Milenial

Ini Alasan Mengapa Amerika Serikat Disebut Negeri Paman Sam

negeri paman sam

Ajaib.co.id – Usut punya usut ternyata ada alasan mengapa negara Amerika Serikat diberi julukan negeri Paman Sam. Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di sini.

Negeri Paman Sam adalah julukan yang diberikan kepada negara Amerika Serikat. Seperti diketahui, Amerika Serikat dikenal oleh publik dunia sebagai negara adidaya.

Jadi, apakah julukan atau sebutan negeri Paman Sam yang disematkan kepada Amerika Serikat tersebut memiliki hubungan atau korelasi sebagai negara adidaya? Ternyata, hal itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan status Amerika Serikat sebagai negara adidaya.

Mengapa Amerika Serikat Mendapat Julukan sebagai Negeri Paman Sam?

Julukan negeri Paman Sam itu sendiri, berasal dari bahasa Inggris yakni “the land of Uncle Sam”, jika kamu terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, misalnya saja kamu menggunakan Google Translate, artinya adalah “tanah Paman Sam”. 

Dari arti bahasa Indonesia, kita bisa menjadi tahu bahwa hal ini menunjukkan suatu kepemilikan tanah atau daratan oleh Paman Sam. Jadi, apakah Paman Sam merupakan pemilik negara Amerika Serikat pada zaman dahulu kala?

Usut punya usut, ternyata Paman Sam merupakan sosok pria yang lahir di Massachusetts, negara bagian Amerika Serikat, yang termasuk bagian dari New England, pada 13 September 1766. Paman Sam yang memiliki nama asli Samuel Wilson, diceritakan saat berusia 14 tahun, ia mendaftarkan diri secara sukarela untuk menjadi tentara.

Setelah dewasa, Paman Sam keluar dari tentara dan memilih untuk berbisnis daging kemasan. Karena, kecintaannya terhadap dunia militer, ia tetap ingin berbakti kepada negara, di mana ia tetap membantu tentara Amerika Serikat.

Paman Sam membekali mereka dengan daging kemasan, yang dimasukkan ke dalam tong-tong kayu dan diberi cap atau label dengan tulisan “U.S”, yang menunjukkan singkatan dari United States. Yang mana, tong-tong kayu yang berisikan daging kemasan tersebut dikirim langsung Paman Sam.

Namun banyak tentara Amerika Serikat, yang memiliki candaan dengan mengubah cap “U.S” pada tong-tong kayu tersebut, menjadi sebutan Uncle Sam (U.S), bukannya United States.

Tentu saja, candaan ini kian hari kian populer saja di kalangan tentara dan pejuang Amerika Serikat. Sampai-sampai ada jurnalis yang menuliskan hal ini di koran Amerika Serikat. Ketenaran Paman Sam atau Uncle Sam tidak hanya sampai disitu saja, melainkan ada seorang kartunis bernama Thomas Nast, yang menggambarkan sosok Paman Sam itu seperti apa.

Dalam gambarnya tersebut, Paman Sam digambarkan sebagai seorang pria tua yang tegap, tinggi, dan juga memiliki jenggot putih dengan menggunakan busana dengan motif bintang dan garis, layaknya motif yang terdapat pada bendera Amerika Serikat.

Di mana, kepopuleran sebutan Paman Sam di kalangan tentara dan pejuang di Amerika Serikat, poster rekrutmen tentara Amerika Serikat didesain dengan gambar dari sosok Paman Sam tersebut, di 1917 berjudul “I Want You for The U.S Army”. Poster ini dibuat oleh James Montgomery Flagg, dengan ukuran poster 38 x 25 cm.

Pada tahun 1854, Paman Sam atau Samuel Wilson meninggal dunia dan dimakamkan di New York. Kota New York hingga saat ini dikenal sebagai “rumah Paman Sam”.

Julukan negeri Paman Sam hingga saat ini tetap melekat bagi Amerika Serikat, dan telah menjadi ikon dan simbol dari negara Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat, Paman Sam melambangkan simbol patriotisme dan perwujudan dari pemerintahan United States (U.S). Yang mana gambar Paman Sam, telah memiliki hak paten dan telah terdaftar di United States Patent and Trademark Office (USPTO). Paten ini dalam bentuk benda ataupun layanan yang berhubungan dengan gambar Uncle Sam.

Negeri Paman Sam Membuatkan Monumen untuk Mengenang Jasa Samuel Wilson

Untuk mengenang jasa Samuel Wilson (Paman Sam), negara Amerika Serikat mendirikan sebuah monumen peringatan atau dikenal dengan “Uncle Sam Memorial Statue”. Monumen ini berjenis patung perunggu dan memiliki dimensi 264 cm di Town Center, Arlington, Massachusetts.

Uncle Sam Memorial Statue, merupakan karya dari pematung terkenal asal Amerika Serikat, Theodore Cotillo Barbarossa, pada tahun 1976. Kota Massachusetts dipilih karena merupakan tempat kelahiran dari Samuel Wilson.

Sosok Paman Sam Benar-benar Ada

Paman Sam merupakan tokoh sungguhan yang benar-benar pernah hidup di dunia, dan bukannya tokoh fiktif. Layaknya superhero asal Amerika Serikat lainnya, seperti Hulk, Superman, Captain America, Iron Man, dan lain-lain.

Sosok Paman Sam merupakan salah satu tokoh paling populer di dunia, dan juga dinilai begitu inspiratif bagi banyak orang. Tokoh ini sangat populer sejak perang dunia ke-1.

Saking populernya, sosok Paman Sam pernah diangkat menjadi sebuah film, namun sayangnya film yang berjudul “Uncle Sam” yang dirilis pada tahun 1996 tersebut, merupakan film bergenre komedi horor yang berdurasi 90 menit.

Kala itu, anggaran pembuatan film komedi horor “Uncle Sam” mencapai $2 juta, dan ditulis oleh Larry Cohen, yang telah meninggal pada 2019, di usia 82 tahun.

Jadi, sosok Paman Sam sebagai ikon Amerika Serikat, bisa ditunjukkan ke banyak hal, seperti munculnya kemiripan gambar-gambar dengan Frater Jonathan, lambang nasional New England, Abraham Lincoln, dll.

Oleh sebab itu, sosok Paman Sam bisa disimbolkan bagi orang-orang yang telah berjasa kepada negara Amerika Serikat, atau sebagai lambang nasional di kota-kota di Amerika Serikat.

Demikianlah informasi yang bisa redaksi Ajaib berikan terkait asal-usul julukan negeri Paman Sam yang menjadi sebutan bagi negara Amerika Serikat hingga saat ini. 

Namun dibalik julukan tersebut, ternyata ada kisah atau sejarah dari tukang daging bernama Samuel Wilson, walaupun sudah memutuskan keluar dari tentara, ia tetap memiliki kecintaan yang besar terhadap dunia kemiliteran di Amerika Serikat, dengan bertugas sebagai pemasok bahan makanan ke para tentara dan pejuang Amerika Serikat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait