara membuat ATM BCA TabunganKu hampir sama dengan membuat rekening tabungan BCA lainnya. Kamu hanya perlu mengunjungi kantor cabang BCA terdekat, kemudian mengambil nomor antrean, dan tunggu hingga dipanggil.

Selanjutnya, kamu bisa membuat ATM BCA Tabunganku. Jika persyaratan yang kamu bawa sudah lengkap, maka pembuatan rekening akan langsung disetujui oleh pihak bank. Setelah itu, customer service akan menjelaskan informasi mengenai ATM BCA TabunganKu.

Nantinya, customer service akan membuat buku tabungan dan kartu ATM. Kamu hanya perlu menunggu, membuat PIN, dan menandatangani formulir yang diberikan.

Biaya Pembuatan ATM BCA TabunganKu

Setoran awal untuk membuka rekening ini cukup terjangkau dibanding lainnya. Untuk membuka ATM BCA TabunganKu, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya Rp20.000 saja. Kemudian, setoran berikutnya hanya Rp10.000 (minimal).

Setoran awal tetap akan menjadi milik nasabah. Nantinya, setoran awal tersebut akan dimasukkan ke dalam saldo rekening.

Suku Bunga per Tahun  
< Rp 500.001 0 %
Rp 500.001 – < Rp 1.000.001 0.25 %
>= Rp 1.000.001 1 %

Biaya Rekening TabunganKu

Jenis Biaya Keterangan Jumlah Biaya
Biaya pasif Biaya untuk rekening dormant yang dibebankan sejak bulan ke-7. Rp 2.000 per bulan
Biaya penutupan rekening Biaya penutupan rekening atas permintaan Nasabah. Rp 20.000
Biaya transaksi debet Biaya transaksi debet ke-5 dan seterusnya dalam satu bulan yang bersangkutan. Transaksi debet yang dihitung adalah transaksi debet baik yang dilakukan melalui ATM maupun melalui cabang. Pendebetan biaya transaksi akan dilakukan pada setiap akhir bulan yang bersangkutan. Rp 2.500 per transaksi (per 1 Oktober 2010)
Biaya ganti buku dan kartu Biaya untuk ganti buku dan ganti kartu. Bebas biaya
Biaya administrasi bulanan Biaya administrasi bulanan. Bebas biaya

Biaya administrasi produk tabungan ini juga gratis. Jika dalam waktu enam bulan tidak ada transaksi, maka akan dikenakan biaya Rp2.000 per bulannya terhitung sejak bulan ke-7.

Kartu ATM dan buku TabunganKu BCA bisa digunakan di seluruh gerai ATM BCA dan Kantor Cabang BCA. Limit penarikan tunainya adalah Rp7.000.000 (maksimal) per hari. Kemudian, transfer sesama Bank BCA adalah Rp25.000.000 (maksimal).

Jenis tabungan bank BCA ini tidak bisa melakukan transfer antar bank. Namun, kamu bisa menerima transfer dari bank lain.

Kelebihan ATM BCA TabunganKu

  • Produk tabungan ini juga memiliki kelebihan, yaitu bebas biaya administrasi dan setoran awal buka rekening sebesar Rp20.000 saja.
  • Kelebihan lainnya adalah persyaratan pembuatan rekening yang sangat mudah. Sebab, calon nasabahnya tidak harus berusia 17 tahun. Jika berusia di bawah 17 tahun, maka hanya perlu diwakili oleh orangtua atau wali saja.
  • Selain itu, calon nasabah juga akan mendapatkan buku tabungan. Buku tabungan tersebut berisi catatan mengenai transaksi pemiliknya. Kamu bisa melihat dana yang masuk dan keluar. Tidak semua jenis rekening memiliki kelebihan ini.
  • Kelebihan berikutnya adalah kartu ATM ini dapat digunakan untuk penarikan tunai dan transfer di seluruh gerai ATM BCA. Jumlah penarikan tunai memiliki limit yang cukup besar, yaitu Rp7.000.000.

Kekurangan ATM BCA TabunganKu

  • Selain kelebihan, tentunya produk tabungan ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kartu ATM tidak bisa digunakan di ATM bank lain.
  • Kamu juga tidak mendapatkan fasilitas e-banking selain kartu ATM. Lalu, produk tabungan ini tidak bisa melakukan transfer ke rekening bank lain. Namun, kamu bisa menerima transfer dari bank lain.
  • Kekurangan lainnya adalah debit rekening ATM BCA TabunganKu. Kamu bisa melakukan tarik tunai melalui ATM dan teller dengan limit Rp7.000.000 per hari, lalu transaksi tersebut tidak dikenakan biaya tambahan.
  • Penarikan tunai hanya dibatasi hingga empat kali dalam satu bulan. Jika kamu ingin melakukan transaksi lebih dari empat kali, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp2.500.

Itulah penjelasan mengenai syarat dan cara membuat ATM BCA TabunganKu. Jika kamu belum memahami penjelasan di atas, dapat menghubungi Kantor Cabang BCA terdekat.

Bacaan menarik lainnya:

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). Booklet Perbankan Indonesia 2016, Edisi 3, Maret 2016 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait